BLANTERORBITv102

    Alumni Poltekpar Makassar Diminta Perluas Lapangan Kerja Sektor Parekraf

    Minggu, 03 Desember 2023
    Poltekpar Makasar
    Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara "Road to Temu Alumni Nasional" di Kampus Poltekpar Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/12/2023).

    SUDUTWISATA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah mengundang para Alumni Politeknik Negeri Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Sulawesi Selatan, untuk berperan dalam memperluas peluang usaha dan membuka lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    BACA JUGA: KSW 5.0, Tingkatkan Ketangguhan Desa Wisata Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

    BACA JUGA: Sail Teluk Cenderawasih 2023, Momentum Promosi Potensi Wisata Bahari Papua

    Pada acara "Road to Temu Alumni Nasional" di Kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar pada Jumat (1/12/2023), Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa sejak pendiriannya pada tahun 1991, Poltekpar Makassar memiliki 6.300 alumni yang telah menyebar ke berbagai lokasi di seluruh dunia.

    Sebanyak 70 persen dari alumni tersebut berhasil terserap dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif, sementara 30 persen sisanya berhasil membuka peluang usaha di sektor tersebut.

    Menurut Sandiaga, persentase ini dianggap memiliki potensi untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Oleh karena itu, dia meyakini bahwa para alumni Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar layak untuk didukung guna membawa peluang usaha serta membuka lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

    "Ini menunjukkan bahwa Poltekpar Makassar mampu menciptakan talenta-talenta terbaik dan mereka semua memiliki komitmen untuk tidak lupa dengan almamaternya. Kita harapkan silaturahmi ini akan berlanjut sehingga akan menginspirasi terciptanya lapangan kerja," terang Sandiaga Uno.

    BACA JUGA: #DiIndonesiaAja Travel Fair, Tawarkan Paket Liburan Akhir Tahun

    BACA JUGA: Untuk Pasarkan Produk, Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Pontianak Optimalkan Media Sosial

    Selain prestasi yang telah diraih oleh para alumni Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, serta rasa peduli yang mereka tunjukkan terhadap almamater, juga mencerminkan kesuksesan sebuah lembaga pendidikan.

    Dalam konteks ini, Menparekraf Sandiaga juga memberikan pesan kepada Poltekpar Makassar agar terus menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.

    "Saya ingatkan Poltekpar Makassar untuk terus berkontribusi (bagi sektor parekraf), baik kontribusi langsung maupun moril dan materiil. Mari kita kawal agar pengalaman mengecap pendidikan di Poltekpar Makassar bisa kita bagikan untuk generasi yang akan datang," tambah Sandiaga Uno.

    Sementara itu, Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Herry Rachmat Widjaja, menjelaskan bahwa kegiatan pertemuan alumni Poltekpar Makassar adalah bagian awal dari rangkaian acara "Road to Temu Alumni Poltekpar Nasional" yang direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Januari 2024.

    Selain menjadi momentum untuk pertemuan, kegiatan ini juga memiliki peran signifikan dalam kemajuan Poltekpar Makassar.

    "Kami dekatkan ikatan alumni dengan Kampus Poltekpar agar bisa bahu-membahu membangun Poltekpar Makassar dan ini adalah roadshow perdana juga," papar  Herry.

    BACA JUGA: Perkuat Eksistensi Pasar Asia Tengah, Kemenparekraf Gelar Sales Mission di Uzbekistan

    BACA JUGA: Pelaku Ekraf Didorong Tingkatkan Kapasitas untuk Perkuat Daya Saing

    Pada acara tersebut, diselenggarakan talkshow bertajuk "Alumni Bicara Success Story" yang melibatkan para alumni Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar yang berasal dari beragam bidang pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Ikatan Alumni (IKA) Poltekpar Makassar, Didi Leonardo Manaba.(*)