BLANTERORBITv102

    Pemandian Bah Damanik, Tempat Wisata Unit di Sumatera Utara

    Selasa, 05 September 2023
    Pemandian Bah Damanik
    Suasana di Pemandian Bah Damanik (instagram/@morandosimbolon)

    SUDUTWISATA.COM- Terdapat sebuah lokasi pemandian alam yang ideal untuk melepas kepenatan di Simalungun. Suasana di tempat ini masih sangat alami dan tenang. Destinasi yang dimaksud adalah Pemandian Bah Damanik.

    Bah Damanik di Simalungun merupakan salah satu tempat surga yang tersembunyi. Letaknya terletak di tengah perkebunan yang cukup terpencil. Meskipun demikian, banyak pengunjung dari berbagai daerah yang datang untuk menikmati kesegaran air pegunungan di Simalungun ini. Selain pesona alamnya yang memukau, sejarah dari tempat pemandian ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Sipiso Piso, Destinasi Andalan Sumatera Utara

    BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

    Dahulu, Pemandian Bah Damanik disebut sebagai tempat mandi bagi Raja Damanik dan keluarganya. Selain itu, air di kolamnya sangat jernih sehingga penduduk sekitar bahkan mengklaim bahwa airnya dapat diminum langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

    Yang menarik, pemandian ini masih dipegang oleh keturunan dari Raja Damanik itu sendiri, dan mereka menjaga dengan baik kelestarian wilayah tersebut.

    Pemandian Bah Damanik terletak di area perkebunan teh PTPN Sidamanik, yang tepatnya berada di Desa Hutan Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

    Bagi wisatawan yang berasal dari Kota Medan, Anda dapat mengikuti rute perjalanan ke Sidamanik melalui Pematang Siantar. Setelah mencapai Lapangan Desa Hutan Lama atau Pasar Sidamanik, lanjutkan perjalanan menuju Simatahuting.

    Setibanya di Simpang 3, berbelok ke kanan dan ikuti petunjuk menuju lokasi wisata tersebut. Perjalanan ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4 hingga 5 jam menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

    Sementara jika Anda berangkat dari Kota Pematangsiantar, perjalanan menuju Pemandian Bah Damanik akan memakan waktu sekitar 1 jam saja.

    Untuk menikmati kesegaran bermain air di bawah naungan pepohonan hutan yang rindang, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Harga tiket masuk sangat terjangkau, dengan tiket anak-anak seharga Rp 2.000,- per anak dan tiket masuk dewasa seharga Rp 5.000,- per orang. Sementara itu, biaya parkir adalah sebesar Rp 15.000,-.

    BACA JUGA: Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

    BACA JUGA: Pantai Pulot, Pantai yang Tengah Viral di Aceh

    Pemandian Bah Damanik beroperasi setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dengan jam buka dari pukul 06.00 hingga pukul 20.00. Namun, perlu dicatat bahwa pada hari Sabtu, Pemandian Bah Damanik buka selama 24 jam nonstop.

    Dikarenakan air di pemandian ini berasal dari alam dan cenderung sangat dingin saat malam hari, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada pagi atau siang hari agar dapat menikmati pengalaman berenang yang lebih nyaman.

    Pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk para pengunjung di Pemandian Bah Damanik. Ini meliputi area parkir yang luas, fasilitas kamar mandi, gardu kecil, gazebo untuk beristirahat, tempat ganti, warung makan, rakit, serta pelampung ban.

    Selain itu, di ujung pemandian juga terdapat area yang dapat digunakan sebagai tempat berkemah. Para pengunjung yang memutuskan untuk berkemah dapat menghabiskan waktu dengan memancing di sungai yang ada di sekitar area tersebut.

    Pemandian Bah Damanik memiliki keindahan alam yang menakjubkan di setiap sudutnya. Jika dilihat dari kejauhan, pemandian ini sebenarnya tidak tampak seperti sungai biasa, tetapi lebih mirip kolam renang dengan air yang berwarna biru dan teduh.

    Meskipun berjarak jauh dari perkebunan teh milik PTPN, lokasi pemandian ini sebenarnya cukup tersembunyi. Karena letaknya yang agak terlindungi di bawah, para pengunjung harus bersusah payah melewati jalan curam dan mendaki puluhan anak tangga untuk mencapainya.

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Ulu Suliti, Keindahan Tersembunyi di Solok Selatan Sumatera Barat

    BACA JUGA: Air Terjun Bedegung, Muara Enim Sumatera Selatan

    Namun, setelah melalui perjalanan yang menantang itu, pengunjung akan langsung dapat menikmati keindahan pemandian alam ini yang pernah digunakan sebagai tempat mandi bagi anggota keluarga kerajaan.

