BLANTERORBITv102

    Saloka Theme Park, Taman Wisata Terlengkap di Semarang

    Senin, 15 Januari 2024
    wisata semarang
    Saloka Theme Park Semarang (Instagram/@pesona_kabsemarang)

    SUDUTWISATA.COM- Saloka Theme Park Semarang merupakan bagian dari Pesona Indonesia, menawarkan pengalaman wisata keluarga dengan sentuhan kearifan lokal.

    Tempat wisata ini, yang mencakup lahan seluas 12 hektar, mengambil inspirasi dari legenda Rawa Pening, sebuah kawasan yang berdekatan dengan Saloka Theme Park.

    BACA JUGA: Taman Bunga Celosia, Tempat Wisata Terlengkap di Semarang

    BACA JUGA: Svargabumi Borobudur, Obyek Wisata Instagramable di Magelang

    Dengan nama yang terinspirasi dari legenda dan kehadiran maskot naga bernama "Loka," tempat ini bertujuan memberikan pengalaman keceriaan yang tak terlupakan.

    Tempat wisata ini di Semarang telah meraih berbagai penghargaan prestisius, termasuk Pariwisata Award 2019 dan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) pada tahun 2020. Pengakuan ini menandakan daya tarik wisata dan pelayanan yang memuaskan sesuai kriteria yang ditetapkan oleh Kemenparekraf.

    Alamat Saloka Theme Park

    Saloka Theme Park Semarang terletak di Jalan Fatmawati, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang. Lokasinya dekat dengan exit Tol Bawen dan berbagai destinasi menarik lainnya di Semarang.

    Untuk menuju lokasi wisata ini, ada dua alternatif yang bisa digunakan yaitu melalui tol maupun non tol.

    Rute dari Semarang (Simpang Lima) ke Saloka Theme Park melalui tol melibatkan Tol Tanjungmas Srondol, Tol Srondol Jatingaleh, Tol Tembalang Ungaran, dan Tol Ungaran Bawen.

    wisata semarang
    Saloka Theme Park Semarang (Instagram@arti_charlotte)

    Setelah keluar Tol dan belok kiri ke Jalan Slamet Riyadi, lanjutkan ke Jalan Fatmawati hingga menemukan Saloka Theme Park di sebelah kanan. Waktu perjalanan perkiraan adalah sekitar 48 menit untuk jarak 43 km.

    BACA JUGA: Pesona Curug Sewu, Air Terjun Terindah di Jawa Tengah

    BACA JUGA: Pintu Langit Sky View, Spot Terbaik Melihat Keindahan Dieng

    Untuk perjalanan dari Jogja ke Saloka Theme Park, ikuti Jalan Solo Jogja, masuk Tol Semarang Solo, dan teruskan ke Tol Ungaran Bawen. Lanjutkan hingga exit tol, kemudian ikuti rute yang sama dengan arah dari Semarang. Jarak tempuh perkiraan adalah sekitar 104 km, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 57 menit.

    Untuk rute tanpa tol dari Semarang (Simpang Lima) ke Saloka Theme Park, ambil Jalan Semarang Purwodadi, lalu ikuti Jalan Dr. Wahidin, kemudian teruskan ke Jalan Semarang Surakarta, dan akhirnya ke Jalan Fatmawati. Saloka Theme Park akan berada di sebelah kanan. Waktu perjalanan diperkirakan sekitar 51 menit untuk jarak kurang lebih 37.5 km.

    Untuk perjalanan tanpa tol dari Jogja ke Saloka Theme Park, ikuti Jalan Mataram hingga selesai, lalu teruskan ke Jalan Abu Bakar. Di bundaran, ambil arah ke Jalan Tentara Pelajar, kemudian ke Jalan Magelang Yogyakarta, dan belok kanan ke arah Jalan Magelang Salatiga.

    Selanjutnya, teruskan ke Jalan Salatiga Kopeng, belok kiri ke Lingkar Salatiga, dan pilih lajur dua ke Jalan Fatmawati. Saloka Theme Park akan berada di sebelah kiri. Waktu perjalanan diperkirakan sekitar 2 jam untuk jarak kurang lebih 87 km.

