BLANTERORBITv102

    Maksimalkan Peran Pelaku Ekraf, Dewi Coryati Gelar Bimtek Public Speaking

    Senin, 22 April 2024
    Dewi Coryati
    Anggota DPR RI Dewi Coryati bersama peserta Bimtek Public Speaking bagi pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Rejang Lebong

    SUDUTWISATA.COM- Dalam rangka memaksimalkan fungsi pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) maupun pelaku wisata lainnya dalam hal mempromosikan potensi wisata maupun produk yang mereka miliki.

    Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Bengkulu, Dewi Coryati melaksanakan kegiatan bimbingan teknis public speaking bagi pelaku Ekraf di Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan yang dilaksanakan Senin (22/04/2024) tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

    BACA JUGA: Hadapi Libur Lebaran, Menparekraf Meminta Pengelola Wisata Perkuat CHSE

    BACA JUGA: Jelang Libur Lebaran 2024, Menparekraf Dorong Pengelola Wisata Antisipasi Kepadatan

    "Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif atas inisiatif dan kerja sama yang telah terjalin dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kolaborasi merupakan langkah positif dalam upaya memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," sampai Dewi Coryati saat membuka kegiatan.

    Dijelaskan Dewi Coryati, Pembangunan wisata yang berkelanjutan tidak pernah bisa berjalan sendiri, perlu adanya kerja sama dalam pengembangan pariwisata. Seperti diketahui, pembangunan pariwisata yang berkelanjutan perlu adanya sinergi, kolaborasi, dan inovasi dari berbagai pihak pemangku kepentingan dan pemangku kebijakan. Dalam mensukseskannya tidak terlepas dari konsep pentahelix pariwisata yang merupakan gabungan dari 5 unsur pariwisata.

    Lebih lanjut Ia menjelaskan unsur-unsur yang saling berkesinambungan dalam pembangunan pariwisata tersebut yaitu: Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Government (Pemerintah), Community (Komunitas Masyarakat), and Media (Publikasi Media). Atau biasa disingkat dengan ABGCaEM.

    Dalam era yang serba dinamis seperti saat ini, dikatakan Dewi Coryati kemampuan public speaking menjadi salah satu keterampilan yang sangat penting bagi setiap pelaku ekonomi kreatif. Dengan kemampuan ini, mereka dapat lebih efektif dalam menyampaikan ide-ide kreatif mereka, memperluas jaringan, dan membuka peluang-peluang baru dalam dunia bisnis.

    "Melalui bimbingan teknis ini, kami berharap para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berbicara di depan umum. Semoga apa yang dipelajari pada kesempatan ini dapat menjadi bekal berharga bagi mereka dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar yang lebih luas," kata Dewi Coryati.

    BACA JUGA: AIME 2024 Australia, Kemenparekraf Promosikan Destinasi MICE Indonesia

    BACA JUGA: Kolaborasi dengan Gresini Racing Bisa Perkuat Promosi Pariwisata dan Merek Indonesia

    Dalam kesempatan tersebut, Dewi Coryati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini, serta kepada seluruh peserta yang telah hadir. Saya yakin bimbingan teknis ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Rejang Lebong.

    Disisi lain, Dewi Coryati mengungkapkan Kabupaten Rejang Lebong dipilih sebagai lokasi bimtek public speaking tersebut, karena menurutnya Kabupaten Rejang Lebong memiliki potensi yang luar biasa dalam hal pariwisata alam dan ekonomi kreatifnya.

    Sehingga menurutnya potensi yang ada tersebut perlu didukung agar bisa dipromosikan lebih baik kedepannya dan semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong.

    "Rejang Lebong ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, oleh karena itu perlu kita dukung untuk mempromosikannya salah satunya dengan kegiatam bimtek public speaking ini," ujar Dewi Coryati.

    Dewi Coryati juga mengungkapkan bahwa, sektor pariwisata ini sangat penting untuk dikembangkan karena menurutnya sektor pariwisata memiliki peran yang luas salah satunya meningkatkan perekonomian masyarakat, karena wisatawan yang berkunjung tentunya akan membawa uang sehingga perputaran ekonomi akan berlangsung dengan baik.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Dodi Sahdani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dewi Coryati serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Karena menurutnya dengan kegiatan tersebut bisa membantu para pelaku ekonomi kreatif maupun pelaku wisata lainnya di Kabupaten Rejang Lebong.

    "Tentunya kegiatan ini sangat positif, karena dalam pengembangan wisata yang ada di Rejang Lebong ini, kami membutuhkan dukungan semua pihak dan kita ketahui bersama bahwa Ibu Dewi Coryati ini sudah sangat banyak membantu pariwisata di Rejang Lebong ini," kata Dodi.

    BACA JUGA: Karisma Event Nusantara, Hadirkan 110 Event Unggulan dari Berbagai Daerah

    BACA JUGA: Dalam Pengembangan Usaha Wisata, Menparekraf: HaKI Harus Menjadi Kekuatan Utama

    Dengan adanya pelatihan public speaking ini, Dodi berharap bisa memaksimalkan lagi promosi wisata maupun ekonomi kreatif di Kabupaten Rejang Lebong kedepannya. Karena para pelaku wisata dan ekonomi kreatif telah dibekali oleh kemampuan publik speaking yang lebih baik lagi.

    "Selama ini banyak orang yang menguasai data, namun tidak halnya dengan penyampaian oleh karena itu dengan kegiatan ini para peserta nantinya tidaknya hanya menguasai data namun juga cara penyampaiannya sehingga orang akan semakin tahu dengan potensi atau produk yang kita miliki," harap Dodi.(*)