BLANTERORBITv102

    6 Wisata di Kabupaten Kepahiang yang Wajib Dikunjungi

    Jumat, 01 September 2023
    wisata kepahiang
    Tugu Kopi Kota Kepahiang (instagram/@curup_online)

    SUDUTWISATA.COM- Kabupaten Kepahiang terletak di Provinsi Bengkulu dan sebelum didirikan secara resmi pada 7 Januari 2004, wilayah ini merupakan bagian dari Kabupaten Rejang Lebong.

    Kabupaten ini mayoritas dihuni oleh masyarakat Suku Rejang dan terdiri dari 8 kecamatan serta 117 desa dan kelurahan. Ibukota Kabupaten Kepahiang terletak di Kabupaten Kepahiang sendiri.

    BACA JUGA: 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu

    BACA JUGA: 5 Situs Peninggalan Sejarah di Bengkulu

    Wilayah Kabupaten Kepahiang terletak di daerah pegunungan dan dilintasi oleh beberapa sungai, termasuk Sungai Musi, yang merupakan hulu dari Sungai Musi yang mengalir hingga Kota Palembang Sumatera Selatan.

    Sama halnya dengan dengan daerah-daerah lain, saat ini sektor pariwisata di Kabupaten Kepahiang terus tumbuh dan berkembang. Hal tersebut terlihat dari ramainya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kepahiang.

    Bila sebelumnya kita telah membahas 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu, kali ini kita akan membahas beberapa wisata selain wisata air terjun yang ada di Kabupaten Kepahing. Wisata apa saja yang bisa wisatawan kunjungi saat berada di Kepahiang, berikut ulasannya.

    1. Perkebunan Teh Kabawetan

    wisata kepahiang
    Kebun Teh Kabawetan (instagram/@jojo_hutagalung)
    Obyek wisata ini menawarkan keindahan hamparan pemandangan yang indah penuh kehijauan dan udara yang sejuk di lereng-lereng perbukitan. Jaraknya kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Kepahiang atau 82 kilometer dari kota Bengkulu. Udara yang sejuk, pagi yang berkabut, serta panorama alam yang indah ditawarkan bagi siapapun yang mengunjungi kawasan wisata ini.

    Kebun teh kabawetan sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kepahiang. Perkebunan Teh Kabawetan berada di Kecamatan Kabawetan ini memiliki luas 360.000 hektar dan berada di ketinggian 600 sampai 1000 meter di atas permukaan laut.

    Kebun Teh Kabawetan ini berada diperbukitan tepatnya di punggungan Bukit Barisan. Lokasinya yang berada di perbukitan tersebt  membuat udaranya terasa lembab dan sejuk. Kemudian  suasana alam dan eksotis akan dirasakan terutama saat pagi dan sore hari karena di lokasi wisata Kebun Teh Kabawetan ini wisatawan bisa menikmati sunrise atau matahari terbit di pagi hari maupun sunset matahari terbenam saat sore hari. 

    BACA JUGA: 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    BACA JUGA: 6 Air Terjun yang ada di Desa Belitar Seberang Bengkulu

    Objek wisata ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda yang terletak di Kabupaten Kepahiang, dan saat ini menjadi simbol khas dari kota tersebut. Kebun Teh Kabawetan ini saat ini lebih dikenal dengan nama "Kepahiang Mountain Valley" setelah pemasangan plang dengan tulisan tersebut di tengah-tengah perkebunan teh.

    2. Wisata Edukasi Puspa Langka

    wisata kepahiang
    Taman Konservasi Puspa Langka (instagram/@holidin3)
    Kabupaten Kepahiang merupakan habitat bunga terbesar di dunia yaitu Bunga Rafflesia terutama jenis Rafflesia Arnoldi. Hal tersebut karena seringnya ditemukannya bunga khas Provinsi Bengkulu mekar di Kabupaten Kepahiang terutama di kawan Hutan Lindung Bukit Daun.

    Selain habitat dari tumbuhnya Bunga Rafflesia, di Kabupaten Kepahiang juga terdapat taman konservasi bunga langka yaiti Bunga Bangka atau Amorphopalus. Taman wisata ini berada di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang dan dikelola secara pribadi oleh salah satu masyarakat Kabupaten Kepahiang. Di Kawasan ini ditaman beberapa pohon bunga bangka khususnya jenis Amorphophallus titanun yang merupaka bunga bangkai terbesar di dunia.

