BLANTERORBITv102

    Karisma Event Nusantara, Hadirkan 110 Event Unggulan dari Berbagai Daerah

    Senin, 22 Januari 2024
    Kemenparekraf
    Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", Senin (22/1/2024)

    SUDUTWISATA.COM- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersiap untuk merilis kembali Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 sebagai salah satu inisiatif utama.

    Program ini dihadirkan dengan tujuan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, dengan harapan dapat meningkatkan minat kunjungan mereka ke berbagai daerah di Indonesia.

    BACA JUGA: Kemenparekraf Gelar Pameran Capaian Kinerja Tahun 2023

    BACA JUGA: Dalam Pengembangan Usaha Wisata, Menparekraf: HaKI Harus Menjadi Kekuatan Utama

    “Program KEN 2024 akan diluncurkan secara resmi pada Sabtu (27/1/2024) di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta,” ungkap Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", Senin (22/1/2024).

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa dalam program KEN tahun ini terdapat 110 acara yang terbagi menjadi 100 acara unggulan dan top 10 event.

    "Jadi kalau saya mau pilih 10 destinasi untuk berwisata di Indonesia Aja, ini sudah ada event-nya yang bisa saya kunjungi dan 100 (event) untuk sepanjang tahun. Jadi kalau mau healing yang enggak bikin kantong 'kering', yang bisa menghilangkan kepala pening, datanglah ke KEN untuk refreshing," terang Sandiaga Uno.  

    Ni Komang Ayu Astiti, Pelaksana Harian Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Acara Kemenparekraf/Baparekraf, menyatakan bahwa 110 acara yang termasuk dalam KEN 2024 tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

    "Event-event tersebut sudah terkurasi dari total 252 event yang diusulkan oleh pemerintah daerah," ungkap Komang.

    Diharapkan bahwa pelaksanaan KEN 2024 akan menjadi program yang tepat sasaran, memberikan manfaat yang sesuai, dan dilakukan dengan waktu yang tepat, terutama dalam upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

    "Karenanya kami mendorong agar pemerintah daerah dapat memetakan media sosial untuk memaksimalkan promosi secara digital agar cakupannya (promosi) lebih luas. Sehingga event-event ini menjadi daya tarik wisata sehingga kunjungan wisatawan benar-benar tertuju ke event-event ini," tambah Komang.

    Eni Komiarti, Ketua Pokja Strategi Promosi Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, menyampaikan bahwa pada tahun 2023, secara keseluruhan, program Karisma Event Nusantara (KEN) memberikan dampak positif terhadap pergerakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    Jumlah total wisatawan yang terlibat selama KEN 2023 mencapai 7,4 juta, melibatkan 11 ribu pelaku UMKM, 140 ribu pelaku seni, dan menyerap 36 ribu tenaga kerja.

    BACA JUGA: Kapal Phinisi Hadir di Perairan Kepulauan Riau, Siap Manjakan Wisatawan

    BACA JUGA: Kemenparekraf Sambut Wisman Pertama di Tahun 2024

    "KEN 2023 juga melibatkan 800 asosiasi dan komunitas. Selain itu juga memberikan kontribusi sebesar Rp199,3 miliar untuk PDB dan perputaran uang yang ada di KEN 2023 mencapai Rp12,42 triliun," ungkap Eni.

    Dalam konteks peluncuran program KEN 2024 di TMII, Eni menyatakan bahwa selain acara peluncuran resmi, Kemenparekraf juga akan menyelenggarakan KEN Festival. Festival ini akan menggabungkan lima format kegiatan KEN, mencakup aspek budaya, karnaval, seni, musik, dan kuliner.

    "KEN Festival ini akan berlangsung dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB di Sasono Utomo, TMII dan terbuka untuk umum," ujar Eni.(*)