BLANTERORBITv102

    Pendopo Ciherang, Tempat Staycation dan Kuliner di Bogor

    Sabtu, 10 Februari 2024
    wisata bogor
    Pendopo Ciherang Bogor (instagram/@pendopociherang)

    SUDUTWISATA.COM- Pendopo Ciherang merupakan sebuah akomodasi penginapan dan kafe yang berlokasi di tepi sungai di kawasan Babakan Madang, Bogor. Tempat wisata ini baru dibuka pada pertengahan tahun 2020 dan meskipun tidak terlalu jauh dari perkotaan, tetapi menawarkan suasana alam yang segar dan asri.

    Sama seperti banyak tempat wisata lainnya di Bogor, Pendopo Ciherang mengadopsi tema alam sebagai daya tarik utamanya. Dengan menggabungkan konsep staycation yang sedang populer di kalangan kaum muda dan keindahan alam sekitarnya, Pendopo Ciherang menjadi destinasi yang menarik.

    BACA JUGA: Cigwa Indonesia, Destinasi Wisata Lengkap di Bogor

    BACA JUGA: Nicole's River Park Bogor, Wisata Berkonsep One Stop Recreation Park

    Namun, meskipun namanya adalah Ciherang, bukan berarti lokasinya berdekatan dengan Curug Ciherang. Sebaliknya, tempat wisata ini berdekatan dengan beberapa destinasi menarik lainnya seperti Curug Leuwi Asih, Curug Putri Kencana, Curug Mutiara, Curug Undak Tiga, dan Leuwi Hejo.

    Pemandangan di Pendopo Ciherang sangat menakjubkan karena terletak di tepi sungai yang menawarkan panorama indah berupa gunung dan hutan hijau yang memikat mata.

    Lokasi Pendopo Ciherang

    Pendopo Ciherang berlokasi di Babakan Madang, Kota Bogor, tepatnya di Jalan Wangun Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

    Akses menuju tempat ini cukup mudah karena tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bogor. Dengan jarak sekitar 22 km, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi.

    wisata bogor
    Pendopo Ciherang Bogor (instagram/@pendopociherang)

    Lokasinya searah dengan Leuwi Hejo dan Leuwi Cepet, memudahkan para pengunjung untuk menemukan destinasi wisata ini.

    Tiket Masuk Pendopo Ciherang

    Bagi wisatawan yang berencana untuk mengunjungi Pendopo Ciherang, baik untuk mengeksplorasi spot foto yang instagramable maupun untuk menginap, berikut adalah rincian biaya tiket masuk:

    Tiket Masuk Anak: Rp25.000

    Tiket Masuk Dewasa: Rp30.000

    Tiket Masuk Family (untuk keluarga): Rp100.000

    Tiket Masuk Berenang: Rp15.000

    BACA JUGA: Kopi Tubing, Destinasi Wisata Super Lengkap di Bogor

    BACA JUGA: Bukit Bentang Land, Kabin Kayu Bergaya Skandinavia di Bogor

    Dengan informasi ini, wisatawan dapat merencanakan kunjungan mereka sesuai dengan anggaran dan preferensi masing-masing. Harga tiket juga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari pengelola.

    Jam Buka Pendopo Ciherang

    Pendopo Ciherang terbuka untuk umum setiap hari. Bagi pengunjung yang tidak berniat menginap, tempat ini buka dari pagi hingga sore. Namun, perlu diperhatikan bahwa area sungai akan ditutup jika cuaca tidak mendukung, oleh karena itu, disarankan untuk menghindari kunjungan saat musim hujan.

    Berikut adalah jadwal jam buka Pendopo Ciherang:

    Senin - Jumat: 08.00 - 17.00

    Sabtu - Minggu: 08.00 - 20.00

    Dengan informasi ini, pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka sesuai dengan jadwal operasional Pendopo Ciherang.

    Daya Tarik Pendopo Ciherang

    1. Bermain di Tepi Sungai

    Jika Anda merindukan suasana tepi sungai yang menenangkan, Pendopo Ciherang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan sungai yang indah dengan air yang jernih dan arus yang tenang.

    wisata bogor
    Pendopo Ciherang Bogor (instagram/@pendopociherang)

    Sungai ini terhias dengan bebatuan alami berbagai ukuran, menambah pesona alamnya. Ditambah lagi, pemandangan sekitarnya berupa lembah dan Gunung Pancar menambah keindahan alam yang ada.

    BACA JUGA: Warso Farm Bogor, Wisata Petik Buah & Kuliner di Bogor

    BACA JUGA: Lenirra Villa & Resto Bogor, Penginapan dan Restoran dengan Pelayanan Hotel Berbintang

    Suara gemericik air sungai bisa membuat pikiran menjadi lebih segar, menciptakan suasana yang cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran.

    Terdapat juga jembatan kayu yang melintasi sungai dengan teralis pada bagian tepinya. Jembatan ini cocok sebagai spot foto yang instagramable, dan anak-anak dapat menikmati keseruan dengan tetap dalam pengawasan orang tua.

    Selain berfoto-foto di atas jembatan, Anda juga dapat bermain air di sungai yang ada di Pendopo Ciherang.

    Jangan lupa untuk berfoto di depan penginapan yang memiliki bangunan unik. Bangunan penginapan di Pendopo Ciherang memiliki warna merah kayu yang cantik, dengan beberapa bangunan berbentuk joglo dan rumah panggung khas Minangkabau.

