BLANTERORBITv102

    Planogram Goes To Mandalika 2023, Sarana Wisata Belanja Penonton MotoGP

    Jumat, 13 Oktober 2023
    GP Mandalika
    Seorang pengunjung berbelanja produk kreatif di planogram Goes To Mandalika 2023 di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (13/10/2023)

    SUDUTWISATA.COM- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf)  menyelenggarakan Planogram "Goes To Mandalika 2023".

    Kegiatan dilaksanakan di area antara lobby kedatangan dan keberangkatan Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada tanggal 12-16 Oktober 2023.

    BACA JUGA: Dukung Promosi Parekraf di Dunia Virtual, Kemenparekraf Luncurkan Platform WonderVerse Indonesia

    BACA JUGA: Kembangkan Destinasi Wisata IKN, Kemenparekraf Gandeng Komunitas

    Planogram "Goes to Mandalika 2023" adalah sebuah pameran interaktif yang menghadirkan 100 merek dari sektor fesyen, kriya, kuliner, dan kekayaan intelektual, yang dipilih melalui serangkaian kurasi.

    Produk-produk dari ekonomi kreatif ini mewakili berbagai daerah di Indonesia, dengan fokus khusus pada provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataannya pada Jumat (13/10/2023), menjelaskan bahwa planogram merupakan bagian dari upaya Kemenparekraf dalam mendukung event sport tourism tingkat dunia, yakni MotoGP Mandalika 2023 (IndonesianGP) yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

    "Momen bergengsi MotoGP Mandalika dan Planogram diharapkan menjadi booster bagi promosi jenama-jenama yang terlibat, sekaligus menciptakan multiplier effect yang lebih besar," terang Menparekraf Sandiaga Uno.  

    Planogram "Goes to Mandalika 2023" berisi data produk kreatif bersama dengan gambar-gambar yang relevan, serta QR Code yang akan mengarahkan pengunjung ke akun resmi para pencipta produk ini di platform penjualan nasional atau media sosial serta situs web lainnya.

    BACA JUGA: WJNC 2023 Siap Meriahkan HUT ke-267 Yogyakarta

    BACA JUGA: 18 Desa Wisata Terima Bantuan DPUP dari Kemenparekraf

    Pembelian produk kreatif dapat diselesaikan dengan metode non-tunai menggunakan QRIS yang mendapatkan dukungan dari Bank Indonesia.

    Kemudian, produk kreatif akan dikirimkan ke alamat pembeli melalui layanan ekspedisi pengiriman barang. Selain itu, tersedia juga produk display yang bisa dibeli secara langsung di lokasi.

    Planogram memberikan kemudahan dalam berbelanja dan memperluas jangkauan produk, sekaligus merupakan implementasi nyata dari strategi inovasi, adaptasi, dan kerjasama yang diperjuangkan oleh Kemenparekraf untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

    Selain itu, konsumen juga memiliki kesempatan untuk merasakan langsung pengalaman digital melalui booth Planogram.

    "Saya yakin Planogram dapat menggeliatkan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika sekitarnya, hingga dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas untuk masyarakat, yang berujung pada kebangkitan ekonomi Indonesia," tambah Sandiaga Uno.

    BACA JUGA: Menparekraf Dorong Kriya Belitung Timur Masuk E-Katalog LKPP

    BACA JUGA: Perizinan Satu Pintu untuk Konser Musik Masuk Tahap Finalisasi

    Instalasi ini berhasil terlaksana berkat kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Bank Indonesia, Angkasa Pura 1 Lombok, dan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

    Selain itu, informasi lengkap tentang 100 merek yang berpartisipasi dalam Planogram "Goes to Mandalika 2023" dapat ditemukan dalam e-katalog di tautan berikut: https://motce.id/ecatalogueplanogram.(*)