BLANTERORBITv102

    Air Terjun Cabang Dua, Wisata Populer di Curup

    Senin, 09 Oktober 2023
    air terjun curup
    Air Terjun Cabang Dua Curup

    SUDUTWISATA.COM- Rejang Lebong atau Kota Curup memiliki potensi wisata alam yang cukup banyak tak terkecuali air terjun.

    Salah satu air terjun di Curup yang bisa di kunjungi wisatawan adalah Air Terjun Cabang Dua atau dikenal juga dengan Air Terjun Suban Air Panas. Air Terjun Cabang Dua ini merupakan salah satu dari 8 air terjun yang ada di Kota Curup.

    BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Curup Bengkulu

    BACA JUGA: Hotel Musrel Alphard Curup, Hotel dengan Fasilitas Mewah dan Harga Terjangkau

    Air Terjun Cabang Dua disebut juga sebagai Air Terjun Suban Air Panas karena lokasi dari air terjun ini berada di kawasan Wisata Suban Air Panas yang ada di Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

    Air Terjun Cabang Dua merupakan salah satu air terjun di Kota Curup yang sudah lama terkenal bahkan sebelum beberapa air terjun lain di Kota Curup terkenal seperti Air Terjun Tri Sakti yang sebelumnya bernama Air Terjun Tri Muara Karang.

    Air Terjun Cabang Dua ini sangat mudah diakses karena berada di kawasan Wisata Suban Air Panas yang sudah lama menjadi destinasi populer di Kota Curup.

    Dari Kota Curup air terjun ini berjarak sekitar 6 KM dan waktu tempuh sekitar 11 menit. Untuk menuju air terjun ini, bila wisatawan dari Kota Curup wisatawan bisa memacu kendaraan menuju arah Kota Lubuklinggau.

    Setelah sampai di Kelurahan Talang Ilu Kecamatan Curup Timur, di sebelah kanan jalan terdapat gapura pintu masuk ke Wisata Suban Air Panas. Gapura pintu masuk Wisata Suban Air Panas ini tepat berada di seberang Objek Wisata Tebing Suban yang juga salah satu tempat wisata yang instagramable di Kota Curup.

    Setelah melewati gerbang tersebut, wisatawan harus terus melanjutkan perjalanan sekitar 2 KM hingga sampai di parkiran dan pintu masuk kawasan Wisata Suban Air Panas dan melanjutka perjalanan menuju Air Terjun Cabang Dua.

    BACA JUGA: 8 Wisata Air Terjun Terindah di Curup Bengkulu

    BACA JUGA: Tempat Makan Mie Pangsit Paling Rekomendasi di Curup

    Setelah masuk didalam komplek Wisata Suban Air Panas yaitu setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak-anak.

    Jalan menuju Air Terjun Cabang tersebut bisa melalui 2 jalur, jalur pertama bisa melalui atas yaitu mengambil sisi sebelah kiri, kemudian menyeberangi jembatan dan sedikit menaiki tangga dan mengambil jalur ke kanan karena bila lurus akan menuju Objek Wisata Suban Lesung Goa Batu.

    Sedangkan untuk jalur kedua, yaitu setelah masuk ke kawasan Wisata Suban Air Panas, wisatawan tinggal lurus melewati kolam-kolam dan warung-warung pedagang hingga ketemu kolam air dingin yang juga kolam terbesar di kawasan Wisata Pemandian Suban Air Panas.

    Setelah itu terus lanjutkan perjalanan dengan mengikut jalan setapak. Diantara dua jalan menuju Air Terjun Cabang Dua ini terdapat petunjuk jalan sehingga wisatawan tak perlu khawatir untuk tersesat.

    Sebelum sampai ke Air Terjun Cabang Dua, wisatawan akan dikenakan biaya masuk lagi sebesar Rp 5.000,- per orang. Wisatawan harus membayar lagi meskipun sudah membayar saat masuk di pintu utama Wisata Pemandian Suban Air Panas karena salah satu air terjun di Kota Curup ini dikelola secara pribadi berbeda dengan Wisata Suban Air Panas.

    BACA JUGA: Menikmati Keindahan Bukit Jipang Curup Bengkulu

    BACA JUGA: 9 Tempat Wisata Ramah Anak di Rejang Lebong

    Setelah sampai di Air Terjun Cabang Dua wisatawan bisa melakukan sejumlah aktifitas mulai dari foto hingga mandi dan main air. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun sangat dangkal bahkan tak menyerupai kolam sehingga sangat aman bagi wisatawan yang ingin mandi langsung di bawah air terjun.

    air terjun curup
    Air Terjun Cabang Dua

    Untuk fasilitas yang tersedia di objekwisata air terjun ini sudah cukup memadai, dimana terdapat tempat-tempat duduk bagi wisawatan yang hanya ingin melihat keindahan air terjun tanpa ingin bermain air.

    Kemudian fasilitas lainnya adalah WC dan kamar ganti atau kamar bilas yang bisa digunakan wisatawan yang ingin berganti pakaian baik sebelum maupun sesudah bermain air di Air Terjun Cabang Dua. Serta ada warung yang menyediakan makanan-makanan ringan seperti mie untuk diseduh dan dinikmati untuk menghangatkan badan karena dingin setelah bermain air di Air Terjun Cabang Dua.

    Air Terjun ini biasanya akan ramai dikunjungi saat akhir pekan maupun hari libur nasional lainnya. Bahkan saat lebaran Idul Fitri maupun tahun baru, wisatawan akan memenuhi air terjun ini. Oleh karena itu bila wisatawan ingin menikmati air terjun ini dengan leluasa sebaiknya berkunjung pada tengah pekan atau saat pagi hari ketika wisatawan belum banyak yang datang.

    BACA JUGA: Asyiknya Mandi di Grojogan Sewu Curup Rejang Lebong

    BACA JUGA: Guest House 88, Penginapan Murah Berkualitas di Kota Curup

    Itulah informasi tentang Air Terjun Cabang Dua yang merupakan salah satu air terjun yang bisa wisatawan kunjungi saat berada di Kota Curup. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke salah satu air terjun di Kota Curup ini.(*)