BLANTERORBITv102

    Pesona Curug Dadali, Air Terjun Eksotis di Cianjur

    Senin, 14 Agustus 2023
    Curug Dadali
    Curug Dadali Cianjur (instagram/@rovi.jpg)

    SUDUTWISATA.COM- Curug Dadali merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Cianjur. Sampai saat ini, curug ini tetap mempertahankan keunikan dan kelestariannya, menjadikannya salah satu destinasi wisata yang sangat disarankan bagi para pengunjung yang hendak berkunjung ke Cianjur. 

    Tempat ini dikenal dengan sebutan Air Terjun Dadali Cianjur, atau dengan nama panjangnya, Curug Dadali Kadupandak Cianjur. Keeksotisan destinasi wisata alam ini telah menjadi daya tarik yang langgeng dari masa lalu hingga sekarang, berkat pemandangan alamnya yang luar biasa dan air terjun yang memiliki keunikan layaknya surga di dunia. Selain itu, area ini juga menawarkan beberapa lokasi tempat selfie yang menarik.

    BACA JUGA: Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    BACA JUGA: 7 Tempat Wisata Kuliner di Puncak Bogor yang Hits

    Curug Dadali menjadi salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Cianjur, dan hingga saat ini, ia tetap menjadi tujuan utama para pengunjung yang mencari keindahan alam yang tak terlupakan. 

    Saat mengunjungi tempat ini, para pengunjung akan melewati daerah yang memukau sebelum akhirnya tiba di lokasi air terjun. Di sekitar curug ini terdapat formasi batu besar yang sudah terlapisi lumut dan ditumbuhi rumput indah, semuanya menambah daya tarik tempat ini sebagai destinasi wisata yang direkomendasikan.

    Curug Dadali berlokasi di Cianjur Selatan, dan tempat ini memiliki keunikan yang luar biasa. Banyak yang berpendapat bahwa keindahan curug ini mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Utara, sehingga tak heran banyak netizen yang membagikan gambar-gambar menakjubkan dari Curug Dadali di platform media sosial, terutama Instagram.

    ir Terjun Dadali Cianjur terletak di Kampung Legoksaat, Desa Margaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

    Untuk mencapai lokasi dari pusat kota Cianjur, Anda perlu menempuh jarak sekitar 74 km dengan menggunakan kendaraan bermotor. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

    Salah satu rute yang paling mudah untuk mencapai tempat wisata ini adalah dengan menuju Terminal Sukanagara-kebun, lalu melanjutkan melalui area pabrik teh Kebun Pasir Nangka, Situ Ciasmay, kantor desa Sukasari, dan jalan Pasirlayung. Setelah mencapai titik ini, pengunjung dapat meninggalkan kendaraan di bengkel atau membawa sepeda motor sampai ke rumah terakhir melalui jalan tanah.

    Setelah itu, untuk mencapai Curug Dadali Cianjur, Anda perlu menggunakan sepeda motor. Namun, perlu diperhatikan bahwa akses ke lokasi ini sedikit sulit, sehingga pengunjung masih jarang dan area tersebut cukup sepi. Setibanya di area parkir, wisatawan perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

    BACA JUGA: Pesona Curug Ngebul, Keindahan Tersembunyi di Cianjur

    BACA JUGA: Cimory Dairyland Puncak, Hadirkan Konsep Peternakan Eropa dan Amerika

    Fasilitas di lokasi air terjun masih minim sampai saat ini. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa baju ganti, makanan, minuman, handuk, dan peralatan mandi jika ingin mandi di lokasi tersebut.

    Terkait harga tiket masuk, saat ini masih gratis dan terbuka bagi siapa pun yang ingin mengunjungi tempat wisata ini di Kecamatan Kadupandak.

    Curug Dadali dikenal berasal dari Sungai Cibala, salah satu anak sungai dari Sungai Cibuni yang bermuara di Laut Selatan. Sungai Cibuni sendiri terkenal memiliki debit air yang besar dan stabil, bahkan selama musim kemarau. Inilah yang membuat Curug Dadali tetap menjadi air terjun yang memiliki pasokan air melimpah sepanjang tahun, bahkan saat musim kemarau yang panjang.

