BLANTERORBITv102

    Kunang Kunang Tent Resort, Tempat Glamping di Banyuwangi

    Sabtu, 02 September 2023
    wisata banyuwangi
    Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi (instagram/@kunangkunangtentresort)

    SUDUTWISATA.COM- Kunang-Kunang Tent Resort adalah salah satu akomodasi di Banyuwangi yang relatif baru, dan terletak dekat dengan kawah Ijen. Menariknya, Kunang-Kunang Tent Resort mengusung konsep Glamping, yang memungkinkan tamu untuk menginap dalam tenda dengan fasilitas sekelas hotel. 

    Biasanya, tempat-tempat Glamping seperti ini menawarkan pemandangan yang menarik dan unik. Kunang-Kunang Tent Resort memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan di tepi sungai dan dalam hutan.

    BACA JUGA: Maron Valley Pujon, Glamping Tembus Pandang di Malang

    BACA JUGA: Waykambang Edupark Batang, Taman Rekreasi di Jawa Tengah

    Kunang-Kunang Tent Resort terletak di daerah Licin, lebih tepatnya di Dusun Glondok, Desa Licin, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Meskipun terletak agak dalam, namun akses ke Taman Wisata Alam Kawah Ijen tidak terlalu jauh dari jalan utama. Untuk mencapai tempat ini, bila dari  pusat Kota Banyuwangi, arahkan kendaraan anda ke arah Kawah Ijen. Kemudian lewati pintu rel kereta Sasak Perot, Pertigaan Patung Barong, Desa Olehsari, dan Pasar Glagah.

    Selanjutnya anda akan melalui jalan yang berkelok-kelok di tebing dan jurang di daerah Licin. Setelah melewati Kantor Polsek Licin, anda akan mencapai sebuah pertigaan. Ambil jalur kanan dan ikuti jalan menuju masjid yang terlihat di pinggir sawah.

    Ikuti jalan di perkampungan ini, yang akan membawa Anda melewati sawah, tanjakan, dan turunan. Kemudian, Kunang-Kunang Tent Resort akan terlihat di sebelah kiri jalan.

    Lokasinya sangat privat, terletak di lembah sungai yang dikelilingi oleh banyak pohon, termasuk pohon kayu dan pohon buah, terutama pohon durian. Bahkan menjelang siang, Anda masih bisa mendengar kicauan burung dan merasakan gemuruh arus sungai yang terus mengalir di dasar lembah ini.

    Kunang-Kunang Tent Resort benar-benar menawarkan pengalaman yang menenangkan dan dapat menjadi terapi untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

    Kunang-Kunang Tent Resort memiliki tiga jenis kamar yang berbeda: dua jenis kamar tenda glamping berbentuk setengah bola dan satu jenis kamar dalam bangunan.

    Kamar Tenda Glamping Binar memiliki luas sekitar 70m2 dengan beranda pribadi. Di dalamnya, Anda akan menemukan tempat tidur King Size beserta meja dan kursi rotan malas yang nyaman, yang berada di depan jendela untuk santai sambil menikmati pemandangan luar jendela. Kamar mandinya terletak di bagian belakang dan memiliki dinding kaca penuh di salah satu sisinya, memberikan pengalaman yang menyenangkan.

    BACA JUGA: Pesona Coban Pelangi, Air Terjun Indah di Malang

    BACA JUGA: Glamping Menoreh, Tempat Staycation Unik di Jogja

    Kamar Tenda Glamping Pendar juga menawarkan fasilitas yang mirip dengan Binar Tent. Perbedaannya adalah luasnya yang sedikit lebih kecil, sekitar 60m2, dan tidak ada meja atau kursi rotan di depan jendela. Namun, Anda masih bisa duduk dengan nyaman di atas tempat tidur.

    Tipe Kamar Bangunan adalah jenis kamar ketiga yang tersedia di Kunang-Kunang Tent Resort. Semua tiga jenis kamar ini menawarkan pengalaman menginap yang unik dan nyaman di tengah alam yang indah di sekitar Kunang-Kunang Tent Resort.

    Kamar tipe tenda di Kunang-Kunang Tent Resort sangat beragam, dan setiap tipe memiliki pemandangan yang berbeda melalui jendelanya. Beberapa kamar tenda menawarkan pemandangan yang terletak di tengah hutan, yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan pepohonan dan aliran sungai yang indah.

    wisata banyuwangi
    Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi (instagram/@kunangkunangtentresort)

    Sementara beberapa kamar tenda lainnya memiliki pemandangan yang lebih terbuka, menghadap ke arah sawah, khususnya ke arah timur. Ini memungkinkan Anda untuk menyaksikan matahari terbit dengan jelas dan menikmati spektakulernya perubahan warna langit Banyuwangi yang terkenal sebagai "Sunrise Of Java" atau Matahari Terbit Jawa. 

    Dengan banyaknya pilihan pemandangan ini, Anda dapat memilih suasana yang paling sesuai dengan preferensi Anda selama menginap di resort ini.

    Di Kunang-Kunang Tent Resort, terdapat sebuah restoran yang bernama "Alas," yang memiliki arti "hutan" karena lokasinya yang berada di sekitar lembah hutan, khususnya di bagian bawah resort dekat sungai.

