BLANTERORBITv102

    Kampung Vietnam Lampung, Tempat Wisata yang Hits di Bandar Lampung

    Minggu, 25 Februari 2024
    wisata lampung
    Kampung Vietnam Lampung (instagram/@ardiwijay04)

    SUDUTWISATA.COM- Kampung Vietnam Lampung adalah tujuan wisata yang terbilang baru yang menawarkan pesona alam dengan lanskap perbukitan dan pegunungan yang menawan, menjadi tempat favorit untuk bersantai dari sore hingga larut malam.

    Keindahan alam yang masih alami akan memukau pengunjung ketika mereka mengabadikan momen dengan berfoto di lokasi ini.

    BACA JUGA: Bukit Aslan, Tempat Wisata dengan Panorama Indah di Lampung

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Penginapan yang ada di Krui, Pesisir Barat Lampung

    Taman wisata Kampung Vietnam Lampung pertama kali dibuka pada bulan Januari 2021, meskipun sebenarnya tempat ini sudah eksis sejak tahun 1972. Mengapa disebut Kampung Vietnam? Karena pada era 1970-an, wilayah ini dihuni oleh banyak penduduk asal Vietnam.

    Sejak saat itu, nama "Kampung Vietnam" melekat pada tempat ini. Selain karena penduduknya, desain dan tata letak kampung ini juga mengingatkan pada kampung-kampung di Vietnam.

    Meskipun saat ini tidak ada lagi penduduk Vietnam yang tinggal di sini, terutama setelah pembebasan lahan oleh komunitas Vietnam yang tinggal di wilayah tersebut.

    Lokasi Kampung Vietnam Lampung

    Kampung Vietnam Lampung berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro No.89, Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

    Untuk mencapai Kampung Vietnam, dari Terminal Kemiling, wisatawan dapat mengambil rute melalui Jalan Mata Air yang melintasi Lengkung Langit, atau alternatifnya melalui jalur dua yang melewati SMA 7 Bandar Lampung.

    wisata lampung
    Kampung Vietnam Lampung (instagram/@janwar_adventure_pilotdrone)

    Dari Terminal Kemiling, arahkan kendaraan ke arah Pesawaran. Sebelum mencapai Gapura masuk Pesawaran, wisatawan akan menemui pertigaan. Ambil belokan kiri di pertigaan tersebut ke Jalan Mata Air.

    BACA JUGA: Krakatau Park Lampung, Taman Hiburan Terbesar di Lampung

    BACA JUGA: 14 Tempat Wisata yang ada di Lampung Barat

    Lanjutkan perjalanan lurus ke arah Lengkung Langit, dan setelah melewati Lengkung Langit, perhatikan di sebelah kiri jalan akan ada papan penunjuk arah menuju Kampung Vietnam dan Pintu Langit.

    Ikuti jalan tersebut meskipun belum diaspal (pada kunjungan saya). Dari Lengkung Langit, perjalanan akan berlangsung sekitar 5 menit.

    Alternatif lainnya, dari Terminal Kemiling, wisatawan dapat mengambil jalur dua yang melintasi SMA 7 dan menuju ke arah Taman Rusa.

    Sambil melanjutkan perjalanan, perhatikan di sebelah kiri jalan akan ada papan penunjuk arah menuju Kampung Vietnam dan Pintu Langit.

    Jam Buka Kampung Vietnam Lampung

    Kampung Vietnam Lampung buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada malam hari. Pengunjung dapat menikmati beragam kuliner sambil menikmati pemandangan gemerlap lampu kota dari ketinggian.

    Tiket Masuk Kampung Vietnam Lampung

    wisata lampung
    Kampung Vietnam Lampung (instagram/@mrhomebink)

    Berikut adalah tarif yang berlaku untuk masuk ke dalam kawasan wisata Kampung Vietnam Lampung:

    Tiket masuk: Rp5.000,00

    Parkir motor: Rp2.000,00

    Parkir mobil: Rp5.000,00

    BACA JUGA: Lamban Sabah Resto, Wisata Kuliner Ala Pedesaan di Bandar Lampung

    BACA JUGA: 7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    Daya Tarik Kampung Vietnam Lampung

    Sebagai salah satu tempat wisata yang hits dan kekinian di Kota Bandar Lampung, Kampung Vietnam memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi wisatawan yang tengah berada di Bandar Lampung. Adapun daya tarik yang dimiliki oleh Kampung Vietnam adalah:

    1. Jembatan Kaca

    Apa yang membuat tempat ini begitu populer adalah keberadaan jembatan kaca yang menjorok ke tengah tebing.