    Ada juga fasilitas menarik lainnya yang patut dicoba, yaitu kolam renang. Meskipun dikenakan biaya tambahan, kolam renang ini bukan hanya untuk pengunjung yang menginap di penginapan. Jadi, Anda dapat bersenang-senang berenang tanpa harus menginap di sini.

    2. Cafe

    Jika lapar setelah menjelajahi setiap sudut Pendopo Ciherang, wisatawan tak perlu khawatir! Ada fasilitas kafe yang sangat nyaman untuk makan, minum kopi, atau sekadar bersantai.

    wisata bogor
    Pendopo Ciherang Bogor (instagram/@pendopociherang)

    Aktivitas makan dan minum kopi akan terasa lebih nikmat karena dekat dengan sungai, ditambah lagi dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

    Kafe ini menawarkan beragam menu makanan dan minuman yang bervariasi, dengan harga yang sesuai dengan standar kafe. Dengan demikian, wisawatan dapat menikmati hidangan dan minuman favorit sambil menikmati suasana alam yang asri di sekitar Pendopo Ciherang.

    BACA JUGA: HeHa Waterfall Bogor, Air Terjun Buatan Pertama dan Terbesar di Indonesia

    BACA JUGA: Ngopi Di Sawah, Cafe Tengah Sawah di Bogor

    3. Penginapan

    Pendopo Ciherang menawarkan 5 tipe penginapan dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang paling terjangkau hingga yang paling mahal. Setiap tipe penginapan memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari yang bertipe minimalis, Joglo, hingga yang menyerupai rumah adat Minang.

    Penginapan ini menyediakan berbagai kapasitas kamar, mulai dari untuk 2 orang hingga 4 orang. Warna bangunan penginapan didominasi oleh warna kayu, menciptakan suasana yang hangat dan alami.

    Berikut adalah rincian harga dan fasilitas untuk setiap tipe penginapan:

    1. Rumah 1

    Harga Rp 950.000 untuk 2 Orang

    fasilitas

    1 kamar tidur

    1 kamar mandi di dalam

    Sarapan, makan siang, dan makan malam

    2. Rumah 2

    Harga Rp 950.000 untuk 2 Orang

    fasilitas

    1 kamar tidur

    1 kamar mandi di dalam

    Sarapan, makan siang, dan makan malam

    wisata bogor
    Pendopo Ciherang Bogor (instagram/@pendopociherang)

    3. Rumah 3 

    Harga Rp 1.850.000 untuk 4 Orang

    fasilitas

    1 kamar tidur di lantai atas

    1 kamar mandi di luar

    Sarapan, makan siang, dan makan malam

    4. Rumah 4

    Harga Rp 1.350.000 untuk 4 Orang

    fasilitas

    2 kamar tidur

    1 kamar mandi di dalam

    Sarapan, makan siang, dan makan malam

    BACA JUGA: Richie The Farmer, Destinasi Wisata Berkonsep Peternakan Ala Amerika

    BACA JUGA: Mini Mania Puncak, Taman Wisata dengan 80 Miniatur Ikon Dunia

    5. Rumah 5 

    Harga Rp 1.350.000 untuk 4 Orang

    fasilitas

    2 kamar tidur

    1 kamar mandi di dalam

    Sarapan, makan siang, dan makan malam

    Dengan berbagai pilihan ini, wisatawan dapat memilih tipe penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran saat mengunjungi Pendopo Ciherang.

    4. Galeri Mini & Flying Fox

    Sebagai tambahan wahana rekreasi, Pendopo Ciherang menawarkan sebuah galeri yang menarik. Terdapat setidaknya dua galeri kecil yang menampilkan tema seputar Indonesia.

    Di dalam galeri ini, wisatawan akan menemukan berbagai foto presiden Indonesia, koleksi figurin pesawat tempur, serta senjata tradisional yang menarik untuk disaksikan.

    Selain galeri, Pendopo Ciherang juga menawarkan wahana flying fox yang terbentang di atas sungai. Wahana ini cocok bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin mereka.

    Meskipun treknya tidak terlalu panjang, tinggi flying fox ini cukup membuat badan gemetar, memberikan sensasi yang menegangkan namun menyenangkan bagi para pengunjung.

    Fasilitas Pendopo Ciherang

    Pendopo Ciherang menawarkan beragam fasilitas utama dan rekreasi tambahan untuk memenuhi kebutuhan dan hiburan pengunjung. Fasilitas utama termasuk penginapan, kolam renang, dan kafe.

    wisata bogor
    Pendopo Ciherang Bogor (instagram/@pendopociherang)

    Selain itu, terdapat juga area sungai yang menawarkan suasana alam yang menenangkan, galeri mini dengan tema seputar Indonesia, dan wahana flying fox untuk pengalaman rekreasi yang menarik.

    BACA JUGA: Cimory Dairyland Puncak, Hadirkan Konsep Peternakan Eropa dan Amerika

    BACA JUGA: Kuntum Farmfield, Wisata Edukasi di Bogor

    Pendopo Ciherang juga menyediakan sarana pendukung seperti area parkir yang luas, toilet yang bersih, dan musala bagi pengunjung yang membutuhkan tempat beribadah.

    Tidak hanya itu, ada juga penampilan live music di hari-hari tertentu yang menambahkan keseruan dan hiburan bagi para pengunjung. Dengan berbagai fasilitas dan rekreasi yang ditawarkan, Pendopo Ciherang menjadi destinasi yang lengkap untuk bersantai dan menikmati liburan.

    Itulah informasi tentang Pendopo Ciherang salah satu tempat wisata dan staycation di Bogor. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)