BLANTERORBITv102

    Bukit Aslan, Tempat Wisata dengan Panorama Indah di Lampung

    Sabtu, 24 Februari 2024
    wisata lampung
    Bukit Aslan Lampung (instagram/@isun26)

    SUDUTWISATA.COM- Bukit Aslan merupakan sebuah destinasi wisata seluas sekitar 10 hektar yang terletak di ketinggian Bukit Way Gubak, Kota Bandar Lampung. Menawarkan panorama Kota Bandar Lampung, Teluk Lampung, serta perbukitan Pesawaran yang terlihat di kejauhan.

    Bukit Aslan, sebuah destinasi wisata baru di Lampung, menjadi sorotan utama di media sosial baru-baru ini. Banyak pengunjung yang membanjiri Bukit Aslan akhir-akhir ini, tertarik oleh keunikan, pesona, dan daya tariknya yang membuatnya menjadi populer.

    BACA JUGA: Krakatau Park Lampung, Taman Hiburan Terbesar di Lampung

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Penginapan yang ada di Krui, Pesisir Barat Lampung

    Dibuka pada tanggal 5 Agustus 2022, minat para wisatawan mulai bertambah dan meramaikan Bukit Aslan. Selain itu, akses ke lokasi ini juga sangat mudah karena dapat dijangkau dari luar kota.

    Kondisi jalan yang telah diaspal membuat perjalanan ke Bukit Aslan semakin nyaman bagi para pengunjung.

    Lokasi Bukit Aslan

    Destinasi wisata ini terletak di Jalan Bukit Aslan nomor 2, di Kelurahan Way Gubak, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung 35244. Lokasinya mudah ditemukan karena hanya ada satu akses jalan. Namun, perlu diperhatikan bahwa jalan ini cukup sempit untuk mobil berpapasan.

    Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda atau motor saat berkunjung ke sini. Hindari perjalanan malam karena pencahayaan jalan sangat minim.

    wisata lampung
    Bukit Aslan Lampung (instagram/@wajahlampung)

    Untuk mencapai destinasi ini, Anda dapat memandu kendaraan menuju Kantor Kelurahan Way Gubak dengan bantuan aplikasi Google Maps. Akses masuknya terletak di Jalan Lintas Sumatera. Dari kantor kelurahan, cukup lanjutkan perjalanan lurus mengikuti jalan.

    Namun, perlu diingat bahwa jalan menuju lokasi ini cukup sempit untuk dua mobil. Jalan hanya cukup untuk satu mobil pada satu waktu. Jika bertemu dengan mobil lain, salah satu harus memberi jalan dengan berhenti dan menepi terlebih dahulu.

    Berkunjung ke sini bersama rombongan yang menggunakan bus mungkin akan menimbulkan tantangan. Meskipun area wisata ini memiliki area parkir yang luas untuk puluhan mobil, tetapi perlu dipertimbangkan transportasi yang akan digunakan dengan baik.

    BACA JUGA: 14 Tempat Wisata yang ada di Lampung Barat

    BACA JUGA: Lamban Sabah Resto, Wisata Kuliner Ala Pedesaan di Bandar Lampung

    Tiket Masuk Bukit Aslan

    Wisatawan dapat menikmati rekreasi di Bukit Aslan dengan dua opsi pembayaran tiket masuk, yakni tunai dan non-tunai. Terdapat potongan harga untuk pembayaran menggunakan sistem non-tunai.

    Tiket masuk ini tidak termasuk tiket untuk kegiatan camping dan aktivitas permainan seperti ATV. Anak-anak berusia kurang dari 5 tahun dapat masuk secara gratis.

    Berikut adalah jenis tiket dan harganya:

    1. Selasa hingga Jumat:

    Rp25.000 (E-Payment) & Rp35.000 (tunai)

    2. Sabtu, Minggu, dan Hari Libur:

    Rp35.000 (E-Payment) & Rp45.000 (tunai)

    Biaya parkir untuk motor dan mobil adalah Rp5.000 dan Rp10.000, secara berturut-turut. Tambahan biaya parkir mobil adalah Rp10.000.

    wisata lampung
    Bukit Aslan Lampung (instagram/@bukitaslan)

    Biaya tambahan untuk aktivitas tertentu adalah sebagai berikut:

    1. Tiket Camping: Rp20.000 per orang per malam

    2. ATV: Rp50.000 – Rp135.000

    3. Sewa Tenda: Rp55.000 – Rp160.000

    4. Sewa Perlengkapan Camping (kursi, meja, grill, gas): Rp65.000

    5. Paket Masak Grill: Rp155.000 – Rp385.000

    6. Paket Suki: Rp90.000 – Rp120.000

    7. Pre-Wedding: Rp260.000 – Rp460.000 per 5 orang

    BACA JUGA: 7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    BACA JUGA: Keindahan Pulau Tegal Mas, Wisata ala Maldives di Lampung

    Jam Buka Bukit Aslan

    Tempat wisata ini beroperasi setiap hari kecuali hari Senin. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore menjelang malam karena suasana lebih teduh dan nyaman.

