BLANTERORBITv102

    Jelang Nataru, Kemenparekraf Gandeng Industri Siapkan Paket Liburan

    Selasa, 07 November 2023
    wisata indonesia
    wisatawan tengah berwisata di Candi Borobudur Jawa Tengah

    SUDUTWISATA.COM- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) telah bekerja sama dengan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta mitra terkait untuk merancang paket perjalanan wisata #DiIndonesiaAja.

    Inisiatif ini bertujuan untuk merayakan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang akan segera tiba di akhir tahun.

    BACA JUGA: Tingkatkan Kunjungan Wisnus, Menparekraf Luncurkan CoE Kalimantan Selatan 2024

    BACA JUGA: Aquabike Danau Toba 2023 Gerakkan Perekonomian Sumatera Utara

    Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event), dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Jakarta pada Senin (6/11/2023), menegaskan bahwa libur Natal dan Tahun Baru adalah salah satu momen penting dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

    "Tentunya kami di Kemenparekraf akan memanfaatkan momentum libur Nataru ini dengan kampanye #BanggaBerwisatadiIndonesia sehingga target 1,2-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara tahun 2023 dapat tercapai," kata Vinsensius Jemadu.

    Kemenparekraf bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Injourney, akan menggelar #DiIndonesiaAja Travel Fair. Kolaborasi ini juga melibatkan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) dalam penawaran paket-paket liburan untuk merayakan Nataru.

    Kemenparekraf menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) dalam rangka menyosialisasikan liburan sekolah atau kuliah di Indonesia dengan tagar #DiIndonesiaAja.

    "Kami juga berkolaborasi dengan online travel agent AGODA dengan menyiapkan paket Promo bagi 10.000 pax selama Desember 2023 dengan nilai total promo sekitar Rp500 juta," tambah Vinsensius Jemadu.

    Menurut perkiraan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 5 persen dalam mobilitas orang selama musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

    BACA JUGA: Kenalkan Yogyakarta Secara Luas, JCWF 2023 Digelar Sepanjang November

    BACA JUGA: Tourism Expo Japan, Ajang Promosikan Desa Wisata dan Wisata Berkelanjutan di Jepang

    Diprediksi bahwa selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), akan ada sekitar 904.496 orang yang menggunakan transportasi umum. Selain itu, jumlah pengguna angkutan roda dua diperkirakan mencapai 52.755 unit, angkutan roda empat sekitar 98.267 unit, bus sekitar 12.157 unit, dan truk sekitar 55.569 unit.(*)