BLANTERORBITv102

    Ranca Upas Bandung, Destinasi Alam Terbaik di Ciwidey

    Sabtu, 30 September 2023
    Ranca Upas Bandung
    Memberi Makan Rusa di Ranca Upas Bandung (instagram/@wisatarancaupas)

    SUDUTWISATA.COM- Kawasan Ciwidey di Bandung Selatan memang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer. Salah satu tempat wisata di kawasan Ciwidey tersebut adalah Ranca Upas.

    Ranca Upas adalah salah satu tujuan wisata yang telah ada sejak lama dan tetap menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Wisata Ranca Upas berlokasi dalam satu area yang sama dengan Kawah Putih Ciwidey, Kolam Cimanggu, dan Situ Patenggang.

    BACA JUGA: Orchid Forest Bandung, Taman Angrek Terluas di Indonesia

    BACA JUGA: Arjasari Rock Hill, Tempat Olahraga Sekaligus Rekreasi di Bandung

    Ranca Upas memang merupakan salah satu destinasi alam terbaik untuk melepas penat dalam suasana alam bebas yang sejuk. Terletak di kawasan wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung, tempat ini terkenal dengan fasilitas bumi perkemahan, penangkaran rusa, serta berbagai spot foto yang cocok untuk berbagi di media sosial seperti Instagram.

    Ranca Upas di Ciwidey, Bandung, merupakan kawasan bumi perkemahan yang dikelola oleh Perhutani. Di tempat wisata ini, ada banyak kegiatan yang bisa dinikmati, mulai dari berkemah, berinteraksi dengan rusa, hingga bermain di water park dan merasakan mandi air panas.

    Kawasan Ranca Upas yang terletak di ketinggian lebih dari 1700 meter di atas permukaan laut (mdpl) menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan suhu dingin yang bisa turun hingga mencapai 17 derajat Celsius, atau dalam kondisi normal sekitar 20 derajat Celsius. Suasana sejuk dan segar ini benar-benar dapat menjadi pelarian yang sempurna dari penatnya rutinitas dan tuntutan pekerjaan serta kehidupan sehari-hari.

    Dengan lokasinya yang dekat dengan kebun teh dan hutan lindung alami, Ranca Upas menjadi destinasi favorit yang sangat wajar. Suasana di tempat ini dijamin mampu menghilangkan kepenatan kita.

    Selain menjadi tempat wisata yang menarik, kawasan ini juga menjadi destinasi camping yang populer di Bandung. Setiap akhir pekan, tempat ini selalu ramai dengan rombongan atau keluarga yang berkemah di sini.

    Ranca Upas Bandung
    Ranca Upas Bandung (instagram@wisatarancaupas)

    Lokasi Ranca Upas

    Ranca Upas berlokasi di Jalan Ciwidey – Patengan Km 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapai tempat ini dari Bandung Selatan, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 50 km.

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    BACA JUGA: Kawah Putih Ciwidey, Wisata Paling Populer di Bandung

    Jalur utama menuju Ranca Upas adalah melalui Jalur Lintas Bandung menuju arah Soreang. Dari wilayah Soreang, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Jarak antara Ciwidey dan Ranca Upas sekitar 6 km, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit saja dengan kondisi jalan yang baik.

    Sekarang, akses ke kawasan Ciwidey juga menjadi lebih cepat dengan adanya gerbang tol di Soreang. Ini dapat membantu menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan di kawasan Bandung.

    Wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga dapat menggunakan transportasi umum untuk mencapai Ranca Upas. Jika wisatawan menggunakan kereta api, wisatawan dapat turun di Stasiun Bandung. Dari sana, wisatawan dapat naik angkot menuju Terminal Leuwipanjang, yang merupakan titik poin penting dalam perjalanan menuju Ranca Upas.

    Dari Terminal Leuwipanjang, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum seperti elf atau bus kecil menuju Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey, wisatawan dapat menggunakan angkot lainnya menuju Ranca Upas. Transportasi umum ini adalah pilihan yang baik bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin mengunjungi Ranca Upas.

    Tiket Masuk Ranca Upas

    Untuk bisa menikmati keindahan dari Ranca Upas sendiri, wisatawan akan dikenakan tarif masuk. Berikut adalah daftar harga yang diberikan:

    1. Tiket Masuk:

    Harga tiket masuk: Rp 20.000,- per orang

    Parkir motor: Rp 5.000,- per motor

    Parkir mobil: Rp 10.000,- per mobil

    Penitipan helm: Rp 2.500 per helm

    Tiket masuk kolam renang: Rp 20.000,- per orang

    Wortel 1 ikat (pakan rusa): Rp 10.000,-

    Kangkung 1 ikat (pakan rusa): Rp 5.000,-

    BACA JUGA: Terminal Wisata Grafika Cikole, Destinasi Wisata Berkonsep 3 in 1 di Bandung

    BACA JUGA: Taman Langit Pengalengan, Tempat Camping Hits di Kota Bandung

    2.Wahana Tambahan (Biaya Tambahan):

    Sepeda Gunung: Rp 10.000,- per jam

    Paint Ball: Rp 90.000,-

    Jembatan Goyang: Rp 15.000,-

    Fun Game: Rp 75.000,-

    Burma V: Rp 15.000,-

    Elvis Bridge: Rp 15.000,-

    Flying Fox: Rp 15.000,-

    Bungee Trampoline: Rp 15.000,-

    Ini adalah tarif yang dikenakan di Ranca Upas, dan wisatawan dapat memilih wahana mana yang ingin mereka nikmati dengan membayar tambahan sesuai dengan harga yang tertera di atas. Namun perlu diperhatikan harga atau tarif tersebut sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola.