    Alas Resto ini tidak hanya melayani tamu yang menginap di resort, tetapi juga menyambut tamu yang datang untuk makan di sini. Ini memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk menikmati suasana dan vibe unik yang ditawarkan oleh Kunang-Kunang Tent Resort sambil menikmati hidangan lezat di restoran Alas.

    BACA JUGA: Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    BACA JUGA: Glamping Merbabu 360, Tempat Camping dengan View 5 Gunung

    Desain arsitektur dan konsep Kunang-Kunang Tent Resort mengintegrasikan harmoni alam dan pelestarian lingkungan, sambil mengangkat keberadaan serangga kecil, seperti kunang-kunang, sebagai elemen penting dalam ekosistem.

    Selain itu, Kunang-Kunang Tent Resort menjalankan prinsip pelestarian lingkungan yang kuat dengan meminimalkan penebangan pohon di lembah dan tetap mempertahankan keberadaan tanaman yang ada di sekitarnya. Bahkan, dalam pengaturan taman dan lansekap resort, mereka berusaha untuk menggunakan dan memanfaatkan tanaman-tanaman lokal yang sudah ada.

    Kunang-Kunang Tent Resort memang merupakan pilihan yang layak jika Anda ingin bersantai dan menikmati waktu bersama orang-orang tercinta. Ketenangan lokasinya dapat menjadi bentuk self-healing yang sempurna dari kepenatan atau rutinitas sehari-hari. Harga kamar di resort ini mungkin bervariasi tergantung pada tipe kamar, musim, dan lama menginap.

    Rate harga kamar di Kunang Kunang Tent Resort yaitu mulai dari RP 1.872..922,- hingga Rp 2.153.422. Harga tersebut tentunya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola.

    Kunang-Kunang Tent Resort Banyuwangi memiliki jam check-in yang dimulai antara pukul 14.00 hingga 15.00 WIB dan jam check-out antara pukul 11.00 hingga 12.00 WIB. Resort ini menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di resort ini meliputi stopkontak, wifi gratis.

    Kemudian area parkir, restoran dan bar, area piknik, keamanan 24 jam, layanan kebersihan, live music, spa dan pusat kesehatan, protokol kesehatan dan beberapa fasilitas lainnya. Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman menginap yang nyaman dan berkesan bagi para tamu.

    Lokasi Kunang Kunang Tent Resort yang jauh dari hiruk-pikuk kota membuatnya menjadi destinasi yang sempurna untuk staycation. Tenda mewah dengan fasilitas lengkap menjamin pengalaman menginap yang tak terlupakan.

    BACA JUGA: Air Terjun Telaga Biru, Surga Tersembunyi di Lumajang

    BACA JUGA: Punjul Hill Camp, Tempat Camping Seru di Bogor

    Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuan untuk menikmati makanan sambil mendengarkan gemericik sungai, sebuah pengalaman yang sulit didapatkan di hotel-hotel lainnya. Hotel dan vila di sini memiliki kelas tersendiri dengan desain menarik.

    Meskipun Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi tidak menyediakan fasilitas seperti televisi, Anda tak perlu khawatir karena masih banyak aktivitas yang bisa dinikmati bersama keluarga, seperti mengamati kunang-kunang.

    Ini bisa menjadi kesempatan pendidikan yang baik untuk memperkenalkan hewan langka ini kepada anak-anak. Namun, perlu dicatat bahwa sebagai hotel glamping berkonsep alam yang ramah lingkungan, penangkapan kunang-kunang tidak diperbolehkan.

    Perlu juga diingat bahwa ada waktu-waktu di mana kunang-kunang mungkin tidak muncul karena kondisi cuaca. Jadi, sebaiknya Anda memilih waktu terbaik atau berkonsultasi dengan staf melalui kontak yang disediakan untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk melihat kunang-kunang.

    Bagi yang telah mengunjungi Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi, pasti setuju bahwa desain bangunannya sangat menarik dengan interior yang dirancang dengan indah. Kombinasi warna putih dan warna-warna pastel menciptakan estetika yang menawan.

    Hal yang sama berlaku untuk hidangan yang disajikan, dengan tampilan yang menarik untuk menggugah selera pengunjung. Suasana malamnya pun begitu menawan dengan cahaya lampu yang lembut, menciptakan atmosfer yang sempurna untuk berlibur bersama pasangan.

    Kolam renang tersedia untuk pengunjung yang ingin berenang. Kamar mandi di setiap kamar memiliki desain open space yang cocok untuk pasangan yang sedang honeymoon.

    BACA JUGA: Taman Langit Pengalengan, Tempat Camping Hits di Kota Bandung

    BACA JUGA: Bobocabin Gunung Mas, Tempat Staycation di Puncak

    Bagi para pencari spot foto dan pecinta fashion, tempat ini memiliki banyak spot foto yang tak akan habis-habisnya. Hampir setiap sudut di vila ini sangat Instagramable. Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi bisa dianggap sebagai permata tersembunyi di Kota Banyuwangi.

    Menemukannya mirip dengan menemukan harta karun yang sulit ditemukan di tengah keramaian kota. Ini adalah pilihan yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga pada akhir pekan sambil menikmati keindahan alam. Yuk, segera nikmati pengalaman menginap di Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi.

    Itulah informasi tentang Kunang Kunang Tent Resort Banyuwangi, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat ini.(*)