BLANTERORBITv102

    Tingkatkan Kunjungan Wisnus, Menparekraf Luncurkan CoE Kalimantan Selatan 2024

    Minggu, 05 November 2023
    Kemenparekraf
    Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) meluncurkan Calendar of Events (CoE) yang akan digelar di Kalimantan Selatan sepanjang 2024 di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/11/2023)

    SUDUTWISATA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, telah meluncurkan "Calendar of Events" (CoE) yang akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan sepanjang tahun 2024.

    Ini merupakan langkah untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut melalui serangkaian acara unggulan yang diharapkan akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

    BACA JUGA: Gaet Wisatawan Asal Tiongkok, Wonderful Indonesia Hadir di CAExpo-TE 2023

    BACA JUGA: Aquabike Danau Toba 2023 Gerakkan Perekonomian Sumatera Utara

    Pada acara "Launching CoE South Kalimantan 2024" yang berlangsung di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (3/11/2023) malam, Menparekraf Sandiaga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) karena selalu konsisten dalam mendukung perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayahnya.

    ""Hal tersebut sejalan dengan salah satu program strategis Kemenparekraf yakni Kharisma Event Nusantara (KEN)," Kata Sandiaga Uno.

    Pada tahun 2023, empat acara dari Kalimantan Selatan berhasil masuk dalam Kalender Event Nasional (KEN). Keempat acara tersebut antara lain Banjarmasin Sasirangin Festival, Festival Budaya Sa-Ijaan "Magic From The Sea," Festival Loksado, dan Mesiwah Pare Gumboh.

    "Semoga Calendar of Events South Kalimantan 2024 ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja. Mari berwisata di Kalimantan Selatan, di Indonesia aja, dan Bangga Berwisata di Indonesia," harap Sandiaga Uno.

    Asisten I Gubernur Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira, menambahkan bahwa Calendar of Events South Kalimantan 2024 akan menyajikan 100 acara unggulan yang akan diselenggarakan di 13 kabupaten/kota di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan.

    BACA JUGA: Kenalkan Yogyakarta Secara Luas, JCWF 2023 Digelar Sepanjang November

    BACA JUGA: Tourism Expo Japan, Ajang Promosikan Desa Wisata dan Wisata Berkelanjutan di Jepang

    Berbagai acara yang termasuk dalam Calendar of Events ini merupakan pilihan acara yang menampilkan beragam kekayaan budaya dan destinasi wisata yang menarik yang dapat ditemukan di Kalimantan Selatan. Beberapa di antaranya adalah Pesona Melasti, Festival Film Saijaan, Expo Ekraf, Festival Kuliner, dan banyak lagi.

    "Kami yakin kegiatan ini akan menjadi wadah yang tepat untuk mengangkat potensi wisata lokal ke level yang lebih tinggi," sampai Nurul.

    Acara peluncuran CoE South Kalimantan 2024, yang berlangsung selama dua hari mulai 3-4 November 2024, di kawasan Kota Lama Semarang, menghadirkan berbagai kegiatan menarik.

    Salah satunya adalah kegiatan "table top" yang mempertemukan pembeli dan penjual dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, dengan tujuan untuk menarik wisatawan ke berbagai destinasi unggulan di Kalimantan Selatan.

    Selain itu, terdapat "experience corner" yang menampilkan unsur-unsur seperti "mesirang," gelang "simpai," dan musik "panting," yang memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung. Terdapat juga pameran kesenian dari 9 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai waktu dan tempat pelaksanaan CoE South Kalimantan 2024, Anda dapat mengakses laman resmi di https://dispar.kalselprov.go.id.

    BACA JUGA: Optimalkan Penyediaan Data Sektor Parekraf, Kemenparekraf Gelar Forum Satu Data Bidang Parekraf

    BACA JUGA: Melalui Kelana Nusantara, Kemenparekraf Perluas Jangkauan Pasar UMKM Ekraf Kota Bogor

    Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh, seperti Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin; Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso; dan Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin.(*)