BLANTERORBITv102

    Saat Libur Nataru, Menparekraf Imbau Masyarakat Terapkan Prosedur CHSE

    Senin, 11 Desember 2023
    Libur Nataru
    Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memperhatikan dan menerapkan prosedur CHSE pada saat liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

    SUDUTWISATA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan imbauan kepada semua wisatawan yang berencana melakukan perjalanan liburan saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk secara konsisten menerapkan prosedur CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

    BACA JUGA: Melalui Indonesia Tourism Fund, Menparekraf Pastikan Event Berkelas Dunia Hadir di 5 DPSP

    BACA JUGA: Alumni Poltekpar Makassar Diminta Perluas Lapangan Kerja Sektor Parekraf

    "Hal tersebut dilakukan untuk memastikan perjalanan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan," sampai Menparekraf Sandiaga Uni, dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno", di Jakarta, Senin (11/12/2023).

    Menurut Sandiaga Uno, Diperkirakan terjadi lonjakan pergerakan wisatawan hingga mencapai 107 juta selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 144 persen dibandingkan dengan jumlah wisatawan pada tahun 2022. Sementara itu, target okupansi hotel diharapkan mencapai kisaran 80-90 persen selama periode libur Natal dan Tahun Baru."

    "Momen tersebut tentunya kita harus manfaatkan dengan baik," tambah Sandiaga Uno.

    Menparekraf Sandiaga mendorong masyarakat untuk memilih destinasi liburan domestik guna mendorong pertumbuhan pariwisata lokal. Disarankan kepada masyarakat untuk memilih destinasi yang telah memenuhi standar keselamatan sesuai pedoman pariwisata.

    Selain itu, disarankan untuk secara rutin memeriksa prakiraan cuaca dari BMKG karena libur Nataru diharapkan berlangsung pada musim penghujan.

    BACA JUGA: KSW 5.0, Tingkatkan Ketangguhan Desa Wisata Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

    BACA JUGA: Sail Teluk Cenderawasih 2023, Momentum Promosi Potensi Wisata Bahari Papua

    "Perhatikan juga kondisi fisik saat berlibur, jangan terlalu lelah atau kurang tidur," pesan Sandiaga Uno. 

    Menurut Menparekraf Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mengeluarkan Surat Edaran yang berkaitan dengan persiapan industri pariwisata dan destinasi dalam mendukung aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan. Surat Edaran ini mencakup peninjauan prosedur operasional, infrastruktur, serta implementasi pedoman pariwisata yang kuat di berbagai destinasi.

    Kemenparekraf juga telah melakukan upaya kolaboratif dengan membentuk dan mempersiapkan pusat informasi media untuk memantau kegiatan wisata dan menyediakan informasi yang relevan bagi para wisatawan selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

    Selain itu, panduan krisis tersedia untuk diunduh melalui situs web resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di https://www.kemenparekraf.go.id/.

    BACA JUGA: #DiIndonesiaAja Travel Fair, Tawarkan Paket Liburan Akhir Tahun

    BACA JUGA: Untuk Pasarkan Produk, Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Pontianak Optimalkan Media Sosial

    Dalam kegiatan alam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno", sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) turut hadir mendampingi Menparekraf dalam acara WBSU baik secara langsung (luring) maupun virtual (daring).(*)