BLANTERORBITv102

    Pesona Curug Embun, Air Terjun Paling Hits di Kepahiang

    Senin, 16 Oktober 2023
    wisata kepahiang
    Air Terjun Curug Embun Kepahiang (instagram/@fianbkl)

    SUDUTWISATA.COM- Air Terjun Curug Embun adalah salah satu dari 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu. Curug Embun termasuk dalam kategori objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

    Curug Embun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, sehingga suara gemuruh air jatuhannya terdengar sangat kuat dan menggema, menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung.

    BACA JUGA: Kebun Teh Kabawetan Kepahiang

    BACA JUGA: 6 Wisata di Kabupaten Kepahiang yang Wajib Dikunjungi

    Selain itu, kekuatan aliran air di Curug Embun Kepahiang juga cukup deras, yang menghasilkan percikan air yang berhamburan ke segala penjuru di sekitarnya. Hal ini menciptakan suasana di mana seluruh area di sekitar air terjun terasa seperti tenggelam dalam embun pagi.

    Para wisatawan yang berada di dekatnya secara otomatis akan merasakan sensasi basah-basahan ketika terkena percikan air dari air terjun ini, menambah keseruan pengalaman mereka selama kunjungan ke Curug Embun.

    Suasana alam di Curug Embun sangat alami dan tenang, jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencari kesempatan untuk refreshing dan healing, serta melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

    Kondisi udara yang sangat bersih dan segar di sini juga dapat membantu tubuh dan pikiran merasa sangat rileks, menjadikan kunjungan ke Curug Embun sebagai peluang yang sempurna untuk menyegarkan diri dan merasakan ketenangan.

    Lokasi Curug Embun

    Lokasi Air Terjun Curug Embun terletak di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang.

    wisata kepahiang
    Air Terjun Curug Embun Kepahiang dari Ketinggian (instagram/@muhammaafikriiakbar)

    Akses menuju Air Terjun Curug Embun sangat mudah. Dari Kota Bengkulu, Anda dapat mencapai Curug Embun di Kepahiang dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, yang membuat perjalanan menuju objek wisata ini menjadi lebih nyaman dan praktis bagi wisatawan.

    BACA JUGA: 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu

    BACA JUGA: Villa Thania Kabawetan, Penginapan dengan View Kebun Teh di Kepahiang

    Perjalanan menuju Air Terjun Curug Embun dari Kota Bengkulu membutuhkan waktu sekitar 1 jam 43 menit dengan jarak tempuh sekitar 64 kilometer jika menggunakan sepeda motor.

    Jalur perjalanan ini cukup nyaman karena jalan sudah diaspal dengan hotmix, sehingga pengunjung tidak perlu merasa kesulitan saat menuju ke Desa Tapak Gedung, lokasi Air Terjun Curug Embun.

    Setelah tiba di lokasi parkir Air Terjun Curug Embun, akses menuju air terjun sendiri juga sangat mudah. Jarak dari tempat parkir ke lokasi air terjun hanya sekitar 25 meter, dan jalannya sudah diaspal dengan beton, memberikan kenyamanan ekstra bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam di Curug Embun.

    Jam Buka Curug Embun

    Air Terjun Curug Embun di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai, Kepahiang, buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu, dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung yang ingin mengunjungi air terjun ini dalam berbagai hari dan waktu.

    Tiket Masuk Curug Embun

    Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Curug Embun, wisatawan akan dikenakan tarif sebagai berikut:

    Biaya masuk per orang: Rp 5.000,-

    Biaya parkir untuk 1 unit sepeda motor: Rp 3.000,-

    Biaya parkir untuk 1 unit mobil: Rp 5.000,-

    Harga tiket dan biaya parkir tersebut digunakan untuk menjaga dan merawat fasilitas di lokasi air terjun sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan selama kunjungan mereka.

    BACA JUGA: Serunya Berwisata ke Air Terjun Donok, Desa Batu Ampar Kepahiang Bengkulu

    BACA JUGA: Air Terjun Sengkuang Kepahiang Bengkulu

    Fasilitas Curup Embun

    Air Terjun Curug Embun menawarkan sejumlah fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata ini meliputi toilet, kantin, spot foto, mushola, parkiran dan sejumlah fasilitas lainnya.

    wisata kepahiang
    Air Terjun Curug Embun Kepahiang (instagram/@aqmaltstr)

    Fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang baik bagi pengunjung yang datang ke Air Terjun Curug Embun.

    Daya Tarik Curug Embun

    Wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Curug Embun akan dikagumi oleh pemandangan air terjun yang menakjubkan, dengan ketinggian lebih dari 50 meter, yang dikelilingi oleh lingkungan yang alami dan sejuk.

    Selain menawarkan keindahan air terjun itu sendiri, perjalanan menuju air terjun juga memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan desa-desa yang tenang, udara segar, serta sawah-sawah yang berlokasi di sepanjang jalan. Semua elemen ini menyumbang kepada pengalaman yang unik dan menenangkan bagi para pengunjung yang datang ke Curug Embun.

    Di objek wisata Air Terjun Curug Embun, pengunjung tidak perlu khawatir tentang fasilitas umum, karena fasilitas di sana cukup lengkap termasuk akses yang mudah dari tempat parkir ke air terjun, dengan jalan yang hanya butuh waktu sekitar 5 menit melalui jalan yang telah dirabat beton.

    BACA JUGA: 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    BACA JUGA: 7 Air Terjun di Lebong yang Wajib Dikunjungi

    Itulah informasi tentang Air Terjun Curug Embun yang ada di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)