BLANTERORBITv102

    Sungai Maron Pacitan, Wisata Susur Sungai di Jawa Timur

    Minggu, 22 Oktober 2023
    wisata pacitan
    Sungai Maron Pacitan (instagram/@abcdefghijkrisna_)

    SUDUTWISATA.COM- Sungai Maron Pacitan, Jawa Timur, telah menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat diminati. Para pengunjung dapat menikmati petualangan menyusuri sungai sejauh 4,5 km dengan jalur sungai yang indah.

    Sejak dibuka pada tahun 2012, Sungai Maron telah menawarkan pemandangan menakjubkan di setiap sisi sungainya. Warna air sungai yang memancarkan nuansa hijau kebiruan ini diciptakan melalui cahaya yang dipantulkan oleh rimbunnya pepohonan di sekitarnya.

    BACA JUGA: Pantai Papuma, Destinasi Wisata Terbaik di Jember

    BACA JUGA: Pesona Coban Pelangi, Air Terjun Indah di Malang

    Pengelola tempat ini juga telah menghadirkan spot-spot foto menarik sepanjang jalur sungai untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka.

    Sungai Maron memiliki kedalaman mencapai 20 meter pada bagian terdalamnya. Berkat kejernihan airnya, banyak warga setempat memanfaatkannya sebagai sumber air sehari-hari. Selain itu, sungai ini juga dikenal dengan keberlimpahan ikan kakap merah yang berenang di dalamnya.

    Atmosfer di sekitar sungai sangat damai dan nyaman. Dengan keeksotisan dan keindahan pemandangan alamnya, Sungai Maron telah diberi julukan sebagai "Green Canyon-nya Pacitan" dan juga disebut sebagai "The Indonesia's Amazon" karena kemiripannya dengan hutan hujan Amazon yang terkenal.

    Selain menjadi destinasi wisata yang unik, berbagai lokasi di Sungai Maron juga menyajikan potensi besar sebagai spot foto yang menarik. Oleh karena itu, banyak anak muda yang sering mengunjungi tempat ini untuk rekreasi dan berburu foto yang instagramable.

    Sungai Maron adalah pilihan yang sempurna bagi wisatawan yang berada di Pacitan, selain tentu saja Pantai Klayar. Mereka akan terpesona oleh panorama alam yang memukau yang ditawarkan oleh Sungai Maron.

    Lokasi Sungai Maron Pacitan

    Sungai Maron Pacitan terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat kota, atau sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan.

    BACA JUGA: Kalisengon Riverside Camp, Camping Ground Terbaru di Mojokerto

    BACA JUGA: Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    Bagi wisatawan yang ingin mencapai Sungai Maron, bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut yaitu pertama, ikuti Jalan Kolonel Sugiono. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Jalan Nasional III di Kradenan.

    wisata pacitan
    Sungai Maron Pacitan (instagram/@denisjulian10)

    Setelah itu, belok ke kanan ke arah Jalan Nasional III, kemudian ambil arah menuju Jalan Pringkuku dan terakhir, pilih akses yang mengarah ke lokasi tujuan di Sungai Maron. Dengan mengikuti rute ini, wisatawan akan sampai ke Sungai Maron dengan mudah.

    Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan

    Tiket masuk ke kawasan wisata Sungai Maron Pacitan cukup terjangkau. Namun, wisatawan juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk menyusuri sungai dengan menggunakan kapal. Berikut adalah rincian biaya:

    Tiket Masuk: Rp 5.000,-

    Parkir Mobil: Rp 5.000,-

    Parkir Motor: Rp 2.000,-

    Sewa Kapal: Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,-.

    Dengan rincian biaya ini, wisatawan bisa menikmati pengalaman menyusuri Sungai Maron Pacitan.

    Jam Buka Sungai Maron Pacitan

    Sungai Maron Pacitan beroperasi setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

    BACA JUGA: Air Terjun Telaga Biru, Surga Tersembunyi di Lumajang

    BACA JUGA: Air Terjun Songgo Langit, Tempat Wisata di Jepara

    Fasilitas Sungai Maron Pacitan

    Sungai Maron Pacitan menyediakan fasilitas yang dirancang untuk memanjakan pengunjungnya. Di sini, Anda akan menemukan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi Anda.

