BLANTERORBITv102

    Air Terjun Banyumala, Surga Tersembunyi di Buleleng Bali

    Selasa, 28 November 2023
    wisata bali
    Air Terjun Banyumala Buleleng Bali (instagram/@balilivin)

    SUDUTWISATA.COM- Terdapat sebuah air terjun yang sering disebut Air Terjun Banyumala atau Banyumala Twin Waterfall. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terdiri dari dua aliran air yang terpisah oleh sebuah tebing yang dikelilingi oleh tanaman hijau. Inilah sebabnya mengapa tempat ini disebut sebagai Air Terjun Kembar atau Twin Waterfall.

    Air Terjun Banyumala menampilkan aliran air yang sangat menakjubkan di mana Anda bisa melihat dua aliran air yang berbeda tetapi bersamaan dalam satu waktu. Keindahan aliran air yang jatuh terlihat seperti lukisan yang sangat indah. Air Terjun Banyumala sendiri berlokasi di Desa Wanagiri, Buleleng, Bali.

    BACA JUGA: Umane Cafe Bali, Tempat Nongkrong Dikelilingi Sawah

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Sipiso Piso, Destinasi Andalan Sumatera Utara

    Lokasi Air Terjun Banyumala

    Air Terjun Banyumala terletak di Pulau Dewata, Bali, dengan alamat tepat di Banjar Asah Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

    Untuk mencapai Air Terjun Banyumala dari arah Denpasar, perjalanan sekitar 65 kilometer akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Rutenya akan melintasi Danau Beratan dan Danau Buyan.

    Setelah mencapai pertigaan Puncak Wanagiri, lanjutkan ke utara menuju Danau Tamblingan. Air Terjun Banyumala terletak di sisi timur dan Anda akan menemukan plang penunjuk lokasi Air Terjun Banyumala.

    wisata bali
    Air Terjun Banyumala Buleleng Bali (instagram/@vascomcelosigor)

    Jika Anda merasa tersesat, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat yang Anda temui di sepanjang jalan. Mereka akan dengan senang hati membantu memberikan petunjuk arah.

    Tiket Masuk Air Terjun Banyumala

    Anda dapat memperoleh tiket masuk ke Air Terjun Banyumala dengan tarif sebagai berikut:

    Wisatawan lokal dikenai biaya sebesar Rp 30.000 per orang.

    Sedangkan wisatawan mancanegara harus membayar Rp 50.000 per orang.

    Setiap tiket masuk sudah termasuk satu botol air mineral sebagai fasilitas tambahan

    BACA JUGA: Sunrise Hill Camp Bali, Tempat Camping dengan View Danau Batur

    BACA JUGA: Air Terjun Cabang Dua, Wisata Populer di Curup

    Jam Operasional Air Terjun Banyumala

    wisata bali
    Air Terjun Banyumala Buleleng Bali (instagram/@maxpayne80)
    Air Terjun Banyumala beroperasi setiap hari dari Senin hingga Minggu, dengan jam buka 24 jam penuh. Artinya, pengunjung dapat mengaksesnya kapan pun selama seminggu penuh.

    Fasilitas Air Terjun Banyumala

    Di sekitar Air Terjun Banyumala, fasilitas yang tersedia memang minim. Namun, untuk kebutuhan makanan, minuman, dan akses ke kamar mandi, pengunjung dapat menemukan tempat tersebut di area parkir yang berada di depan lokasi air terjun.

    Sementara itu, di sekitar area Air Terjun Banyumala sendiri, terdapat sebuah gazebo. Gazebo ini merupakan tempat bagi pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan di sekitar air terjun tersebut.

    Daya Tarik Air Terjun Banyumala

    1. Keindahan Alam yang Memukau

    Untuk mencapai Air Terjun Banyumala, dibutuhkan usaha ekstra karena kondisi jalur yang cukup menantang. Meskipun jarak dari pintu loket ke lokasi air terjun cukup dekat, sekitar 100 meter, jalurnya cukup curam dan berbahaya.