    Jam Operasional Saloka Theme Park

    Saloka Theme Park buka setiap hari, Senin hingga Minggu. Pada hari kerja, jam buka dimulai pukul 10.00 WIB - 18.00 WIB, sementara pada akhir pekan, jam buka adalah pukul 10.00 WIB - 19.00 WIB. Pada hari Jumat, jam buka khususnya dimulai pukul 12.00 WIB - 19.00 WIB.

    BACA JUGA: Truntum Gasblock Borobudur, Tempat Nongkrong Kekinian di Magelang

    BACA JUGA: Cabilion Dieng Cool, Penginapan Estetik di Dieng

    Wahana Saloka Theme Park

    Taman rekreasi ini memiliki 25 wahana yang terbagi dalam lima zona tematik yang menarik. Wahana-wahana tersebut adalah:

    wisata semarang
    Saloka Theme Park Semarang (Instagram/@anakhitssemarang)

    1. Zona Pesisir.

    Tempat pertama yang akan menyambut wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata ini adalah zona pesisir. Di sini, suasana pantai tercipta melalui dekorasi, interior, dan bangunan yang menyerupai daerah pesisir pantai.

    Beberapa wahana menarik di zona ini termasuk kincir angin setinggi 33 meter dengan 22 gondola yang disebut Cakrawala, Lumbung Ilmu Galileo (hall of frame ilmuwan dunia ternama), air mancur yang dapat menari dengan latar belakang Kapal Jenju, dan Kafe Jenju.

    Selain wahana-wahana menarik, Zona Pesisir juga menyediakan beragam fasilitas umum bagi pengunjung, seperti penyewaan skuter listrik, ruang laktasi, toilet, dan toilet khusus untuk difabel. Semua ini untuk memastikan pengalaman rekreasi yang nyaman dan lengkap bagi setiap pengunjung.

    2. Zona BelaLantara

    Setelah menikmati Zona Pesisir, pengunjung dapat melanjutkan petualangan ke Zona Belalantara yang bertema hutan belantara. Wahana-wahana menarik di zona ini mencakup:

    Jamur Apung: Perahu putih membawa pengunjung melihat taman bunga dan rumah jamur.

    Angon Ingon: Wahana berisi beragam jenis unggas, kura-kura, kelinci, dan binatang lainnya.

    Kumbang Layang: Air bike berbentuk kumbang layang dengan ketinggian 4 meter.

    Adu Nyali: Pengalaman seru di dalam rumah berhantu dengan cerita menarik.

    Safari Bocah: Kereta bersafari di antara taman bunga dan rumah jamur, cocok untuk keluarga.

    wisata semarang
    Saloka Theme Park Semarang (Instagrampesona_kabsemarang)

    Fasilitas umum di zona ini juga mencakup penyewaan skuter listrik, mushola, ruang laktasi, toilet, dan toilet difabel, menjadikan kunjungan lebih nyaman.

    BACA JUGA: Lawang Sewu, Wisata Sejarah dan Landmark Kota Semarang

    BACA JUGA: Waykambang Edupark Batang, Taman Rekreasi di Jawa Tengah

    3. Zona Kemayayi

    Zona ini dirancang khusus untuk keceriaan si kecil dengan berbagai wahana dan atraksi yang menarik. Nikmati suasana riang gembira dan keseruan bersama anak-anak di zona ini, yang juga dilengkapi dengan beragam tempat makan dan kedai es krim. Berikut adalah wahana yang ada di Zona Kemayayi:

    Kupu-kupu: Wahana berbentuk sepeda gantung berwarna-warni dengan bentuk kupu-kupu.

    Semprat-semprot: Cocok untuk anak-anak yang suka bermain air. Misi menembakkan semprotan ke sensor di patung hewan laut, dengan kejutan semprotan air jika berhasil.

    Teko-teko: Wahana unik berbentuk teko dan cangkir raksasa. Didesain khusus untuk anak-anak, tetapi bisa dinikmati juga oleh orang dewasa. Terdapat 6 cangkir raksasa yang dapat dinaiki.

    Komedi Kuda Laut: Komedi putar dengan berbagai bentuk kuda laut dan mobil. Ditujukan untuk anak-anak maksimal 10 tahun. Berputar selama 2 menit dengan lampu cantik saat senja atau malam hari.

