BLANTERORBITv102

    De Ranch Bandung, Tempat Wisata Berkonsep Ala Cowboy

    Minggu, 08 Oktober 2023
    wisata bandung
    De Ranch Bandung (instagram/@javaland_adventure)

    SUDUTWISATA.COM- De Ranch Bandung adalah salah satu tujuan wisata yang telah lama populer di Bandung. Dibuka untuk umum pada Desember 2007, tempat ini memiliki luas area seluas 5 hektar dan dirancang dengan konsep peternakan ala cowboy.

    Pada awalnya, De Ranch Bandung hanya berfungsi sebagai peternakan kuda biasa. Namun, mengamati potensinya, akhirnya tempat ini berkembang menjadi destinasi wisata keluarga yang menonjolkan konsep koboy yang kuat.

    BACA JUGA: Astakaia Cottage Bandung, Penginapan Bernuansa Bali di Bandung

    BACA JUGA: Orchid Forest Bandung, Taman Angrek Terluas di Indonesia

    Sejak tahun 2007, areal ini telah dibuka untuk umum sebagai tempat wisata menunggang kuda di Lembang. Oleh karena itu, De Ranch Lembang termasuk salah satu tempat wisata yang telah ada sejak lama di Lembang.

    Dengan perlahan-lahan, tempat ini terus meningkatkan dan mengembangkan fasilitasnya. Sekarang, De Ranch telah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

    Baik pengunjung lokal maupun dari luar kota merasa kurang lengkap jika berkunjung ke Lembang tanpa mengunjungi De Ranch.

    Saat ini, De Ranch Bandung telah memiliki beragam wahana permainan dan fasilitas yang lengkap. Ini mencakup wahana permainan untuk anak-anak, kegiatan outbound, area makanan, permainan air, dan berbagai fasilitas lainnya.

    Dengan luasnya area lapangan hijau, suasana di De Ranch sangat menyenangkan. Anak-anak Anda pasti akan senang berlarian di sini.

    Lokasi De Ranch Bandung

    De Ranch Bandung berada di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya cukup dekat dengan pusat Lembang dan juga terletak dekat dengan tempat belanja kuliner seperti Tahu Tauhid Lembang.

    BACA JUGA: Ranca Upas Bandung, Destinasi Alam Terbaik di Ciwidey

    BACA JUGA: The Great Asia Africa Park, Tempat Wisata dengan Ikon 7 Negara

    Wisatawan hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Maribaya, dan Anda akan menemukan tempat ini di sebelah kiri jalan jika datang dari Lembang. Selain De Ranch, ada beberapa tempat wisata lain yang tidak terlalu jauh dari sini, termasuk Floating Market, The Lodge Maribaya, dan Maribaya Resort.

    Wisatawan yang ingin berkunjung tempat wisata ini dapat menggunakan angkutan umum jurusan St. Hall-Lembang. Namun, sebaiknya tanyakan kepada sopir terlebih dahulu apakah angkutan tersebut akan langsung menuju ke Lembang atau tidak.

    Karena biasanya, angkutan ini juga mampir dulu ke arah Pasar Baru sebelum mencapai Lembang. Setelah itu, mintalah kepada sopir untuk memberhentikan kendaraan di lokasi wisata De Ranch Bandung.

    Tiket Masuk De Ranch Bandung

    Berikut adalah daftar harga tiket masuk dan harga permainan di De Ranch Bandung:

    Tiket Masuk De Ranch Lembang: Rp 26.000,-

    Harga Permainan De Ranch:

    Delman Per Putaran (3 Orang): Rp 50.000,-

    Kuda Tunggang Per Putaran: Rp 40.000,-

    Kuda Poni Per Putaran: Rp 40.000,-

    Little Ranch, Triker, Bermain Kelinci, Fun Boat, Kolam Pancing, Flying Fox, Balon Air, Sepeda Track, Trampolin, Panahan, Kolam Indian Totem, Kuda Ayun, Pony Kidz, Go Kidz, Crossbow Hunting: Rp 25.000,-

    Sepeda Balita, Loncat Anak, Mancing Balita, Tangkap Ikan, Kidtrik, Peti Luncur, Memberi Makan Domba: Rp 20.000,-

    The Gold Hunter: Rp 40.000,-

    Riding Lesson: Rp 250.000,-

    Mewarnai Keramik Besar: Rp 60.000,-

    Mewarnai Tas Ransel/Pot: Rp 75.000,-

    Tiket masuk berlaku untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas. Tiket masuk dapat ditukarkan dengan 1 cup susu sapi. Harga tiket masuk dan wahana tersebut sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola.

    BACA JUGA: Kawah Putih Ciwidey, Wisata Paling Populer di Bandung

    BACA JUGA: The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Kekinian di Bandung

    Wahana De Ranch Bandung

    Dengan konsep ala cowboy, De Ranch Bandung mengusung tema "Food, Leisure, and Knowledge". Saat ini, tempat wisata ini memiliki lebih dari 20 ekor kuda, beberapa di antaranya dimiliki oleh penduduk setempat.

    wisata bandung
    De Ranch Bandung(instagram/@aswin.pramono)

    Suasana yang masih sejuk dan segar di lokasi ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengenakan atribut lengkap ala cowboy dan menjelajahi area De Ranch Lembang dengan menaiki kuda.

