BLANTERORBITv102

    13 Tempat Wisata di Bengkulu Tengah, Mulai dari Wisata Alam Hingga Buatan

    Jumat, 19 April 2024
    Wisata Bengkulu Tengah
    Wisata Bengkulu Tengah (instagram/@rd.ivanahong)

    SUDUTWISATA.COM- Kabupaten Bengkulu Tengah berfungsi sebagai area pendukung bagi Kota Bengkulu. Karena jaraknya yang relatif dekat, banyak orang memilih untuk berkunjung ke Bengkulu Tengah sebagai destinasi wisata.

    Sama halnya dengan daerah-daerah lain di Provinsi Bengkulu, Bengkulu Tengah menawarkan sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan untuk berlibur.

    Destinawi wisata yang ada di Bengkulu Tengah ini baik destinasi alam seperti pantai dan air terjun maupun destinasi buatan yang tentunya sangat recomended untuk dikunjungi.

    Dihimpun dari berbagai sumber, berikit ini sejumlah objek wisata yang bisa wisatawan kunjungi di Kabupaten Bengkulu Tengah.

    BACA JUGA: 5 Jenis Rafflesia yang ada di Bengkulu

    BACA JUGA: 5 Situs Peninggalan Sejarah di Bengkulu

    1. Air Terjun Penembang

    Wisata Bengkulu Tengah
    Air Terjun Penembang (Instagram/@thekriezhna)

    Air terjun Panembang, atau yang beberapa pengunjung sebut sebagai Curug Pesuk, menarik bagi para pencinta wisata alam. Terletak di Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, air terjun ini menjadi pilihan yang ideal bagi Anda yang ingin melepas penat setelah hari-hari yang sibuk.

    Dengan hanya dua jam perjalanan dari Kota Bengkulu, objek wisata ini harus masuk dalam daftar kunjungan Anda jika Anda mencari suasana alam yang indah. Air terjun ini merupakan hasil dari erosi bebatuan yang diterpa oleh arus air, yang kemudian jatuh dari ketinggian. Semakin tinggi air jatuh, semakin memukau pesonanya.

    2. Desa Rindu Hati

    Wisata Bengkulu Tengah
    Desa Wisata Rindu Hati (instagram/@djojo_muhdor)

    Desa Rindu Hati, sebuah nama yang mengandung pesona tersembunyi di balik keindahan alamnya. Terletak di Kecamatan Taba Penajung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, desa ini berjarak sekitar 8 km di sebelah timur Kantor Kecamatan Taba Penanjung.

    Desa Rindu Hati dikenal memiliki sungai yang jernih dengan batu-batu besar, memberikan potensi yang besar untuk dijadikan destinasi wisata. Upaya untuk mengembangkan potensi wisata di Desa Rindu Hati telah dilakukan, dan sejak Agustus 2020, desa ini resmi diakui sebagai desa wisata. Objek wisata di area Rindu Hati dibuka untuk umum sejak Desember 2020.

    Beberapa tempat wisata yang ditawarkan oleh Desa Rindu Hati mencakup Air Terjun, Batu Perahu atau Buteu Jung, Glamour Glamping, dan Sungai Rindu Hati.

    BACA JUGA: 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    BACA JUGA: Pesona Curug 9, Air Terjun 9 Tingkat di Bengkulu Utara

    3. Pantai Sungai Suci

    Wisata Bengkulu Tengah
    Pantai Sungai Suci (instagram/@bdaulina)

    Pantai Sungai Suci terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, dengan jarak sekitar 15 Km dari pusat Kota Bengkulu.

    Meskipun namanya mengandung kata sungai, objek wisata ini sebenarnya adalah sebuah pantai dengan hamparan pasir yang luas.

    Keindahan pantai ini menjadi semakin memukau saat menjelang senja, ketika matahari akan terbenam dan menciptakan kombinasi warna yang memukau.

    Selain pesona air lautnya, di tempat ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang bisa dijangkau melalui sebuah jembatan gantung yang terbuat dari tali tambang dan potongan papan kayu tebal.

