BLANTERORBITv102

    Nimo Highland, Wisata Alam Kekinian di Bandung

    Sabtu, 21 Oktober 2023
    wisata bandung
    Nimo Highland Bandung (instagram/@herufadhill)

    SUDUTWISATA.COM- Nimo Highland Bandung adalah destinasi pariwisata yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan, fasilitas yang komprehensif, dan beragam kegiatan seru bagi para pengunjung. Lokasi wisata ini telah menjadi salah satu destinasi favorit di Bandung.

    Nimo Highland Bandung adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di kawasan pegunungan. Bandung, yang sering disebut sebagai "Paris Van Java," selalu menghadirkan keindahan alam yang tak pernah habis untuk dijelajahi.

    BACA JUGA: Orchid Forest Bandung, Taman Angrek Terluas di Indonesia

    BACA JUGA: Cabinite Pangalengan, Tempat Staycation Berasa Swiss di Bandung

    Di tengah gemerlap kota yang sibuk, terselip destinasi alam yang menawarkan pesona dan kesegaran udara pegunungan. Nimo Highland Bandung adalah salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi oleh para pencinta alam dan keindahan.

    Nimo Highland Bandung merupakan proyek dari PT Nimo Rekreasi Indonesia yang bertujuan untuk memberikan opsi wisata yang menarik di wilayah Bandung Selatan.

    Terletak pada ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut, Nimo Highland Bandung menawarkan suasana udara yang sejuk dan pemandangan yang memukau kepada para pengunjung.

    Nimo Highland Bandung memiliki dua area utama, yaitu area atas dan area bawah. Di area atas, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Sedangkan di area bawah, terdapat beragam wahana hiburan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

    Lokasi Nimo Highland Bandung

    Alamat Nimo Highland terletak di kawasan Gunung Nini, Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasinya berada di dalam wilayah perkebunan teh Malabar (PTPN VIII).

    Ada dua alternatif rute yang dapat Anda pilih jika Anda merasa bingung untuk mencapai Nimo Highland Bandung rute pertama melalui soreang- banjaran yaitu saat keluar dari tol Soreang - Pasirkoja (Soreang) Lanjutkan melalui jalan Soreang - Banjaran. Setibanya di pertigaan terminal Banjaran, belok kanan dan terus melalui Ciamung menuju Gunung Nini.

    Kemudian rute kedua melalui Buah Batu=Baleendah yaitu saat keluar dari tol Buah Batu, belok kanan menuju Baleendah. Setelahl lanjutkan perjalanan melewati Banjaran, Cimaung, dan menuju Gunung Nini.

    BACA JUGA: Ranca Upas Bandung, Destinasi Alam Terbaik di Ciwidey

    BACA JUGA: The Great Asia Africa Park, Tempat Wisata dengan Ikon 7 Negara

    Tiket Masuk Nimo Highland Bandung

    Harga tiket masuk Nimo Highland Bandung sangat terjangkau dan bervariasi tergantung pada usia pengunjung yaitu mulai dari Rp 25.000,- hingga Rp 175.000,-.

    Untuk anak-anak di bawah usia 4 tahun tidak perlu membayar tiket masuk. Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu memperhitungkan biaya tambahan untuk bermain wahana dan biaya parkir kendaraan. Pastikan untuk memeriksa harga wahana dan tarif parkir yang berlaku di tempat wisata tersebut sebelum mengunjunginya.

    Berikut ini adalah rincian tentang harga tiket masuk dan beberapa aktivitas serta biaya parkir:

    1. Tiket Masuk:

    Dewasa (Weekdays): Rp35.000,00

    Dewasa (Weekend): Rp40.000,00

    Anak (Weekdays): Rp25.000,00

    Anak (Weekend): Rp30.000,00

    2. Aktivitas Tambahan:

    Premium Sunrise (Dewasa): Rp75.000,00

    Premium Sunrise (Anak): Rp55.000,00

    Paintball: Rp60.000,00 - Rp100.000,00

    ATV: Rp60.000,00 - Rp175.000,00

    Berkuda: Rp25.000,00

    Virtual Reality (Weekdays): Rp30.000,00

    Virtual Reality (Weekend): Rp35.000,00

    3. Biaya Parkir:

    Parkir motor: Rp5.000,00

    Parkir mobil: Rp10.000,00

    Parkir bus: Rp20.000,00

    BACA JUGA: Floating Market Lembang, Tempat Wisata Keluarga di Bandung

    BACA JUGA: Kawah Putih Ciwidey, Wisata Paling Populer di Bandung

    Apabila wisatawan berencana untuk menginap di Glamping Nimo Highland, di bawah ini adalah perkiraan harga per malam untuk glamping penginapan: 