    Berikut adalah jam operasionalnya:

    Selasa hingga Sabtu: 14.00 – 22.00 WIB

    Minggu & Hari Libur: 10.00 – 22.00 WIB

    Hari Senin: Tutup

    Daya Tarik Bukit Aslan

    Bukit Aslan merupakan pilihan destinasi rekreasi bagi penduduk setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke Bandar Lampung. Objek wisata ini terletak di atas perbukitan, menawarkan pemandangan alam yang memukau.

    wisata lampung
    Bukit Aslan Lampung (instagram/@rizkyromadhoni21)

    Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati panorama indah berupa bukit-bukit, hutan, lautan, bahkan pemandangan Kota Bandar Lampung yang terhampar di tengahnya.

    Meskipun lokasinya tidak jauh dari pusat Bandar Lampung, namun perlu sedikit kesabaran dan keahlian mengemudi untuk mencapai Bukit Aslan, terutama bagi pengendara mobil berukuran besar.

    BACA JUGA: Lagi Liburan ke Krui Lampung, Ini 6 Tempat Kulineran yang Bisa Anda Kunjungi

    BACA JUGA: Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat

    1. Panorama yang Indah

    Daya tarik utama dari Bukit Aslan adalah pemandangan alam yang menakjubkan. Terletak di atas lahan seluas sekitar 10 hektar, tepat di punggung Gunung Balau, tempat ini menawarkan berbagai bentuk area wisata. Termasuk taman, taman bermain, area berkemah, dan area hiking.

    Area utama Bukit Aslan adalah plasa dan teras terbuka yang menampilkan pemandangan tiga elemen alam: gunung, hutan, dan laut. Menghadap ke arah selatan, pengunjung dapat menikmati pemandangan Teluk Lampung dengan pesisir dan lautnya yang tenang.

    Di sebelah barat, terdapat lekuk pegunungan yang mengelilingi Kota Bandar Lampung di tengahnya. Sementara di sebelah timur, terbentang hutan jati yang hijau dan menyejukkan mata.

    Pemandangan dari ketiga arah ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati sunrise dan sunset yang spektakuler. Tempat ini sangat terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati lukisan langit yang indah saat matahari terbenam. Perubahan warna langit yang mempesona bersanding dengan keindahan alam di bawahnya.

    Untuk menikmati semua ini, pengunjung dapat menggunakan sejumlah gazebo yang tersedia. Di hari-hari tertentu, petugas akan menyalakan api unggun untuk menambah suasana hangat. Karena lokasinya yang tinggi, suhu udara di objek wisata ini cukup rendah, memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung.

    2. Camping

    Selain menikmati pemandangan yang memukau, pengunjung juga dapat mencoba aktivitas berkemah di Bukit Aslan. Terdapat area berkemah khusus dengan fasilitas lengkap dan penyewaan perlengkapan camping yang tersedia. Area ini terletak di antara barisan pohon jati yang memberikan teduhan yang nyaman.

    wisata lampung
    Bukit Aslan Lampung (instagram/@pipiasput)

    Pengunjung memiliki opsi untuk membawa tenda sendiri atau menyewa perlengkapan yang tersedia. Tersedia berbagai ukuran tenda yang dapat menampung hingga 6 orang.

    BACA JUGA: Taman Ham Tebiu Liwa Lampung Barat

    BACA JUGA: Lembah Batu Brak, Lembah Terindah di Lampung

    Fasilitas pendukung seperti toilet, musala, dan kantin juga tersedia dalam kondisi lengkap dan bersih. Ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas berkemah, terutama untuk keluarga besar.

    3. Playground

    Anak-anak pengunjung dapat menikmati waktu mereka dengan bermain di playground yang tersedia di Bukit Aslan. Area bermain ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang menarik dan tidak pernah membuat bosan, seperti seluncuran, ayunan, dan jungkat-jungkit.

    wisata lampung
    Bukit Aslan Lampung (instagram/@bukitaslan)

    Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, area bermain ini dilapisi dengan pasir halus. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera dan luka jika anak-anak terjatuh.

    4. Kegiatan Outdoor

    Bukit Aslan juga menawarkan sejumlah aktivitas rekreasi lainnya, termasuk ATV, hiking, dan arena voli. Pengunjung dapat menikmati menyusuri hutan jati yang sejuk dengan melakukan pendakian kecil-kecilan atau berkendara ATV. Aktivitas-aktivitas ini memberikan variasi yang menyenangkan selama berlibur di bukit ini.

    Fasilitas

    Pengunjung Bukit Aslan akan menikmati akses ke berbagai fasilitas lengkap, termasuk area parkir yang luas, toilet, musala, koneksi WiFi gratis, dan kantin. Fasilitas pendukung lainnya mencakup berbagai spot foto yang menarik, area bermain anak, dan area serbaguna.

    BACA JUGA: Anjung Geredai, Cottage di Bukit Bawang Bakung Lambar

    BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat Pantai Tanjung Setia Lampung , Lokasi WSL Krui Pro QS5000

    Itulah informasi tentang Bukit Aslan salah satu tempat wisata yang ada di Kota Bandar Lampung. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)