    3. Pesona Bukit Hitam

    wisata kepahiang
    Kawah Bukit Hitam (instagram/@ochan_inst)
    Kawasan Bukit Hitam yang masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba menjadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi saat berada di Kabupaten Kepahiang. 

    Untuk mencapai Bukit Hitam, Anda dapat memulai perjalanan dari kota Bengkulu menuju Kepahiang dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam. Setelah sampai di Kepahiang, lanjutkan perjalanan menuju Desa Wisata Air Sempiang, yang berjarak sekitar satu jam dari sana. Selama perjalanan, Anda akan menikmati udara sejuk, merdu kicauan burung, serta panorama kebun teh dan pegunungan yang memukau.

    Setibanya di pos pendakian, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalur tanah. Bukit Hitam memiliki empat atraksi menarik yang dapat dinikmati, yaitu Air Terjun Bidadari, Air Terjun Dua Putri, Kawah Air Panas, dan Puncak Bukit Hitam.

    BACA JUGA: Wisata Kuliner Air Manna Bengkulu Selatan

    BACA JUGA: 9 Tempat Wisata Ramah Anak di Rejang Lebong

    Biaya untuk mendaki di Bukit Hitam hanya sekitar Rp5 ribu per orang. Pastikan Anda telah menyiapkan perlengkapan dan bekal yang diperlukan untuk mendaki di sana agar perjalanan Anda lebih nyaman dan aman.

    4. Sky Walk Air Terjun Tirta Mandiri

    wisata kepahiang
    Sky Walk Air Terjun Tirta Mandiri (instagram/@hallo.iqball)
    Taman rekreasi yang dikenal dengan nama Wisata Tangsi Duren terletak di Desa Tangsi Duren, Kabawetan, Kepahiang. Tempat ini tidak hanya menawarkan taman rekreasi yang menarik, tetapi juga memiliki air terjun tersembunyi yang berada di bawah kawasan taman tersebut. Ini adalah kombinasi yang lengkap, bukan? Bisa dibilang, dengan satu kunjungan, Anda bisa mengeksplor dua atraksi sekaligus.

    Untuk masuk dan menikmati keindahan taman wisata ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per motor dan Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- per orang. Taman ini memiliki jembatan berwarna-warni yang memberikan nuansa yang menyenangkan, sementara pemandangan langsung menghadap ke deretan perbukitan, menciptakan suasana yang nyaman untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

    5. Danau Suro

    wisata kepahiang
    Danau Suro (instagram/@roycevanakbar)
    Danau Suro adalah salah satu danau yang terletak di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Lebih tepatnya, Danau Suro berada di Desa Suro Ilir, Kecamatan Ujan Mas.

    Awalnya, Danau Suro merupakan danau buatan yang terbentuk akibat pembendungan Sungai Musi untuk Pembangkit Tenaga Listrik (PLTA). Namun, seiring berjalannya waktu, Danau Suro tidak hanya digunakan untuk PLTA, melainkan juga menjadi tempat untuk bersantai dan rekreasi. Atmosfer kembali ke alam sangat kuat terasa di sini.

    Danau Suro Kepahiang memiliki luas sekitar 1.800 meter persegi, dengan kedalaman sekitar 4-6 meter kubik. Setelah PLTA Musi ini diresmikan oleh Presiden pada tahun 2006, danau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama karena kealamian dan keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik. Untuk mencapai Danau Suro dari Kota Bengkulu, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 57 menit dengan mobil, menempuh jarak sekitar 73 kilometer.

    BACA JUGA: Lima Danau di Curup Bengkulu, Nomor 4 Unik dan Alami

    BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Curup Bengkulu

    6. Tebing Wetan

    wisata kepahiang
    Tebing Wetan (instagram/@alinda_sha1)
    Tebing Wetan merupakan salah satu spot wisata yang ada di dalam kawasan Perkebun Teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Tempat wisata ini menampilkan pemandangan kebun teh yang hijau membentang terlihat di segala penjuru.

    Selain pemandangan perkebunan teh, daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah tersedianya berbagai spot foto yang instagramable serta wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah wisatawan.

    Untuk masuk ke kawasan wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp 5 ribu sebagai biaya tiket masuk. Lokasinya juga sangat dekat dengan pusat Kota Kabupaten Kepahiang, hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan dari pusat kota.

    Itulah 6 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang yang bisa anda kunjungi, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berwisata di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.(*)