    Dalam hal lokasi, Curug Dadali Cianjur termasuk dalam kategori tipe air terjun blok, karena sungai Sibala memiliki lebar yang cukup besar dan dinding air terjun mencapai lebar 50 meter dengan tinggi sekitar 20 meter.

    Meskipun lokasi air terjun ini tergolong sempit, tidak disarankan untuk berenang di sana. Namun, Curug Dadali sangat cocok bagi para penggemar fotografi, terutama untuk mereka yang aktif di Instagram. Terdapat banyak spot yang menarik untuk berfoto dan mengabadikan momen di lokasi ini.

    Sesampai di Curug Dadali, Anda dapat menikmati beberapa spot menarik, baik untuk merasakan air jernih dari air terjun atau sekadar berfoto selfie di berbagai tempat yang sangat cocok untuk Instagram. Air terjun ini memiliki daya tarik yang luar biasa karena ketinggiannya 20 meter dengan debit air yang deras dan membentang di dinding dengan lebar 50 meter, menciptakan ilusi tirai air dan menggambarkan karakteristik air terjun tipe blok.

    Di area Curug Dadali Cianjur, terdapat beberapa spot yang cocok sebagai latar belakang foto selfie, termasuk keindahan air terjun itu sendiri, latar belakang batu berlumut dan tumbuhan indah. Mengambil gambar dari atas juga bisa mengabadikan panorama mirip burung yang sangat eksotis, menjadikan tempat ini sebagai tujuan yang menggoda untuk berwisata kembali.

    BACA JUGA: Pesona Curug Ciastana, Air Terjun Menawan di Cianjur

    BACA JUGA: Keindahan Situ Cicerem, Telaga Biru nan Indah di Kuningan

    Anda juga bisa menikmati kesejukan dan air dingin Curug Dadali bersama keluarga. Kunjungan Anda akan terbayar dengan pesona tempat wisata alam terbaik di daerah Cianjur yang akan membuat Anda ingin kembali lagi.

    Ada beberapa tips yang penting untuk wisatawan ketahui sebelum mengunjungi lokasi wisata Curug Dadali Cianjur:

    1. Persiapkan Fisik Anda

    Sebelum berangkat, pastikan Anda dan keluarga dalam kondisi fisik yang baik. Tracking menuju lokasi Curug Dadali bisa cukup menantang karena jaraknya yang lumayan jauh. Dengan persiapan fisik yang baik, Anda dapat menghindari kelelahan yang berlebihan.

    2. Gunakan Sepatu Bot

    Penting untuk memakai sepatu bot ketika pergi ke Curug Dadali. Ini akan melindungi kaki Anda dan memberikan perlindungan dari tanaman liar yang berduri. Jangan lupa memakai pakaian panjang dan jaket untuk menghindari sentuhan dengan tumbuhan liar.

    3. Selalu Waspada jika Membawa Anak-Anak

    Jika Anda membawa anak-anak, tetaplah waspada dan perhatikan mereka dengan baik, terutama saat mereka bermain di sekitar air terjun dan area alami. Kehadiran tumbuhan, batu, dan air memerlukan perhatian ekstra terhadap keselamatan anak-anak.

    4. Bawalah Bekal

    Lokasi ini mungkin belum memiliki fasilitas yang lengkap, jadi pastikan untuk membawa makanan dan minuman dari rumah. Juga, siapkan baju ganti mengingat Anda mungkin ingin menikmati air terjun atau bermain air.

    BACA JUGA: Pesona Curug Cikondang, Niagara Mini di Cianjur

    BACA JUGA: Pesona Situ Cipanten, Danau Dua Warna di Majalengka Jawa Barat

    Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memastikan perjalanan wisatawan ke Curug Dadali Cianjur menjadi menyenangkan dan aman bagi semua anggota keluarga.

    Itulah sedikit informasi tentang Curug Dadali yang ada di Cianjur Jawa Barat, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu khususnya wisatawan yang akan berkunjung ke air terjun ini.(*)