BLANTERORBITv102

    Dukung Promosi Parekraf di Dunia Virtual, Kemenparekraf Luncurkan Platform WonderVerse Indonesia

    Rabu, 11 Oktober 2023

    Kemenparekraf
    Kemenparekraf saat memperkenalkan platform WonderVerse Indonesia
    SUDUTWISATA.COM- Untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia melalui sarana virtual.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah memperkenalkan platform WonderVerse Indonesia.

    BACA JUGA: Kembangkan Destinasi Wisata IKN, Kemenparekraf Gandeng Komunitas

    BACA JUGA: WJNC 2023 Siap Meriahkan HUT ke-267 Yogyakarta

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat acara The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta pada Senin, 9 Oktober 2023, mengungkapkan bahwa perkembangan dunia virtual telah menjadi topik utama dalam beberapa tahun terakhir.

    Sekarang, sebuah inisiatif unggulan yang disebut WonderVerse Indonesia telah diluncurkan untuk memberikan peluang kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mempromosikan produk-produk mereka secara digital.

    "Kita harus menangkap peluang ini sebab ada potensi 800 miliar dolar AS di dunia digital, kita membangun sebuah paradigma baru bahwa kita berpromosi melalui dunia gaming, salah satunya disebut dunia Metaverse, untuk itu kita launching WonderVerse Indonesia, di mana saat ini kita bisa bermain mini-game di dalam WonderVerse Indonesia sekaligus sudah bisa membeli tiket pesawat, produk UMKM, menonton musik secara virtual," terang Sandi.

    Sandiaga menjelaskan bahwa pembangunan WonderVerse Indonesia bukanlah tugas yang mudah.

    Ini melibatkan proses riset yang teliti, pengerjaan yang dilakukan secara bertahap, dan pembaruan konten secara berkala untuk terus memperkaya pengalaman yang ada di dalam platform tersebut.

    "Sekarang saatnya kita, bangsa Indonesia, menangkap peluang tersebut agar bisa memberikan dampak yang luas bagi perekonomian di Indonesia," tambah Sandiaga Uno.

    BACA JUGA: 18 Desa Wisata Terima Bantuan DPUP dari Kemenparekraf

    BACA JUGA: Tingkatkan Kemampuan Pelaku Ekraf, Dinas Pariwisata Rejang Lebong Gelar Pelatihan

    Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) di Kemenparekraf/Baparekraf, yaitu Vinsensius Jemadu, menjelaskan bahwa WonderVerse Indonesia terdiri dari beberapa fitur dunia digital. Fitur-fitur tersebut mencakup Lobby, WonderReal, WonderGoods, dan WonderFun.

    "Masing-masing fitur memiliki fungsinya tersendiri. Lobby merupakan tempat berinteraksi pertama kali dengan pengguna (user) lain, melihat berbagai satwa Indonesia dan dapat berinteraksi dengan virtual assistance Bernama Maia, WonderReal merupakan etalase promosi pariwisata Indonesia dengan fitur video dan image 360 serta tempat pembelian tiket pesawat, WonderGoods merupakan etalasi promosi ekonomi kreatif Indonesia yang terdiri dari berbagai UMKM dan jenama (brand), serta WonderFun merupakan tempat user memainkan mini-games, menonton tarian serta konser music dan berbagai keseruan lainnya" terang Vinsensius Jemadu.

    Kemenparekraf
    Kemenparekraf saat memperkenalkan platform WonderVerse Indonesia

    Disisi lain, Chief Operating Officer Volare Advertising Network, Pradhana H.S, menjelaskan bahwa data terbaru menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 70 persen, dan sekitar 10 persen di antaranya telah menggunakan platform gaming dalam dunia open world dan Metaverse.

    Hal ini menciptakan peluang signifikan, karena mereka aktif bertransaksi, berinteraksi, dan berkumpul secara online setiap hari di dunia maya tersebut.

    "Platform ini berfungsi sebagai fasilitator para pelaku di industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di dunia digital, khususnya untuk mempromosikan produknya ke dalam dunia gaming, dengan harapan untuk mempromosikan Indonesia guna meningkatkan potensi jumlah kunjungan calon wisatawan dan juga meningkatkan dan mempromosikan semua bidang ekonomi kreatif terutama fesyen, kuliner, dan kriya. Harapannya platform ini menjadi fondasi bagi Indonesia untuk terus berkembang di era persaingan dunia digital dengan berbagai negara lain," terang Pradhana.

    BACA JUGA: Menparekraf Dorong Kriya Belitung Timur Masuk E-Katalog LKPP

    BACA JUGA: Dewi Coryati Gelar Pelatihan Fotografi untuk Pelaku Wisata

    Pada kesempatan yang sama, Fitria Ruswita, VP of Marketing PT. Garuda Indonesia, mengungkapkan apresiasi terhadap kolaborasi yang telah terjalin, di mana Garuda Indonesia berperan sebagai mitra yang diharapkan dapat ikut serta dalam upaya untuk mempromosikan sektor pariwisata di Indonesia.

    "Promosi ini bukan hanya untuk saat ini saja tetapi untuk masa depan kita, diharapkan kerja sama ini bisa menggeliatkan sektor pariwisata dengan cara yang berbeda," jelas Fitria Ruswita.

    Saat ini, WonderVerse Indonesia telah berhasil terintegrasi dengan Garuda Indonesia, dan sedang dalam proses pengembangan bersama dengan Warner Music Indonesia dan JakCloth.

    Selain itu, beberapa mitra UMKM juga telah berkolaborasi dengan WonderVerse Indonesia, yang mencakup subsektor utama dalam ekonomi kreatif seperti fesyen, kriya, dan kuliner.

    Kemudian, dalam upaya memaksimalkan proses pembayaran, WonderVerse Indonesia juga akan terintegrasi dengan Payment Gateway System.

    "Kami berharap dapat mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut mengembangkan dan berpartisipasi langsung di dalam WonderVerse," harap Fitria.

    BACA JUGA: Perizinan Satu Pintu untuk Konser Musik Masuk Tahap Finalisasi

    BACA JUGA: Prosedur Standar Kapal Wisata di Labuan Bajo Segera Disusun

    Ia juga berharap bahwa seluruh pemangku kepentingan, termasuk UMKM, produsen produk lokal, dan semua pihak terkait, bersedia untuk bergabung dalam platform WonderVerse Indonesia.

    Platform ini dapat diakses melalui situs web resmi di www.wonderverseindonesia.com. Selain itu, WonderVerse juga tersedia dalam bentuk unduhan khusus, terutama bagi pengguna Smartphone Android yang dapat mengakses versi early access di Google Play Store.(*)