    1. Shinta Corner:

    Tipe Pinus: Rp 855.000,00 - Rp 1.240.000,00

    Tipe Mahoni: Rp 385.000,00 - Rp 632.500,00

    Tipe Jati: Rp 975.000,00 - Rp 1.370.000,00

    Tipe Cemara: Rp 1.075.000,00 - Rp 1.860.000,00

    Tipe Palm: Rp 690.000,00 - Rp 972.000,00

    Tipe Family Room: Rp 2.890.000,00 - Rp 3.480.000,00

    2. Lainnya:

    Kyoomi: Rp 420.000,00 - Rp 570.000,00

    Bungalow Suite: Rp 1.300.000,00 - Rp 1.960.000,00

    Bungalow VIP: Rp 860.000,00 - Rp 1.770.000,00

    Harga-harga tersebut mungkin dapat berubah tergantung pada musim dan faktor-faktor lain atau sesuai dengan kebijakan dari pengelola Nimo Highland Bandung.

    Jam Buka Nimo Highland

    Nimo Highland Bandung memiliki jadwal jam buka yang berbeda antara hari biasa dan akhir pekan. Berikut adalah jadwalnya:

    Hari biasa (Weekday): Jam buka: 09.00 - 17.00 WIB

    Akhir pekan (Weekend): Jam buka: 05.00 - 18.00 WIB

    wisata bandung
    Nimo Highland Bandung (instagram/@herufadhill)

    Penting untuk diingat bahwa saat akhir pekan, jumlah pengunjung mungkin lebih banyak, dan ada kesempatan khusus untuk menikmati matahari terbit premium.

    BACA JUGA: Astakaia Cottage Bandung, Penginapan Bernuansa Bali di Bandung

    BACA JUGA: De Ranch Bandung, Tempat Wisata Berkonsep Ala Cowboy

    Daya Tarik Nimo Highland Bandung

    1. Pemandangan yang Indah

    Dengan letaknya yang berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Nini, Nimo Highland menawarkan suasana yang sangat sejuk. Keindahan alam sekitarnya semakin ditingkatkan oleh keberadaan kebun teh yang terkenal di Bandung, yaitu Pangalengan.

    Pemandangan sekitar yang dihiasi oleh hijaunya perkebunan teh di bawah langit yang cerah memberikan pesona tersendiri. Setiap sudut kawasan wisata ini cocok menjadi latar belakang yang sempurna untuk mengambil foto indah.

    Kawasan objek wisata Nimo Highland Bandung terbagi menjadi dua area, yaitu area atas dan area bawah. Para wisatawan memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi keduanya sesuai keinginan mereka.

    Di area bawah, para pengunjung akan menemukan food court yang menyediakan berbagai pilihan makanan, serta fasilitas umum seperti toilet dan mushola untuk kenyamanan mereka

    Area bawah memang dirancang khusus bagi wisatawan yang ingin menikmati berbagai wahana hiburan yang seru. Sementara itu, di area atas, wisatawan akan menemukan beragam fasilitas yang menyediakan pengalaman yang berbeda. Terdapat kafe, restoran food corner, dan banyak spot foto yang menakjubkan di ketinggian.

    Ini memungkinkan wisatawan untuk mengabadikan momen mereka dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang begitu dramatis. Tambahan lagi, di area atas juga terdapat penyewaan kostum ala Eropa, memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk tampil lebih menarik dalam foto-foto mereka. Semua ini menciptakan pengalaman yang tak terlupakan di Nimo Highland Bandung.

    BACA JUGA: The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Kekinian di Bandung

    BACA JUGA: Arjasari Rock Hill, Tempat Olahraga Sekaligus Rekreasi di Bandung

    2. Nimo Sky Bridge

    Ikon yang sangat unik dan menjadi daya tarik utama di Nimo Highland Bandung adalah Nimo Sky Bridge. Nimo Sky Bridge adalah sebuah jembatan berbentuk huruf U yang membentang sepanjang 150 meter. Bahkan, jembatan ini mengklaim sebagai jembatan terpanjang di Bandung.

    wisata bandung
    Nimo Highland Bandung (instagram/@_kopites_man)

    Daya tampung jembatan ini mencapai hingga 400 orang sekaligus, sehingga para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan sambil menyeberangi jembatan ini. Jembatan ini menjadi salah satu ciri khas dan titik fokus utama dari destinasi ini.

    Di Nimo Sky Bridge, para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa dalam sudut pandang 360 derajat. Mereka dapat melihat kebun teh Malabar yang indah, hutan pinus, hutan alam, dan Situ Cileunca dari jembatan ini.

    Jembatan ini menjadi daya tarik utama bagi mereka yang mencari momen matahari terbit dan terbenam, dan sering kali kawasan ini ramai oleh para fotografer yang berusaha mendapatkan foto-foto terbaik. Terlebih lagi, saat pagi hari, kabut tipis yang menyelimuti daerah ini menambahkan nuansa keindahan yang lebih mendalam pada pemandangan tersebut.