    Selain itu, begitu Anda memasuki kawasan wisata, tersedia pusat informasi yang sangat penting untuk memberikan informasi dan panduan kepada pengunjung. Juga, tersedia fasilitas toilet yang dapat digunakan di berbagai titik, baik untuk laki-laki maupun perempuan, sehingga pengunjung dapat merasa nyaman selama kunjungan mereka.

    wisata pacitan
    Sungai Maron Pacitan (instagram/@wijaya_mamad27)

    Di Sungai Maron Pacitan, tersedia pula mushola yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menunaikan ibadah jika waktu sholat sudah tiba. Wahana perahu wisata juga merupakan daya tarik utama yang tidak boleh terlewatkan, dan sering menjadi favorit pengunjung.

    Selain itu, mirip dengan banyak destinasi alam lainnya, Sungai Maron juga menyediakan area camping dan kegiatan outbound. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk merencanakan rekreasi bersama keluarga yang lebih beragam dan berkesan di tengah keindahan alam Sungai Maron.

    Daya Tarik Sungai Maron Pacitan

    Sungai Maron Pacitan menawarkan berbagai pilihan aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Namun, yang paling populer dan favorit adalah menyusuri sungai.

    Selain itu, ada beragam kegiatan menarik yang bisa dicoba oleh wisatawan, seperti berenang, singgah di pantai, memancing, dan, tentu saja, mengabadikan momen indah dengan kamera untuk membuat kenangan yang tak terlupakan.

    BACA JUGA: Maron Valley Pujon, Glamping Tembus Pandang di Malang

    BACA JUGA: Pesona Curug Sewu, Air Terjun Terindah di Jawa Tengah

    1. Pemandangan Alama yang Indah

    Saat wisatawan memasuki kawasan wisata Sungai Maron, mereka akan langsung disambut oleh pemandangan alam yang sangat asri. Nuansa alam yang indah ini akan langsung terasa ketika mereka tiba di area parkir kendaraan.

    Dari pintu masuk, wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 20 meter ke tepi sungai. Begitu tiba di tepi sungai, mereka akan dapat melihat aktivitas penduduk setempat, menambahkan elemen kehidupan sehari-hari yang otentik ke pengalaman mereka di Sungai Maron.

    Wisatawan akan melihat sejumlah perahu yang bersandar di sebuah dermaga sederhana ketika mereka tiba di lokasi. Ketika mereka melihat pemandangan tersebut, mereka tahu bahwa petualangan mereka akan segera dimulai.

    Persiapkan diri untuk menyusuri sungai dengan naik perahu. Pastikan untuk membawa kamera karena akan ada banyak momen indah yang akan Anda alami sepanjang perjalanan ini, dan Anda akan ingin mengabadikan semuanya.

    2. Susur Sungai

    wisata pacitan
    Sungai Maron Pacitan (instagram/@wahyu_setyoko)
    Salah satu kegiatan favorit di kawasan wisata ini adalah menyusuri sungai, sehingga sangat penting bagi wisatawan untuk tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan "Sungai Amazonnya Indonesia."

    Wisatawan akan perlu naik kapal yang dimiliki oleh warga setempat, dengan kapasitas maksimal sekitar 6 orang. Selama perjalanan, wisatawan akan menyusuri sungai sejauh sekitar 4.5 kilometer, dan perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 45 menit. Selama waktu ini, Anda akan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dan merasakan keindahan alam Sungai Maron.

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Kapas Biru, Keindahan Tersembunyi di Lumajang

    BACA JUGA: Waykambang Edupark Batang, Taman Rekreasi di Jawa Tengah

    Bagi wisatawan yang pertama kali menjalani pengalaman ini, disarankan untuk menggunakan pelampung sebagai tindakan keamanan. Tidak perlu repot membawa pelampung dari rumah, karena banyak tempat penyewaan pelampung yang tersedia.

    Setelah wisatawan siap, mereka akan mulai menyusuri daerah hutan yang sangat rimbun. Sisi kanan dan kiri sungai penuh dengan pepohonan hutan tropis yang memberikan teduhan dan keindahan yang luar biasa. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat memikat dan menakjubkan.

    Ketika air sungai yang hijau jernih mengelilingi wistawan, pengalaman tersebut akan semakin istimewa. Wisatawan dapat meluangkan waktu dan tidak perlu terburu-buru, karena ada banyak spot cantik yang sayang untuk dilewatkan. Dengan begitu, wisatawan bisa sepenuhnya menikmati keindahan alam dan menangkap momen-momen yang luar biasa selama perjalanan di Sungai Maron ini.

    3. Bukit Karang

    wisata pacitan
    Sungai Maron Pacitan (instagram/@zakiaviluthfi)
    Ketika wisatawan mengelilingi aliran sungai di Sungai Maron, ada berbagai spot menarik yang patut wisatwan singgahi. Salah satu pilihan spot untuk berfoto yang menarik adalah bukit karang.