    Pengunjung akan melewati turunan yang curam dan berliku dengan jalan yang masih alami, yaitu berupa tanah. Namun, selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Ketika mendekati Air Terjun Banyumala, pengunjung akan menikmati beberapa air terjun kecil yang mengalir dari tebing.

    Perbedaan jarak antara pintu loket dan area parkir untuk motor dan mobil cukup signifikan. Pengunjung yang menggunakan mobil akan harus berjalan lebih jauh daripada mereka yang menggunakan motor. Namun, di sekitar loket tiket terdapat pangkalan ojek motor yang siap membantu dengan biaya sekitar Rp. 25.000,- saja untuk membawa pengunjung lebih dekat ke air terjun.

    BACA JUGA: Alam Caldera Kintamani, Glamping Kekinian dengan View Terbaik di Bali

    BACA JUGA: Air Terjun Songgo Langit, Tempat Wisata di Jepara

    2. Bermain Air

    wisata bali
    Air Terjun Banyumala Buleleng Bali (instagram/@otw_mali)
    Bermain air di Air Terjun Banyumala adalah cara yang sempurna untuk merasakan kesegaran alamnya. Kolam di sekitar air terjun memiliki kedalaman yang bervariasi, dengan kedalaman yang semakin dalam mendekati aliran air terjun itu sendiri.

    Debit air yang turun dari Air Terjun Banyumala cukup deras, menghasilkan aliran air yang sangat jernih dan bersih. Keterangannya membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan kesegaran ini menjadi penghapus lelah setelah melakukan perjalanan trekking sebelumnya.

    Kolam alami di sekitar Air Terjun Banyumala memiliki ukuran yang cukup luas, yang semakin memperindah pemandangan dengan keberadaan pepohonan di sekitarnya, menambah kecantikan alam yang ada.

    3. Menikmati Keindahan Air Terjun

    Atmosfer di sekitar Air Terjun Banyumala sangat cocok untuk bersantai, dengan suara gemericik air yang turun memancarkan ketenangan dan kedamaian bagi jiwa dan tubuh.

    Pengunjung dapat bersantai di gazebo yang berada dekat dengan Air Terjun Banyumala, sambil menikmati panorama alam yang masih alami. Dari sana, mereka dapat mengamati aliran air terjun yang turun dengan pola yang tidak teratur namun tetap indah untuk dilihat.

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Piala, Wisata Alam nan Eksotis di Luwuk

    BACA JUGA: Air Terjun Bedegung, Muara Enim Sumatera Selatan

    4. Berfoto

    Tren saat ini menunjukkan bahwa manusia cenderung untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi, di mana pun dan kapan pun. Oleh karena itu, hal yang penting untuk dilakukan selanjutnya adalah mencari spot foto terbaik.

    Beberapa spot foto yang menarik di Air Terjun Banyumala adalah latar belakang keindahan air terjun itu sendiri. Spot foto lainnya dapat diambil saat menikmati keindahan kolam alami yang ada di sekitarnya.

    Tips ke Air Terjun Banyumala

    wisata bali
    Air Terjun Banyumala Buleleng Bali (instagram/@maxpayne80)

    Berikut beberapa tips wisata yang dapat dijadikan referensi saat Anda berkunjung ke Air Terjun Banyumala:

    1. Perhatikan kondisi cuaca sebelum pergi, hindari perjalanan saat cuaca sedang mendung atau hujan.

    2. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima sebelum melakukan perjalanan.

    3. Disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor agar tidak terlalu jauh berjalan kaki menuju air terjun.

    4. Siapkan makanan dan minuman secukupnya sebagai bekal saat berada di Air Terjun Banyumala.

    5. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menghadapi jalur turunan dan terjal di sekitar air terjun.

    6. Berhati-hatilah saat menuruni tangga, terutama jika Anda membawa anak kecil.

    BACA JUGA: Air Terjun Nglirip, Destinasi Wisata Terfavorit di Tuban

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Lopapu, Surga Tersembunyi di Sumba

    7. Selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar Air Terjun Banyumala untuk mendukung kelestarian alam.

    Itulah informasi tentang Air Terjun Banyumala salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)