    Keunikan tambahan di Nimo Sky Bridge adalah adanya sebuah bangunan berkubah yang berada di tengah jembatan. Bangunan berkubah ini sebenarnya telah berdiri sejak lama. Pada masa lalu, Boscha menggunakan bangunan ini untuk memantau para petani di kebun teh.

    Sebagai hasilnya, pengelola destinasi ini memutuskan untuk mempertahankan bangunan tersebut dan bahkan memperindahnya, sehingga kini menjadi salah satu elemen menarik dan bersejarah di Nimo Sky Bridge. Keputusan ini memberikan nilai tambah pada pengalaman pengunjung dan menambah daya tarik serta keunikannya.

    BACA JUGA: Ciater Highland Resort, Destinasi Wisata Keluarga di Subang

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    3. Jelajah Nimo Highland

    Selain berfoto, para wisatawan yang berkunjung ke Nimo Highland juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi kawasan ini lebih dalam. Terdapat berbagai wahana seperti ATV dan berkuda yang dapat dipilih untuk menjelajah daerah tersebut.

    Bagi mereka yang mencari pengalaman yang lebih menantang, dapat mencoba perjalanan menggunakan ATV. Wahana ATV ini juga memiliki berbagai pilihan berdasarkan jarak atau tingkat kesulitan yang diinginkan oleh pengunjung, sehingga mereka dapat menyesuaikan petualangan mereka sesuai dengan preferensi dan tingkat keterampilan. 

    Terdapat pilihan beragam jarak perjalanan untuk wahana ATV di Nimo Highland Bandung, termasuk jarak pendek, sedang, dan jarak panjang. Bagi mereka yang mencari tantangan lebih besar, dapat memilih jarak panjang untuk menjelajahi kawasan dengan lebih puas dan seru.

    wisata bandung
    Nimo Highland Bandung (instagram/@reni.haryati)

    Sementara itu, bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu dengan lebih santai, ada opsi untuk berkuda. Tersedia kuda yang khusus disediakan untuk anak-anak dan juga untuk dewasa.

    Tidak perlu khawatir, karena setiap perjalanan akan didampingi oleh pawang yang berpengalaman, menjadikan pengalaman berkuda ini lebih aman dan menyenangkan untuk semua pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa.

    4. Wisata Kuliner 

    Bagi para pecinta wisata kuliner, Nimo Highland Bandung menawarkan berbagai pilihan restoran dan kafe yang unik untuk menikmati suasana sekitar:

    Santorini Restaurant

    Restoran ini mengadopsi konsep bangunan ala Santorini di Yunani dan menyajikan hidangan khas Sunda serta menu ala barat. Selain menikmati kuliner, para wisatawan juga dapat mengabadikan momen dengan latar belakang bangunan yang unik ini.

    BACA JUGA: Terminal Wisata Grafika Cikole, Destinasi Wisata Berkonsep 3 in 1 di Bandung

    BACA JUGA: Taman Langit Pengalengan, Tempat Camping Hits di Kota Bandung

    Rumah Indian Cafe

    Jika Anda hanya ingin menikmati camilan, Anda bisa mengunjungi kafe Rumah Indian. Tempat ini menawarkan pengalaman unik dengan area makan yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Bean bag warna-warni yang tersedia di sana juga menambahkan keseruan pada suasana.

    wisata bandung
    Nimo Highland Bandung (instagram/@egafrdyant)

    Shady Cafe

    Bagi yang berada di sana pada sore hari, Shady Cafe menjadi pilihan yang tepat. Kafe ini dikenal dengan sajian kopi Nusantaranya yang khas. Pecinta kopi pasti akan menikmati waktu yang lama di kafe ini, terutama saat menikmati secangkir kopi hangat di tengah suasana sejuk pegunungan yang menambahkan kenikmatan tersendiri.

    Fasilitas Nimo Highland Bandung

    Meskipun relatif baru, Nimo Highland Bandung telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi para pengunjungnya. Fasilitas umum seperti toilet dan musala tersedia dengan kondisi yang baik, menjaga kenyamanan para pengunjung. Selain itu, tersedia lahan parkir yang memadai.

    Pengelola juga telah memperhatikan kenyamanan para pengunjung dengan menyediakan shuttle antar-jemput gratis dari kawasan parkir ke Nimo Highland. Hal ini sangat berguna mengingat jaraknya yang cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki. Ini adalah langkah yang baik untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini.

    Sebelum berkunjung ke Nimo Highland, ada beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan yaitu tidak boleh membawa makanan dari luar, kemudian tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan dan tidak boleh membawa tikar dan speaker.

    BACA JUGA: Sonten Resort, Tempat Staycation Nyaman di Ciwidey

    BACA JUGA: Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    Itulah informasi tentang Nimo Highland salah satu tempat wisata yang ada di Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)