BLANTERORBITv102

    Tips Liburan Smart dan Hemat namun Tetap Asik

    Jumat, 25 Agustus 2023
    tips liburan
    Liburan smart dan hemat namun tetap asik

    SUDUTWISATA.COM- Liburan memang merupakan waktu yang dinantikan oleh banyak orang karena memberikan kesempatan untuk istirahat, bersantai, dan meraih pengalaman baru. 

    Aktivitas liburan dapat bervariasi mulai dari berwisata ke tempat-tempat menarik, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman, hingga sekedar merenung dan merileksasikan diri di lingkungan yang berbeda dari rutinitas sehari-hari.

    BACA JUGA: Tips Camping di Pantai

    BACA JUGA: Pantai Madasari, Pantai Eksotis yang Tersembunyi di Pangandaran

    Selama liburan, orang memiliki kesempatan untuk menjauh dari stres dan tuntutan pekerjaan atau sekolah, serta mengisi ulang energi secara fisik dan mental. Ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas secara keseluruhan. Selain itu, liburan juga memberikan peluang untuk menjelajahi tempat-tempat baru, memahami budaya yang berbeda, dan memperluas wawasan.

    Penting untuk merencanakan liburan dengan baik, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan individu. Beberapa orang mungkin lebih suka liburan yang penuh petualangan dan kegiatan fisik, sementara yang lain mungkin ingin menghabiskan waktu di pantai atau tempat yang tenang untuk bersantai. Merencanakan dengan matang juga membantu meminimalkan stres yang mungkin muncul selama perjalanan.

    Namun, terkadang harapan yang terlalu tinggi atau masalah yang tidak terduga selama perjalanan bisa mengganggu pengalaman liburan. Oleh karena itu, penting untuk tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan rencana. Yang terpenting adalah menikmati setiap momen dan mengambil manfaat maksimal dari waktu berharga selama liburan.

    Agar liburan kita tetap smart dan hemat namun tetap asik, ada baiknya perhatikan tips-tips berikut.

    1. Persiapkan Dana

    Untuk menjaga kelancaran dana, disarankan untuk merencanakan dana untuk perjalanan jauh dengan cukup waktu sebelum tanggal keberangkatan yang direncanakan. Ini khususnya relevan bagi mereka yang memiliki minat dalam berwisata.

    Usahakan agar pengeluaran anda tetap sesuai dengan anggaran yang telah Anda persiapkan sejak awal, sehingga tidak mengganggu keseimbangan anggaran lainnya. Lebih baik jika anda mampu menabung beberapa bulan sebelumnya, seperti 3 bulan atau 6 bulan sebelum rencana perjalanan. 

    Memutuskan untuk berlibur secara tiba-tiba dengan hanya mengandalkan pendapatan bulanan bisa berakibat pada kesulitan keuangan di akhir bulan, bahkan mungkin hanya memiliki pilihan untuk makan mie instan. Selain itu, sangat disarankan untuk tidak mengandalkan cicilan kartu kredit sebagai sumber pendanaan untuk liburan Anda, ini adalah suatu yang sebaiknya dihindari.

    BACA JUGA: Tips Liburan Bersama Anak

    BACA JUGA: Bukit Mamake Kotabaru, Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

    2. Jangan di Musim Liburan

    Ketika musim liburan atau puncak kunjungan tiba, biaya barang dan layanan cenderung meningkat di hampir semua destinasi wisata. Oleh karena itu, selain mendapatkan keuntungan berlibur dengan kenyamanan lebih karena tempat cenderung lebih tenang tanpa banyak pengunjung, bijaksana jika anda memilih untuk berwisata selama periode low season karena pada umumnya tarif yang dikenakan lebih terjangkau.

    3. Pesan Tiket Lebih Awal

    Disarankan untuk memesan tiket transportasi dan akomodasi sejak jauh-jauh hari. Hindari memesan dalam waktu mendekati tanggal keberangkatan, terutama menghindari membeli tiket langsung di tempat atau tiket last-minute, karena biasanya akan dikenakan biaya lebih tinggi. 

    Selain merencanakan lebih awal, anda juga dapat mengunjungi pameran liburan atau travel fair untuk mendapatkan penawaran harga lebih terjangkau dan potongan harga menarik. Untuk pengalaman yang lebih hemat dan praktis, pertimbangkan memilih paket liburan yang menarik dari agen perjalanan, yang sering kali sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi, dan makanan.