    Area yang akan dijelajahi dengan kuda meliputi berbagai tempat seperti peternakan sapi, peternakan kuda, perkebunan, padang rumput, dan sebagainya. De Ranch Bandung juga menyediakan berbagai wahana dan fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak.

    Di peternakan ini, terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan, terutama yang berkaitan dengan aktivitas luar ruangan atau outbond. Berikut beberapa aktivitas dan wahana yang tersedia di kampung koboi ini.

    1. De Ranch Saddle Club

    De Ranch Bandung menawarkan berbagai aktivitas edukatif, salah satunya adalah Ranch Saddle Club. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman tentang cara menunggang dan merawat kuda.

    Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi daerah sekitar peternakan dengan menunggangi kuda sendiri. Nikmati pengalaman berkuda yang seru dan menyenangkan di tempat wisata ini.

    BACA JUGA: Arjasari Rock Hill, Tempat Olahraga Sekaligus Rekreasi di Bandung

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    2. Spot Foto

    Pengunjung dapat merasakan sensasi menjadi seorang cowboy dengan lengkap, termasuk mengenakan atribut seperti topi, baju, dan sepatu cowboy. Bagi mereka yang suka ber-selfie, tema ini sangat cocok untuk diabadikan sebagai koleksi foto.

    Terlebih lagi, lokasi wisata ini berkonsep peternakan yang dikelilingi oleh alam yang masih asri, membuat kegiatan berfoto menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke tempat ini.

    3. Cook N’ Cookies

    Program ini merupakan kegiatan keterampilan bagi siapa pun yang ingin mencoba membuat kue khas De Ranch. Pengunjung akan diajarkan cara membuat kue semenarik mungkin, mirip dengan cara memasak kue di Ina Cookies.

    Untuk mengikuti program ini, diperlukan pembayaran sebesar Rp 35.000 per orang untuk setiap sesi selama 30 menit. Selain itu, akan diajarkan juga bagaimana cara memerah susu sapi yang benar.

    4. Belanja Souvenir

    Di De Ranch Bandung, terdapat factory outlet yang menyewakan atribut cowboy lengkap seperti topi, baju, sepatu, dan sebagainya. Tempat ini juga menyediakan berbagai macam cinderamata yang dapat dibeli dan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

    Factory outlet ini juga menawarkan produk seperti yoghurt, susu, sosis mentah, dan lainnya yang dapat dijadikan oleh-oleh. Bagi mereka yang suka mengumpulkan souvenir dari setiap tempat wisata yang dikunjungi, mungkin akan menemukan sesuatu yang khas dan menarik di tempat ini.

    BACA JUGA: Terminal Wisata Grafika Cikole, Destinasi Wisata Berkonsep 3 in 1 di Bandung

    BACA JUGA: Taman Langit Pengalengan, Tempat Camping Hits di Kota Bandung

    5. Wahana Permainan anak

    De Ranch Bandung menawarkan beragam wahana yang cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Beberapa wahana untuk orang dewasa termasuk kuda tunggang, the gold hunter, fun boat, kolam pancing, flying fox, balon air, sepeda track, panahan, kuda ayun, dan banyak lagi.

    Sementara itu, wahana khusus anak-anak mencakup kuda poni, sepeda balita, loncat anak, mancing balita, pony kidz, kidtrik, peti luncur, dan sebagainya. Semua wahana ini dapat dinikmati dengan tarif yang telah ditentukan oleh pihak tempat wisata.

    Selain wahana permainan, De Ranch Bandung juga menawarkan aktivitas edukasi menarik lainnya. Salah satunya adalah pelajaran cara memerah sapi yang benar. Kegiatan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan yang menarik, terutama bagi anak-anak.

    Pengunjung akan diajarkan tentang pemeliharaan sapi, cara merawat sapi perah, dan proses memerah sapi. Kegiatan ini biasanya tersedia dari pukul 14.30 hingga 16.00 WIB, kecuali untuk rombongan.

    Selain itu, ada juga aktivitas menarik lainnya yang ditujukan khusus untuk anak-anak, yaitu mewarnai keramik besar. Keramik besar yang dimaksud di sini adalah sebuah celengan yang dapat diwarnai dengan tinta.

    wisata bandung
    De Ranch Bandung(instagram/@met_putri_jatim)

    Kegiatan ini pastinya sangat menarik bagi pengunjung, terutama anak-anak, dan dapat membantu mereka mengasah keterampilan melukis mereka di media yang berbeda, yaitu keramik.

    BACA JUGA: Sonten Resort, Tempat Staycation Nyaman di Ciwidey

    BACA JUGA: Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    Fasilitas di De Ranch Bandung

    De Ranch Bandung menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, termasuk lahan parkir, musala, toilet, restoran, trek kursi roda, toko souvenir, pasar tanaman hias, dan transportasi lokal.

    Transportasi lokal yang disebutkan adalah mobil wisata yang berkolaborasi dengan Astra Trac dan dikenal dengan nama "De Ranch Lembang n Beyond". Mobil ini dapat mengantarkan pengunjung dari hotel ke hotel untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di daerah Lembang.

    Selain itu, ada juga "Paguyuban Delman Wisata" yang merupakan sarana transportasi untuk mengantarkan pengunjung ke tempat-tempat menarik yang ada di Lembang. Semua fasilitas ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pengunjung selama berkunjung ke De Ranch Bandung.

    Itulah informasi tentang De Ranch Bandung yang merupakan tempat wisata di Bandung yang sudah lama terkenal. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)