BLANTERORBITv102

    Kampung Singkur Pangalengan, Tempat Healing Sekaligus Camping di Bandung

    Selasa, 14 November 2023
    wisata bandung
    Wisata Kampung Singkur Pangalengan (instagram@ariswbr)

    SUDUTWISATA.COM- Destinasi wisata Kampung Singkur menawarkan pesona alam hijau yang memesona dan udara segar yang menyegarkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang menyejukkan di lokasi ini.

    Area wisata Kampung Singkur, yang terletak di tengah hutan pinus Rahong, menawarkan serangkaian kegiatan outdoor yang beragam.

    BACA JUGA: Astakaia Cottage Bandung, Penginapan Bernuansa Bali di Bandung

    BACA JUGA: Nimo Highland, Wisata Alam Kekinian di Bandung

    Mulai dari camping, rafting, outbound, paintball, hingga offroad, pengunjung dapat menikmati petualangan yang mengasyikkan di tengah keindahan alam.

    Kampung Singkur menawarkan ragam paket wisata yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, baik bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja.

    Dari pengalaman yang tak terlupakan hingga momen liburan yang berkesan, area wisata ini siap menyajikan pengalaman liburan yang sesuai dengan preferensi anda.

    Lokasi Wisata Kampung Singkur

    Wisata Kampung Singkur berlokasi di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

    Perjalanan menuju Kampung Singkur Pangalengan dapat ditempuh melalui jalan tol Soroja atau tol Moh. Toha. 

    Rutenya memukau dengan pemandangan indah, terutama dengan hamparan kebun teh yang hijau yang menyajikan pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan. Udara segar dan suasana yang sejuk akan senantiasa menyertai perjalananmu.

    Rute yang bisa kamu ambil mengarah ke Situ Cileunca, kemudian berlanjut menuju Pinus Rahong melalui Jalan Raya Rahong, sebab lokasi Kampung Singkur berada di jalur utama Jalan Raya Rahong.

    Jarak perjalanan dari Kota Bandung ke destinasi wisata ini sekitar 50 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan.

    wisata bandung
    Wisata Kampung Singkur Pangalengan (instagram@agylggw)

    Perlu diingat bahwa jalan menuju lokasi memiliki medan yang agak berlubang dan berbatu, sehingga disarankan untuk berkendara dengan hati-hati.

    BACA JUGA: De Ranch Bandung, Tempat Wisata Berkonsep Ala Cowboy

    BACA JUGA: Pakuhaji Eco Resort, Villa Murah di Bandung Barat

    Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Singkur

    Bagi pengunjung Wisata Kampung Singkur, tarif tiket masuknya adalah sebesar Rp 10.000,- per orang, berlaku untuk semua usia. Namun, untuk wahana dan paket, terdapat tarif tiket terpisah yang perlu diperhatikan.

    Berikut adalah daftar harga tiket terpisah:

    Parkir Motor: Rp 10.000,- per malam

    Parkir Mobil: Rp 40.000,- per malam

    Camping: berkisar antara Rp 50.000,- hingga Rp 350.000,- per orang

    Penginapan (maksimal 4 orang): Rp 600.000,- per unit

    Paket River Tubing (minimal 2 orang): Rp 50.000,- hingga Rp 90.000,-

    Paket Rafting (minimal 5 orang): Rp 125.000,- hingga Rp 150.000,- per orang

    Paket Offroad: Rp 200.000,-  per orang

    Paket Paintball (minimal 20 orang): Rp 75.000,- per orang

    Paket Flying Fox: Rp 20.000,- per orang

    Paket Team Building: Rp 150.000,- per orang.

    Sangat penting untuk diingat bahwa harga-harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan manajemen Kampung Singkur.

    Jam Buka Wisata Kampung Singkur

    Kampung Singkur Wisata buka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga 19.00 malam untuk pengunjung harian. Namun, bagi pengunjung yang berencana bermalam, area wisata ini menyediakan layanan reservasi yang beroperasi 24 jam untuk penginapan dan area camping ground.

    BACA JUGA: Orchid Forest Bandung, Taman Angrek Terluas di Indonesia

    BACA JUGA: Ecopark Curug Tilu, Tempat Wisata Kekinian di Bandung

    Fasilitas Wisata Kampung Singkur

    Fasilitas yang tersedia di Kampung Singkur meliputi area parkir, toilet, mushola, warung makan, serta penginapan. Sementara itu, untuk sarana rekreasi, terdapat camping ground, kegiatan outbond, wahana rekreasi sungai, dan pengalaman off-road.

    wisata bandung
    Wisata Kampung Singkur Pangalengan (instagram@ahmad_fadil_hilmi)

    Ada juga fasilitas hammock dan gazebo yang tersedia untuk beristirahat. Selain itu, tersedia pula paket-paket wisata dan penginapan yang dapat disesuaikan baik untuk keluarga maupun kegiatan korporasi.

    Daya Tarik Wisata Kampung Singkur

    Jika Anda merasa kawasan Lembang sudah membosankan, waktu untuk menjelajah ke arah selatan. Tidak jauh dari Soreang, terdapat banyak kawasan wisata di dataran tinggi. Salah satunya adalah Pangalengan, yang tentunya tidak asing di telinga.

