BLANTERORBITv102

    WJNC 2023 Siap Meriahkan HUT ke-267 Yogyakarta

    Selasa, 03 Oktober 2023

     

    Kemenparekraf
    Menparekraf Sandiaga Uno

    SUDUTWISATA.COM- Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diperingati setiap tanggal 7 Oktober, akan diadakan acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC)

    Acara ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta serta untuk melestarikan seni budaya wayang.

    BACA JUGA: 18 Desa Wisata Terima Bantuan DPUP dari Kemenparekraf

    BACA JUGA: Tingkatkan Kemampuan Pelaku Ekraf, Dinas Pariwisata Rejang Lebong Gelar Pelatihan

    Wayang Jogja Night Carnival diselenggarakan dengan tujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta sambil mempromosikan dan melestarikan seni budaya wayang.

    Hal ini disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona pada tanggal 2 Oktober 2023.

    Wayang Jogja Night Carnival adalah acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

    Acara ini akan berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2023 pukul 18.30 WIB secara hybrid, dengan lokasi utama di kawasan Tugu Yogyakarta.

    "Kami dukung terus karena kalau dilihat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta sudah banyak sekali kemajuan pascapandemi," terang Sandiaga Uno.

    Wayang Jogja Night Carnival ke-8 ini merupakan salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara yang menghadirkan karnaval jalanan dengan konsep street art.

    Acara ini menggabungkan tokoh dan cerita pewayangan dengan penampilan yang melibatkan seni koreografi, busana, dan musik kontemporer, menciptakan pengalaman yang unik dan menarik.

    BACA JUGA: Menparekraf Dorong Kriya Belitung Timur Masuk E-Katalog LKPP

    BACA JUGA: Dewi Coryati Gelar Pelatihan Fotografi untuk Pelaku Wisata

    Tema yang diusung dalam Wayang Jogja Night Carnival tahun 2023 adalah "Pandawa Mahabiseka". Tema ini mencerminkan filosofi kepemimpinan yang bijaksana dan juga menyampaikan perasaan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Pj. Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, juga menambahkan bahwa dalam penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival tahun ini, akan disediakan tribun khusus sebagai bentuk apresiasi.

    Panitia telah menyiapkan 400 kursi berbayar dengan harapan dapat memberikan pengalaman yang aman dan nyaman bagi wisatawan yang menonton pertunjukan Wayang Jogja Night Carnival.

    "Saya ingin mengajak seluruh wisatawan untuk bisa datang ke Yogyakarta menikmati Wayang Jogja Night Carnival dan tentunya saya mengundang Mas Menteri untuk datang ke WJNC. Karena kita punya target 40 ribu lebih wisatawan yang datant menikmati pertunjukan ini," terang Singgih

    Singgih juga mengatakan kepada wisatawan bahwa mereka tidak perlu khawatir tentang ketersediaan kamar hotel.

    Yogyakarta memiliki berbagai pilihan penginapan yang dapat menjadi alternatif bagi wisatawan, mulai dari hotel bintang tiga hingga lima, serta homestay yang tersedia di berbagai kampung wisata.

    "Kampung wisata sangat welcome dengan wisatawan dan pilihannya cukup banyak," tambah Singgih

    BACA JUGA: Perizinan Satu Pintu untuk Konser Musik Masuk Tahap Finalisasi

    BACA JUGA: Prosedur Standar Kapal Wisata di Labuan Bajo Segera Disusun

    Kadispar Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, menyatakan kesiapannya untuk menggerakkan seluruh potensi UMKM ekonomi kreatif di Kota Yogyakarta. 

    Kota ini dikenal dengan keunggulannya dalam bidang kuliner, fesyen, dan kriya, dan pihaknya berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan sektor-sektor tersebut.

    "Ada kelompok UMKM yang siap untuk meramaikan kegiatan ini. Kami juga menantikan kehadiran Mas Menteri untuk membersamai seluruh masyarakat Kota Yogyakarta yang sedang akan merayakan HUT ke-267," Ungkap Wahyu.(*)