BLANTERORBITv102

    Kemenparekraf Sambut Wisman Pertama di Tahun 2024

    Minggu, 31 Desember 2023
    Kemenparekraf
    Kemenparekraf saat menyambut Wisman Pertama Tahun 2024

    SUDUTWISATA.COM- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf/Baparekraf) dengan gembira menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) pertama tahun 2024 di Terminal Kedatangan Internasional, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, yang mengikuti secara daring dari Bintan pada hari Senin (1/1/2024), terlibat dalam percakapan dengan sepasang wisatawan asal Australia yang baru saja tiba di Bali.

    BACA JUGA: Kemenparekraf Gelar Pameran Capaian Kinerja Tahun 2023

    BACA JUGA: Saat Libur Nataru, Menparekraf Imbau Masyarakat Terapkan Prosedur CHSE

    Dalam panggilan video, Menparekraf Sandiaga menyampaikan rasa terima kasih kepada wisatawan asal Australia atas pilihannya memilih Bali, Indonesia, sebagai destinasi liburan pergantian tahun mereka.

    "Selamat datang di Bali, dan terima kasih telah memilih Indonesia untuk menikmati libur pergantian tahun. Semoga kalian menikmati penyambutan yang dilakukan di bandara dan selamat tahun baru," kata Sandiaga Uno yang juga sedang menyambut kedatangan penumpang perdana di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan, Kepulauan Riau.

    Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri, bersama dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, MMA Indah Preastuty, dan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan, melakukan penyambutan untuk wisatawan Australia.

    Wisatawan tersebut tiba di Bali setelah penerbangan dari Perth ke Denpasar menggunakan maskapai Air Asia QZ 545, dengan jumlah penumpang sebanyak 172 orang.

    "Hari ini, kami senang sekali dapat menyambut wisatawan mancanegara pertama asal Australia di Bali. Kami ingin memastikan kelancaran layanan bagi wisatawan di malam menjelang pergantian Tahun Baru 2024. Kita harapkan ini dapat menjadi semangat dan motivasi dalam mewujudkan target pergerakan wisman di tahun 2024 sebesar 9,4 juta hingga 14,3 juta," sampai Sesmenparekraf Ni Wayan Giri, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

    BACA JUGA: Melalui Indonesia Tourism Fund, Menparekraf Pastikan Event Berkelas Dunia Hadir di 5 DPSP

    BACA JUGA: Alumni Poltekpar Makassar Diminta Perluas Lapangan Kerja Sektor Parekraf

    Acara penyambutan diadakan dengan penuh semangat. Dimulai dengan perhitungan mundur bersama menjelang akhir tahun, diikuti dengan pemberian bunga kepada para penumpang yang mendarat pada awal tahun. Para penumpang juga disuguhi hiburan musik live untuk menambah kesan spesial dalam penyambutan mereka.

    Selain menyelenggarakan acara penyambutan, Kemenparekraf bersama PT. Angkasa Pura I juga menyajikan pengalaman yang unik bagi penumpang yang bepergian saat momen pergantian tahun di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada hari Minggu (31/12/2023).

    Untuk menghibur dan memberi perpisahan kepada penumpang keberangkatan terakhir di tahun 2023, penampilan tarian khas Bali dipertunjukkan. Maskapai Korean Air dengan nomor penerbangan KE 634, rute Denpasar-Incheon, membawa 274 penumpang dan memiliki jadwal keberangkatan pada pukul 23.45 WITA, menjadikannya penerbangan terakhir di tahun tersebut.

    Pada acara penyambutan dan pelepasan tersebut, Sesmenparekraf Ni Wayan Giri dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, MMA Indah Preastuty, memberikan hadiah berupa permen, cokelat, dan sepuluh paket kain tenun endek khas Bali kepada lima wisatawan terakhir yang berangkat dari Bali pada akhir tahun 2023 dan lima wisatawan pertama yang tiba di Bali pada awal tahun 2024.

    Menurut penjelasan dari General Manager Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, selama tahun 2023, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani sejumlah 21.451.411 penumpang.

    Angka tersebut mencatat peningkatan sebesar 71 persen dari jumlah penumpang pada tahun 2022, yang sejumlah 12.522.400 penumpang. Jumlah pesawat yang dilayani juga mengalami lonjakan sebesar 56 persen, dari 87.558 pergerakan pada tahun 2022 menjadi 136.503 pesawat sepanjang tahun 2023.

    BACA JUGA: KSW 5.0, Tingkatkan Ketangguhan Desa Wisata Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

    BACA JUGA: Sail Teluk Cenderawasih 2023, Momentum Promosi Potensi Wisata Bahari Papua

    "Jumlah penumpang yang terlayani sepanjang tahun 2023 tersebut telah sesuai prediksi. Namun, proporsi penumpang internasional lebih dominan jika dibanding domestik yakni sebesar 54 persen," terang Hendy.

    Dari total jumlah penumpang pada tahun 2023, terdapat 9.918.236 penumpang domestik dan 11.533.185 penumpang internasional.

    "Selama Januari hingga Desember 2023, jumlah penumpang selama satu bulan tertinggi terjadi pada Juli sebanyak 2,1 juta penumpang yang dilayani. Dimana pada bulan tersebut merupakan periode libur anak sekolah yang menjadi faktor pendorong meningkatnya jumlah penumpang," ungkap Hendy.(*)