    Pemandian Bah Damanik tidak hanya cocok untuk wisatawan dewasa, tetapi juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak yang ingin merasakan kegembiraan selama liburan mereka. Airnya yang dangkal, berwarna biru, dan sangat jernih adalah pilihan ideal bagi mereka yang suka berendam dan bermain air. Juga tersedia rakit bagi pengunjung yang ingin mencoba sensasi mengarungi sungai dengan menggunakan alat transportasi tradisional.

    Pemandian Bah Damanik
    Jernihnya Pemandian Bah Damanik (instagram/@daniel.s.p.purba)

    Di ujung pemandian, ada area berkemah yang sering digunakan oleh para pemuda dan pemudi untuk berkemah bersama teman-teman mereka. Sambil berkemah, pengunjung dapat mencoba memancing ikan untuk dinikmati bersama. Dan jika beruntung, terkadang ada kawanan monyet yang melintas dengan lincah dari satu dahan ke dahan lainnya.

    Pemandian Bah Damanik terus mempesona dengan keindahan alamnya. Mulai dari pancuran air segar yang mengalir dari pegunungan, pepohonan hutan yang tumbuh rindang di sekitarnya, yang membuat pengunjung yang berenang di bawahnya merasa sejuk. Di sekitarnya terdapat area pasir putih dengan dinding kolam pemandian yang berlumut, yang memberikan nuansa bebatuan alami dengan relief yang indah.

    Dengan berbagai daya tarik dan keelokannya, tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bah Damanik untuk berfoto. Banyak yang datang tidak hanya untuk bermain air, tetapi juga untuk berburu foto karena tempat ini sangat instagramable.

    Pemandian Bah Damanik, yang kini menjadi destinasi wisata alam yang populer, memiliki latar belakang sejarah yang menarik. Terletak di dalam hutan dan agak tersembunyi, diceritakan bahwa Bah Damanik dulunya adalah tempat mandi bagi Raja Damanik dan anggota keluarganya. Menurut cerita dari warga sekitar, sang raja dan keluarga kerajaan sering membersihkan diri mereka di sungai yang sangat jernih ini.

    BACA JUGA: Keindahan Air Terjun Temam, Wisata Hits di Kota Lubuklinggau

    BACA JUGA: Bifa Cottage, Penginapan Berkonsep Vila di Kota Padang

    Selain berfungsi sebagai tempat mandi bagi keluarga kerajaan, Bah Damanik juga memiliki peran penting sebagai sumber irigasi bagi sawah-sawah yang dimiliki oleh penduduk setempat. Pada masa lalu, masyarakat di sekitar bahkan menggunakan air dari pemandian ini sebagai sumber air minum sehari-hari. Kualitas air yang jernih dan bersih membuat mereka percaya diri untuk mengonsumsinya tanpa harus memasaknya terlebih dahulu.

    Saat ini, setelah bertransformasi menjadi tempat wisata, para pengelola yang masih merupakan keturunan dari keluarga Raja terus berkomitmen untuk menjaga keaslian dan kelestarian tempat ini. Salah satu tindakan yang mereka lakukan adalah menyediakan tempat sampah untuk pengunjung, sehingga lingkungan sekitar sungai tetap terjaga kebersihannya.

    Ada beberapa tips yang dapat berguna saat mengunjungi Pemandian Bah Damanik:

    1. Periksa Cuaca

    Pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca sebelum pergi, dan pilih hari dengan cuaca cerah untuk menikmati pengalaman yang lebih baik di kolam pemandian alami ini.

    2. Bawa Peralatan

    Jika Anda berencana untuk bermain air, pastikan untuk membawa baju ganti dan peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk aktivitas berenang.

    3. Keamanan Barang Berharga

    Karena belum tersedia loker penyimpanan barang di area Pemandian Bah Damanik, pastikan untuk mengamankan barang berharga yang Anda bawa, seperti dompet, ponsel, dan kamera.

    4. Perhatikan Anak-Anak

    Jika Anda mengunjungi tempat ini bersama anak-anak, selalu awasi mereka dengan baik ketika mereka bermain air untuk menjaga keselamatan mereka.

    BACA JUGA: Wisata Aek Sijorni, Serpihan Surga di Tapsel

    BACA JUGA: Agrowisata Tanjung Sakti, Tempat Wisata Lengkap di Sumatera Selatan

    5. Kebersihan dan Keasrian

    Selalu jaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar Pemandian Bah Damanik dengan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan tempat sampah yang tersedia.

    6. Etika dan Perilaku

    Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain, seperti merusak alam atau perilaku yang mengganggu pengunjung lainnya.

    7. Abadikan Momen

    Siapkan perangkat gadget Anda untuk mengabadikan keunikan dan keindahan Pemandian Bah Damanik, namun pastikan untuk menghormati aturan yang ada terkait penggunaan kamera di tempat tersebut.

    Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjadikan kunjungan Anda ke Pemandian Bah Damanik sebagai pengalaman yang lebih menyenangkan dan aman.

    Itulah informasi dari Pemandian Alam Bah Damanik yang ada di Simalungun Sumatera Utara. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)