BLANTERORBITv102

    Festival Gurita Kaur tahun 2023 Resmi Dibuka

    Rabu, 21 Juni 2023

    festival gurita
    Pelaksanaan Festival Gurita di Kaur Bengkulu

    SUDUTWISATA.COM- Kegiatan Festival Gurita Kaur tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu Resmi dibuka.

    Event yang telah masuk dalam agenda Kharisma Even Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia tersebut dibuka pada Rabu (21/6/2023).

    Festiva Gurita Kaur tahun 2023 yang dilaksanakan di Pantai Laguna Samudera Desa Merpas Kecamatan Nasal tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

    BACA JUGA: 8 Pantai Terindah di Kaur Bengkulu

    BACA JUGA: Festival Gurita Kembali Digelar di Kaur

    Dalam sambutannya, Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa Kabupaten Kaur memiliki pantai-pantai yang indah serta memiliki potensi kulier yang khas dan bisa menarik wisatawan.

    Kemudian Rohidin Mersyah juga berharap agar Festival Gurita yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kaur tersebut harus dilaksanakan secara bekesinambungan sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

    "Saya harap kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja, namun harus dilakukan setiap tahun secara berkesinambungan pada tanggal dan bulan yang sama," harap Rohidin Mersyah.

    Dalam kesempatan tersebut, Rohidin Mersyah juga mengajak masyarakat untuk terus bersemangat dalam mengembangankan potensi kearifan lokal yang ada di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Kaur.

    Pemerintah Provinsi Bengkulu, dikatakan Rohidin Mersyah berkomitmen untuk mendorong dan menggali potensi wisata dan kuliner yang ada di Provinsi Bengkulu, sehingga nanti bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi Bengkulu.

    BACA JUGA: 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Lebong Bengkulu, Nomor 7 Wajib Dicoba

    Sementara itu, Wakil Bupati Kaur Herlian Muchrim mengajak seluruh pihak khususnya jajaran OPD dan masyarakat Kabupaten Kaur untuk menyukseskan kegiatan Festival Gurita Kaur tahun 2023.

    "Mari kita semua menyukseskan festival gurita yang kita laksanakan di Pantai Laguna ini," ajak Herlian.

    Herlian mengingatkan bahwa suksesnya pelaksanaan Festival Gurita Kaur tahun 2023 tersebut bukan hanya tanggungjawab Dinas Pariwisata saja, melainkan seluruh OPD yang ada di jajaran Pemerintah Kabupaten Kaur.

    "mari bersama-sama bergandengan tangan, saling suport demi kesuksesan acara ini," pesan Herlian.

    Disisi lain, Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf, Josua Simanjuntak, yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa,  Festival Gurita Kaur tahun 2023 merupakan bagian dari Kharisma Even Nusantara.

    Dikatakan Josua, kegiatan festival gurita yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kaur tersebut memiliki keunikan sendiri yaitu untuk mempromosikan potensi wisata baik alam maupun budaya agar bisa dikenal hingga kancah nasional maupun internasional.

    "Festival Gurita ini memiliki potensi yang luar biasa terutama kulinernya," ungkap Josua.

    Dengan potensi yang dimiliki oleh kuliner dalam ajang Festival Gurita Kaur tahun 2023 tersebut, maka menurutnya tidak hanya untuk dinikmati di Kabupaten Kaur maupun Provinsi Bengkulu saja namun bisa di bawa hingga ke ibu kota.

    BACA JUGA: Asyiknya Mandi di Grojogan Sewu Curup Rejang Lebong

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Tangga Seribu di Kepala Curup

    "kita akan promosikan potensi ini sehingga nanti bisa menjadi identitas dari kaur," kata Josua.

    Festival Gurita Kaur tahun 2023 ini dilaksanakan selama dua hari, dimana kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain lomba memanah gurita, surfing contest, lomba nasi tumpeng gurta, tari kreasi, bazar kuliner, teater nelayan hingga pagelaran seni dan budaya Kaur.(*)