    Tata Titi: Wahana mobil-mobilan untuk anak-anak usia 5-10 tahun. Tantangan seru dengan hadiah SIM khusus dari Saloka.

    Polah Bocah: Ditujukan untuk anak-anak usia 3-6 tahun, dengan pengawasan langsung orang tua untuk yang berusia 1-2 tahun. 15 tempat bermain, termasuk Area Mandi Bola, Cangkir Berputar, Perosotan, Trampolin, dan Mobil-mobilan.

    Fasilitas umum di zona ini meliputi toilet dan toilet difabel. Untuk mushola dan ruang laktasi, pengunjung dapat mengakses fasilitas tersebut di zona lainnya.

    BACA JUGA: Havana Hills Cilacap, Wisata Kekinian di Jawa Tengah

    BACA JUGA: Grojogan Sewu, Air Terjun Hits di Jawa Tengah

    4. Zona Araya

    Jika Anda mencari wahana yang memacu adrenalin, Zona Araya adalah tempat yang tepat! Berbagai wahana menarik yang memberikan sensasi ekstrem tersedia di sini:

    Bengak Bengkok: Wahana berputar lingkaran yang melajur maju-mundur di atas rel setengah lingkaran. Meningkatkan kemiringan hingga mendekati 90 derajat. Menawarkan sensasi yang menantang dan mendebarkan.

    wisata semarang
    Saloka Theme Park Semarang (Instagram/@arymmaulida19)

    Paku Bumi: Wahana memberikan pengalaman jatuh dari ketinggian 38 meter dan ditarik kembali dengan kecepatan tinggi. Sensasi ekstrem selama 2 menit dengan pemandangan indah di sekitar wahana.

    Obat Abit: Sensasi duduk berayun dan melayang perlahan selama 3 menit. Kapasitas 32 orang dengan tinggi minimum 120 cm.

    Lika Liku: Roller coaster dengan lintasan berliku-liku dari ketinggian 12 meter. Menawarkan pengalaman seru selama 2 menit.

    Fasilitas umum di zona ini meliputi mushola, toilet, dan toilet difabel, memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

    5. Zona Segara Prada

    Zona ini mengusung tema industri pertambangan, memberikan pengalaman santai dan bermain untuk keluarga. Berikut beberapa wahana dan tempat menarik di zona ini:

    BACA JUGA: Kawah Sikidang, Kawah Aktif Terbesar di Dataran Tinggi Dieng

    BACA JUGA: Lembah Manah Kopi, Cafe dengan View 3 Gunung di Boyolali

    Gonjang Ganjing: Kano berputar melalui jeram sepanjang 360 meter. Pemandangan area industri pertambangan dan melewati Terowongan Zulu. Wahana basah-basahan yang cocok untuk keluarga.

    Kedai Daimami: Menawarkan berbagai masakan Jepang. Interior dan bangunan kedai didesain layaknya industri pertambangan.

    Zona Segara Prada juga menyediakan fasilitas umum seperti mushola, toilet, dan toilet difabel untuk kenyamanan pengunjung.

    Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park

    Pengelola Saloka Theme Park menerapkan sistem tiket terusan yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati wahana dan atraksi sepuasnya setelah membayar tiket masuk. Harga tiket berbeda untuk weekday dan weekend/libur nasional, dengan rincian sebagai berikut:

    Harga Tiket pada Weekday: Rp 120.000

    Harga Tiket pada Weekend atau Libur Nasional: Rp 150.000

    Dengan tiket terusan ini, pengunjung dapat menikmati semua wahana dan zona tematik yang ditawarkan Saloka Theme Park tanpa perlu membayar tambahan untuk setiap wahana.

    wisata semarang
    Saloka Theme Park Semarang (Instagram@aswinkurniadi)

    Perlu diingat bahwa harga tiket tersebut sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan dengan pengelola. Saloka Theme Park Semarang.

    BACA JUGA: Pemandian Air Panas Guci, Wisata Relaksasi di Jawa Tengah

    BACA JUGA: Candi Arjuna Dieng, Candi yang Indah dan Kaya Akan Sejarah

    Itulah informasi tentang Saloka Theme Park salah satu destinasi wisata yang ada di Semarang Jawa Tengah. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)