    4. Siapkan Kebutuhan Pokok

    Sebaiknya anda menyiapkan obat-obatan, perlengkapan mandi, makanan ringan, dan barang-barang kebutuhan lainnya yang mungkin anda butuhkan selama perjalanan sebelum berangkat.

    Barang-barang ini seringkali memiliki harga yang lebih tinggi di sekitar lokasi wisata, mengingat hampir semua orang cenderung memerlukannya. Oleh karena itu, persiapkan segala kebutuhan ini sebelum berangkat agar anda tidak perlu membelinya dengan harga yang lebih mahal di tujuan wisata.

    BACA JUGA: Tips Mendaki Gunung Bersama Anak

    BACA JUGA: Waykambang Edupark Batang, Taman Rekreasi di Jawa Tengah

    5. Manfaatkan Wi-fi Gratis

    Memanfaatkan jaringan Wi-Fi gratis dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi pengeluaran Anda. Jika Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri, bijaksana untuk mencari informasi tentang penyedia jasa atau penyewaan portable Wi-Fi yang memiliki kualitas baik namun tetap terjangkau harganya. Dengan demikian, anda bisa tetap terhubung secara ekonomis selama perjalanan anda.

    6. Tentukan Destinasi Tujuan

    Buatlah daftar tempat yang ingin anda kunjungi di kota tujuan anda. Lakukan survei mengenai tempat-tempat menarik ini melalui berbagai ulasan yang tersedia di berbagai situs internet atau aplikasi mobile.

    Hindari mengambil keputusan tentang tujuan wisata secara spontan pada hari keberangkatan, karena hal ini dapat menghabiskan waktu liburan anda secara tidak efisien. Disarankan untuk menghindari juga daftar tujuan yang terlalu panjang, karena selain bisa menguras energi anda, kunjungan ke terlalu banyak tempat juga bisa meningkatkan biaya perjalanan. 

    Ini terutama penting mengingat risiko kelelahan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Anda tentu tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan medis, seperti berobat ke rumah sakit, bukan?

    Dengan merencanakan kunjungan secara cermat dan bijaksana, Anda dapat memaksimalkan waktu liburan dan mengontrol pengeluaran dengan lebih baik.

    BACA JUGA: Tips Liburan Bersama Keluarga

    BACA JUGA: Tips Liburan ke Sungai

    7. Bijak Dalam Menggunakan Uang

    Jika tujuan utama anda adalah mengambil istirahat dari rutinitas sehari-hari, maka bijaksana untuk tidak mengutamakan berbelanja. Sering kali, saat berada di pusat perbelanjaan, kita cenderung tergoda oleh barang-barang, terutama saat ada diskon besar-besaran. 

    Namun, sering kali kita terjebak pada keinginan untuk membeli barang-barang dengan harga murah tanpa mempertimbangkan apakah barang tersebut benar-benar akan bermanfaat di masa depan. Penting untuk menjaga kendali diri dan membuat keputusan yang bijaksana terkait pembelian, dengan memikirkan manfaat jangka panjang dari setiap barang yang dibeli.

    Lebih baik lagi jika anda menetapkan batasan anggaran belanja selama liburan sebelum berangkat, dan mencatat setiap pengeluaran dengan rinci, meskipun nilainya kecil. Dengan cara ini, Anda dapat lebih bertanggung jawab terhadap keuangan Anda dan mencegah pengeluaran berlebihan yang mungkin dapat mengganggu tujuan utama Anda untuk bersantai dan meremajakan diri.

    8. Miliki Asuransi Perjalanan

    Banyak wisatawan yang kadang mengabaikan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Meskipun memerlukan biaya tambahan, memiliki asuransi perjalanan adalah langkah penting untuk memberikan perlindungan selama anda berlibur. 

    Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memiliki asuransi perjalanan. Manfaat ini meliputi tidak hanya perlindungan dari kecelakaan atau kejadian fatal, tetapi juga untuk situasi seperti keterlambatan penerbangan yang dapat diatasi. Jika bagasi atau barang bawaan anda hilang, asuransi ini dapat membantu menggantinya jika diperlukan. 

    Bahkan, beberapa jenis asuransi perjalanan juga mencakup kegiatan petualangan seperti hiking, arung jeram, dan skydiving. Dengan demikian, memiliki asuransi perjalanan memberikan lapisan perlindungan yang lebih luas untuk berbagai situasi selama liburan anda.

    BACA JUGA: Tips Liburan di Pantai

    BACA JUGA: Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

    Itulah tips liburan smart dan hemat namun tetap asik. Semoga bermanfaat dan membantu persiapan liburan anda.(*)