    Spot ini dapat ditemukan ketika wisatawan mendekati ujung jalur wisata. wisawatan akan menuju ke bukit-bukit karang yang berlokasi dekat pantai. Bukit-bukit karang ini menghiasi berbagai bagian tempat tersebut, memberikan nuansa seperti wisatawan sedang mengunjungi Phuket di Thailand.

    4. Bermain Ayunan

    Sungai Maron menawarkan banyak sekali spot foto yang sangat Instagramable yang dapat ditemui oleh wisatawan sepanjang jalurnya. Titik-titik ini dengan sengaja disiapkan oleh pihak pengelola untuk memberikan pengalaman istimewa kepada para pengunjung. 

    BACA JUGA: Kunang Kunang Tent Resort, Tempat Glamping di Banyuwangi

    BACA JUGA: Pesona Curug Cikaso, Keindahan Tersembunyi di Sukabumi Jawa Barat

    Dari berbagai tempat ini, kawasan wisata ini telah menjadi sangat terkenal dan viral di media sosial, karena pengunjung sering membagikan foto-foto menakjubkan mereka di sini.

    Salah satu spot foto favorit di Sungai Maron adalah ayunan. Di sini, terdapat ayunan yang tergantung di pohon besar di atas sungai.

    Pengunjung dapat bersantai di atas ayunan tersebut, dengan kakinya hampir menyentuh permukaan air sungai. Dengan sedikit goyangan pada ayunan dan senyuman, hasil potret wisatawan akan sangat cantik.

    wisata jatim
    Sungai Maron Pacitan (instagram/@masytoh_maulani)

    Tempat berikutnya yang tak kalah menarik untuk berfoto adalah latar belakang pepohonan dan aliran sungai. wisatawan dapat duduk santai di atas kapal dengan pemandangan hutan yang mempesona di belakang wisatawan, menciptakan foto yang indah dan berkesan.

    4. Memancing dan Berenang

    Meskipun banyak yang mengatakan bahwa Sungai Maron mirip dengan hutan Amazon, tempat ini tidak memiliki satwa ganas seperti ikan piranha atau buaya.

    Sebaliknya, di sini, wisatawan akan menemukan berbagai jenis ikan air tawar yang sangat lezat untuk dinikmati. Pengunjung diberi kesempatan untuk memancing ikan dan memasak hasil tangkapan mereka sendiri. 

    BACA JUGA: Pesona Curug Cikanteh, Air Terjun 3 Tingkat di Sukabumi

    BACA JUGA: Pesona Curug Cigangsa, Air Terjun Cantik di Sukabumi Jawa Barat

    Beberapa jenis ikan yang sering ditangkap oleh pengunjung meliputi sidat, nila, dan bawal. Menyantap ikan-ikan ini bisa menjadi pengganti yang lezat jika Anda ingin mencicipi hidangan khas Jawa Timur yang patut dicoba.

    Selain memancing, wisatawan juga bisa berenang di sungai ini. Aliran sungai yang tenang membuat banyak pengunjung tidak dapat menahan diri untuk berenang. Ada berbagai spot dengan air yang cukup dangkal sehingga wisatawan bisa berenang di sana, atau jika lebih suka tempat yang lebih dalam, untuk menjaga keamanan wisatawan dapat menggunakan pelampung.

    5. Mampir di Pantai Ngiroboyo

    Perjalanan menyusuri sungai akan mencapai akhirnya di Pantai Ngiroboyo. Begitu tiba di pantai ini, wisatawan dapat turun dari kapal dan menikmati keindahan pantai yang menakjubkan.

    wisata pacitan
    Pantai Ngiroboyo Pacitan (Instagram/@ajwng_wsw)

    Wisatawan memiliki waktu sekitar 2 jam untuk menjelajahi keindahan Pantai Ngiroboyo sebelum pengemudi kapal mengajak kembali ke dermaga.

    Salah satu keunikan Pantai Ngiroboyo adalah perpaduan antara pasir besi hitam dan pasir putih yang dapat wisatawan temukan di sini. Selain itu, wisatawan juga dapat mengeksplore aktivitas seperti selancar, berenang, atau bahkan sekadar bersantai dan berjemur di sini.

    BACA JUGA: Pantai Madasari, Pantai Eksotis yang Tersembunyi di Pangandaran

    BACA JUGA: Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    Itulah informasi tentang Sungai Maron salah satu tempat wisata di Pacitan Jawa Timur. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berlibur ke tempat wisata ini.(*)