    Di Pangalengan, terdapat destinasi wisata keluarga yang dikenal dengan nama Kampung Singkur atau juga dikenal sebagai 'Saung Awi'. Lokasinya berdekatan dengan keindahan Situ Cileunca yang menawan.

    Sesuai dengan namanya, Kampung Singkur menawarkan suasana alam yang jauh dari kebisingan kota. Keindahan aliran sungai alami Palayangan menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini.

    Para pengunjung akan menikmati kesegaran sungai yang mengalir di tengah hutan pinus yang menyejukkan. Ada beragam kegiatan wisata untuk keluarga yang bisa dinikmati di sini.

    BACA JUGA: Cabinite Pangalengan, Tempat Staycation Berasa Swiss di Bandung

    BACA JUGA: Ranca Upas Bandung, Destinasi Alam Terbaik di Ciwidey

    1. Spot Foto Instagenic

    Untuk masuk ke Kampung Singkur, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Bagi yang tertarik dengan berbagai wahana yang tersedia, tersedia tiket tambahan per orangnya. Namun, meskipun tanpa bermain wahana, wisatawan masih dapat menikmati rekreasi di sini.

    Area wisata ini buka dari pagi hingga malam, menghuni kawasan hutan yang berbatasan dengan tepi sungai. Tangga dan jembatan bambu yang tersebar di seluruh area bukan hanya sebagai fasilitas pendukung, tetapi juga menjadi spot foto menarik bagi pengunjung.

    Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang Sungai Palayangan yang indah, ditemani suasana hutan pinus di sekelilingnya yang menambah keelokan. Selain menyegarkan mata, momen ini juga dapat menjadi koleksi foto yang bagus untuk dibagikan di media sosial.

    2. Penginapan dan Camping

    Kampung Singkur menyediakan beragam pilihan akomodasi bagi para pengunjung yang ingin bermalam, mulai dari fasilitas berkemah hingga bungalow. Area ini menawarkan camping ground yang luas untuk kegiatan berkemah atau outing, di mana wisatawan dapat membawa tenda sendiri atau memilih paket yang telah disediakan.

    Paket camping di Kampung Singkur mampu menampung lebih dari 20 orang dengan fasilitas lengkap, termasuk listrik dan area api unggun. Melalui paket ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman acara barbekyu di tepi sungai.

    Sementara bagi pengunjung yang memilih penginapan, tersedia bungalow dari bambu yang terletak di tepi sungai. Fasilitasnya lengkap dan menawarkan pemandangan indah aliran sungai. Dikelilingi oleh suasana hutan, para wisatawan dapat menikmati kedamaian dengan disertai suara aliran sungai yang menenangkan.

    BACA JUGA: The Great Asia Africa Park, Tempat Wisata dengan Ikon 7 Negara

    BACA JUGA: Floating Market Lembang, Tempat Wisata Keluarga di Bandung

    3. Rafting dan Tubing

    Aktivitas rekreasi utama yang menarik di Kampung Singkur adalah wahana permainan air di sungai. Para wisatawan dapat menikmati keseruan bermain air melalui kegiatan rafting atau tubing yang memberikan kesegaran tersendiri. Kedua kegiatan ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau kerabat.

    wisata bandung
    Wisata Kampung Singkur Pangalengan (instagram@ayorizqi)

    Rafting mengajak pengunjung untuk menjelajahi jeram sepanjang 5 kilometer dengan menggunakan perahu karet. Sementara tubing memanfaatkan ban pelampung dengan rentang jarak antara 400 hingga 700 meter.

    Meskipun arusnya cukup deras, kedalaman sungai tetap aman bagi anak-anak. Kegiatan ini juga disertai dengan pengawasan pemandu yang berpengalaman serta dilengkapi dengan alat pengaman yang memadai.

    4. Offroad

    Bagi pecinta tantangan adrenalin, Kampung Singkur menawarkan paket off-road yang memikat. Para pengunjung dapat merasakan sensasi berkendara menggunakan Land Rover melewati jalur-jalur ekstrem. Terdapat dua rute yang dapat dipilih, yakni rute Gunung Tilu dan Gambung.

    Kedua rute ini mengajak para wisatawan untuk merasakan petualangan di sekitar tanah kebun teh, dengan titik akhir perjalanan di area Situ Cileunca. Sepanjang perjalanan, para pengunjung akan menikmati udara sejuk kawasan dataran tinggi yang dikelilingi oleh keindahan kebun teh.

    5. Paintball dan Flying Fox

    Kampung Singkur juga menyediakan fasilitas sebagai lokasi untuk kegiatan team building bagi kelompok. Paket team building ini menawarkan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan tim. Salah satu kegiatan yang ditawarkan adalah rafting, di mana peserta dapat mencoba pengalaman rafting bersama-sama.

    BACA JUGA: LuxCamp Riverside Pangalengan, Tempat Staycation Kekinian di Bandung

    BACA JUGA: Kawah Putih Ciwidey, Wisata Paling Populer di Bandung

    Selain itu, tersedia pula paintball dan flying fox sebagai alternatif kegiatan. Peserta diajak untuk 'berperang' menggunakan peluru cat di tengah hutan yang sejuk melalui paintball. Serta, mereka dapat merasakan sensasi meluncur di antara pepohonan dari ketinggian dengan menggunakan wahana flying fox.

    Itulah informasi tentang wisata Kampung Singkur salah satu tempat wisata di kawasan Pangalengan Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)