    Ranca Upas Bandung
    Wisata Ranca Upas Bandung (instagram@rahayudianajs)

    Sejarah Ranca Upas

    Asal-usul nama "Ranca Upas" merujuk pada bahasa Sunda, yang mengkombinasikan kata "Ranca" yang berarti "Rawa" dengan nama "Upas." "Upas" merujuk pada seorang petugas Perum Perhutani Belanda yang memiliki postur tinggi, mencapai 198 cm, serta memiliki fisik yang kuat. Beliau dikenal sebagai sosok legendaris di kawasan Gunung Patuha.

    Kisah mengenai Upas mencakup kejadian tragis dimana ia meninggal ketika sedang menjalankan misi eksplorasi di daerah rawa. Kabarnya, hingga saat ini jasadnya tidak pernah ditemukan. Banyak orang telah berbagi cerita tentang pertemuan mereka dengan sosok yang mereka yakini sebagai Upas.

    Pada saat itu, Upas biasanya mengenakan topi koboi dan lengkap dengan perlengkapan khas seorang petugas perhutani. Konon, penampakan Upas ini sering kali dilihat oleh para wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut.

    Daya Tarik Ranca Upas

    Salah satu wahana pertama yang mungkin dinikmati oleh wisatawan adalah kawasan "Smart Camp Ranca Upas Adventure." Kawasan ini merupakan tempat perkemahan yang luas, mampu menampung hingga 10.000 orang, sehingga memiliki luas yang sangat mengesankan. Kemah di tempat ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, meskipun perlu diingat untuk membawa peralatan yang cukup karena suhu di sini cenderung dingin.

    BACA JUGA: Sonten Resort, Tempat Staycation Nyaman di Ciwidey

    BACA JUGA: Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    Selain itu, Ranca Upas juga dikenal sebagai tempat penangkaran rusa. Rusa-rusa ini memiliki karakteristik menarik, karena mereka cenderung pemalu. Ketika melihat wisatawan, mereka akan menghindar. Namun, di antara para petugas yang bekerja di sana, hanya ada satu orang juru kunci yang memiliki kemampuan khusus untuk memanggil rusa-rusa ini agar datang dan makan.

    Di Ranca Upas, wisatawan juga memiliki kesempatan untuk menikmati pemandian air panas dan wahana waterboom yang dapat memberikan relaksasi tubuh. Air panas di sini mengandung belerang yang dikenal memiliki manfaat baik bagi kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menghabiskan waktu berendam di sini akan memberikan perasaan ketenangan dan keteduhan yang luar biasa.

    Bagi mereka yang mencari pengalaman yang lebih menantang, tersedia "Fun Adventure." Kawasan ini menawarkan berbagai kegiatan outbound yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Outbound ini menjadi daya tarik tersendiri dan disukai oleh banyak pengunjung. Anda dapat yakin bahwa pengalaman ini akan menjadi momen yang sangat menyenangkan.

    Wisatawan juga sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk menjelajahi kawasan "Fun Games." Di sini, Anda bisa bermain kayak, bermain di kolam air, dan menikmati berbagai permainan seru lainnya. Kawasan ini menawarkan beragam hiburan yang akan membuat Anda sulit untuk berpindah ke aktivitas lain.

    Ranca Upas Bandung
    Camping Ground Ranca Upas Bandung (instagram/@dianramadhan8)

    Selama kunjungan ke Ranca Upas, jangan lupa untuk mencoba oleh-oleh khas Ciwidey, yaitu dodol strawberry. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan melihat berbagai perkebunan strawberry. 

    Biasanya, penduduk Ciwidey mengolah buah ini sendiri menjadi dodol strawberry yang lezat. Proses pengolahan sendiri ini meningkatkan kualitas rasa dodol strawberry tersebut, dan yang lebih penting, tidak mengandung bahan berbahaya, semuanya terbuat dari bahan alami yang aman untuk dikonsumsi.

    BACA JUGA: Pesona Situ Cipanten, Danau Dua Warna di Majalengka Jawa Barat

    BACA JUGA: Pesona Curug Cikaso, Keindahan Tersembunyi di Sukabumi Jawa Barat

    Harga dodol strawberry ini juga terjangkau, hanya sekitar 10 ribu rupiah. Jangan lupa untuk mencoba minuman bandrek yang pasti akan menghangatkan tubuh. Dodol dan Bandrek adalah oleh-oleh khas Ciwidey yang tidak boleh dilewatkan.

    Meskipun Ranca Upas Ciwidey memiliki berbagai mitos dan misteri yang mungkin menakutkan, tempat ini tetap menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dan merasakan sendiri kegembiraan dan keseruan yang ditawarkannya.

    Itulah informasi tentang obyek wisata Ranca Upas yang ada di Ciwidey Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.(*)