BLANTERORBITv102

    Dewi Coryati Gelar Pelatihan Fotografi untuk Pelaku Wisata

    Kamis, 24 Agustus 2023
    Dewi Coryati
    Dewi Coryati bersama peserta pelatihan subsektor fotografi

    SUDUTWISATA.COM- Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN melaksanakan kegiatan pelatihan atau Bimbingan Teknis (Bimtek) Fotograri bagi pelaku wisata khususnya ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

    Kegiatan tersebut dilaksanakan Dewi Coryati bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) RI. Kegiatan dilaksanakan Kamis (24/8/2023) disalah satu hotel di Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

    BACA JUGA: Dewi Coryati Gaungkan Kembali Gerakan Sadar Wisata

    BACA JUGA: Rejang Lebong Kembangkan Wisata Edukasi

    Kegiatan yang dilaksanakan satu hari penuh tersebut diikuti oleh 100 orang pelaku wisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

    "Alhamdulillah kita hari ini melaksanakan bimbingan teknis subsektor fotografi bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Rejang Lebong ini," terang Dewi Coryati.

    Pelatihan atau Bimtek subsektor fotografi tersebut dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurutnya Kabupaten Rejang Lebong memiliki potensi wisata alam yang sangat indah serta memiliki produk-produk ekonomi kreatif seperti kopi, panganan dan produk-produk lainnya.

    Produk-produk yang luar biasa ini hanya bisa dipasarkan dengan baik bila memiliki kemampuan memfoto yang benar. Karena menurutnya dengan foto yang bagus akan menarik minat masyarakat.

    "Setelah difoto dengan benar, kemudian wisata atau produk Ekraf ini bisa dipasarkan ke media sosial, karena saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial," papar Dewi Coryati.

    Dalam pelatihan tersebut, para peserta akan diberikan pelatihan tentang tehnik fotografi yang baik dan benar. Dengan semakin bagusnya kualitas foto yang dihasilkan maka akan semakin menarik obyek wisata atau produk ekonomi kreatif yang ditawarkan.

    BACA JUGA: Dewi Coryati Dukung Pengembangan Desa Wisata

    BACA JUGA: 9 Tempat Wisata Ramah Anak di Rejang Lebong

    Lebih lanjut Dewi Coryati menjelaskan, pelatihan fotografi tersebut dilaksanakan karena menurutnya saat fotografi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pemasaran. Karena saat ini dengan foto para konsumen atau masyarakat sudah bisa mengetahui dengan jelas apa yang ditawarkan.

    "Saat ini keberadaan fotografi sangat penting dalam pemasaran termasuk wisata dan produk ekonomi kreatif," papar Dewi Coryati.

    Sementara itu, Ketua Tim Pokja II Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf RI, Jemmy Alexander yang hadir dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa saat ini fotografi penting untuk kegiatan promosi atau pemasaran.

    "Saat ini fotografi sangat membantu proses pemasaran termasuk pemasaran obyek wisata dan ekonomi kreatif. Sehingga kegiatan ini sangat membantu dalam mempromosikan wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada di Rejang Lebong ini," terang Jemmy.

    Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Jemmy Ramon yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada Dewi Coryati dan Kemenpaekraf/Baparekraf yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan fotografi di Kabupaten Rejang Lebong.

    "Kegiatan sangat penting sekali terutama untuk meningkatkan SDM para pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Rejang Lebong," terang Jimmy.

    BACA JUGA: Air Terjun Tri Sakti Pukau Sandiaga Uno

    BACA JUGA: Lima Danau di Curup Bengkulu, Nomor 4 Unik dan Alami

    Dengan adanya pelatihan fotografi tersebut, ia berharap bisa meningkatkan kualitas dan daya saing para pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan ia berharap para pesera nanti bisa membangun usaha dan mendukung pariwisata Kabupaten Rejang Lebong.

    "Kami berharap pelatihan-pelatihan seperti ini akan lebih banyak lagi kedepannya, sehingga SDM pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Rejang Lebong ini terus meningkat," harap Jimmy.(*)