    Jembatan ini hanyalah sebuah spot foto, tetapi sangat instagramable. Dengan latar belakang pemandangan perbukitan yang menakjubkan, pengunjung dapat duduk di pinggir jembatan, menambah kesan petualangan karena berada di ketinggian.

    Anda tidak perlu khawatir, wahana ini telah dilengkapi dengan pagar pengaman. Meskipun tempat ini berbeda dari Kampung Vietnam, tetapi letaknya memang berdekatan.

    2. Spot Foto yang Instagramable

    Di Kampung Vietnam, terdapat beragam spot foto yang menarik, salah satu spot yang paling diminati adalah papan tulisan dengan latar belakang panorama alam yang memukau.

    wisata lampung
    Kampung Vietnam Lampung (instagram/@dewinitch)

    Dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan yang hijau, papan tulisan ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

    Di atas papan tulisan tersebut, terdapat tiga kursi yang tersusun rapi di kanan, tengah, dan kiri.

    BACA JUGA: Keindahan Pulau Tegal Mas, Wisata ala Maldives di Lampung

    BACA JUGA: Lagi Liburan ke Krui Lampung, Ini 6 Tempat Kulineran yang Bisa Anda Kunjungi

    Selain itu, terdapat satu spot foto lain yang tak kalah menarik, yaitu jendela rumah yang menghadap langsung ke area perbukitan.

    Setelah berfoto-foto, pengunjung juga dapat duduk santai di kursi-kursi tersebut sambil menikmati keindahan pemandangan sekitar.

    3. Kulineran

    Bagi yang ingin menikmati berbagai kuliner Vietnam tanpa harus pergi jauh, Kampung Vietnam menawarkan pilihan yang tepat.

    Di kafe dan restoran ini, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan Vietnam dalam konsep semi-outdoor yang memungkinkan mereka menikmati pemandangan sekitar sambil menikmati makanan.

    Keindahan pemandangan ini membuat tempat ini sering digunakan sebagai venue untuk pernikahan atau sesi foto pre-wedding.

    Menu makanan yang tersedia di sini sangat beragam, mulai dari sup begal ayam kampung, sup ikan simba, bakso ayam, nasi goreng, ikan kakap goreng, dan masih banyak lagi. Harga menu bervariasi, berkisar antara Rp13.000,00 hingga Rp45.000,00.

    BACA JUGA: Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat

    BACA JUGA: Taman Ham Tebiu Liwa Lampung Barat

    4. Monumen Perahu

    Monumen ini didirikan oleh para pengungsi Vietnam sebagai simbol perjuangan mereka ketika mencari perlindungan di Indonesia akibat kekacauan politik di negara asal mereka.

    wisata lampung
    Kampung Vietnam Lampung (instagram/@wisata_di_lampung)

    Mereka terpaksa meninggalkan tanah airnya dan melarikan diri dengan perahu ke berbagai negara tetangga, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, mereka sering kali dikenal sebagai manusia perahu.

    Pada awal tahun 1970-an, sekitar 96 orang pengungsi Vietnam pertama kali tiba di Indonesia. Monumen ini menjadi saksi bisu dari perjalanan dan perjuangan mereka. Kini, pengunjung dapat mengabadikan momen mereka dengan berfoto di dekat monumen yang dibangun oleh para pengungsi Vietnam tersebut.

    Fasilitas Kampung Vietnam Lampung

    Kampung Vietnam Lampung menyediakan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati berbagai spot foto menarik, musholla, toilet, kantin, hiburan live music dan sejumlah fasilitas lainnya.

    Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Lampung dan hidangan lokal lainnya, disarankan untuk makan di kantin Kampung Vietnam daripada di Jukung Resto.

    BACA JUGA: Lembah Batu Brak, Lembah Terindah di Lampung

    BACA JUGA: Pesta Sekura Cakak Buah, Kemeriahan Pesta Topeng di Hari Raya

    Itulah informasi tentang Kampung Vietnam salah satu tempat wisata yang hits di Bandar Lampung. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)