    Selain menjadi akses menuju destinasi yang indah, melewati jembatan ini juga dapat memberikan pengalaman yang menantang bagi para pengunjung yang menyukai tantangan.

    4. Wahana Surya

    Wisata Bengkulu Tengah
    Wahana Surya (instagram/@dinaspariwisata.bengkulutengah)

    Wahana Surya Bengkulu, menjadi pusat rekreasi terkemuka di Provinsi Bengkulu, terletak di Jalan Gang Cokro, Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

    Tempat ini menawarkan beragam fasilitas bermain outdoor. Beberapa di antaranya termasuk waterboom, pacuan kuda, camping ground, panggung hiburan, dan flying fox.

    Sebagai waterpark terbesar di Bengkulu, Wahana Surya Bengkulu menonjol dengan luasnya yang melebihi waterboom lainnya di kota ini.

    Terletak di area seluas 7 hektar, taman bermain ini berada di bekas kebun kelapa, sehingga mudah untuk menyediakan fasilitas yang memadai.

    BACA JUGA: 6 Wisata di Kabupaten Kepahiang yang Wajib Dikunjungi

    BACA JUGA: Tabut Bengkulu, Sejarah dan Prosesi Ritual

    5. Kampoeng Durian

    Wisata Bengkulu Tengah
    Kampoeng Durian (instagram/@rekisusanti)

    Kampoeng Durian, sebuah destinasi wisata yang terletak di Desa Datar Lebar, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung.

    Untuk mencapai Kampoeng Durian dari Kota Bengkulu, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer menuju Desa Bajak 1. Setelah mencapai Desa Bajak 1, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Datar Lebar dengan waktu tempuh sekitar 20-25 menit.

    Para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, di mana sungai mengalir jernih di antara bukit dan hutan yang masih alami. Di Kampoeung Durian, terdapat kolam renang yang menyatu dengan alam, memberikan pengalaman berenang yang menyegarkan.

    Selain itu, tersedia pondok-pondok tempat istirahat dan bersantai bagi keluarga sambil menikmati pemandangan sawah, perbukitan, dan sungai. Kampoeng Durian juga menyediakan fasilitas glamping bagi mereka yang ingin berkemah di lokasi tersebut, menambah keseruan pengalaman berwisata di sana.

    6. Danau Gedang

    Wisata Bengkulu Tengah
    Danau Gedang (instagram/@rommydewantara)

    Pantai Danau Gedang, yang terletak di Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Bengkulu.

    Namanya Danau Gedang merujuk pada kedekatannya dengan danau yang hanya terpisah sekitar 30 meter dari pantai. Keunikan utama dari objek wisata ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan dua elemen alam yang berbeda: danau dan laut.

    Bayangkan keindahan sebuah danau yang bertemu langsung dengan laut, dipisahkan hanya oleh hamparan pasir seluas 30 meter. Ini merupakan potensi alam yang memukau dan unik.

    Untuk memanjakan pengunjung, tempat ini telah dilengkapi dengan kursi kayu tempat bersantai. Selain menikmati keindahan danau dan pantai dengan angin laut yang sejuk, pemandangan matahari terbenam yang luar biasa menjadi daya tarik utama Pantai Danau Gedang menjelang,

    BACA JUGA: 6 Air Terjun yang ada di Desa Belitar Seberang Bengkulu

    BACA JUGA: Wisata Kuliner Air Manna Bengkulu Selatan

    7. Cekdam Pancamukti

    Wisata Cekdam Pancamukti berlokasi di Desa Panca Mukti, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

    Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi agrowisata yang unik, di mana cekdam yang awalnya merupakan kolam yang dikeruk kemudian diubah menjadi dam yang digunakan sebagai kolam pemancingan. Dengan luasnya kolam, tempat ini menjadi pilihan yang menarik bagi para penggemar memancing.

    Selain itu, di area tersebut juga terdapat taman buatan yang menampilkan kebun bunga serta kebun melon, labu, dan semangka. Bagi para wisatawan yang mengunjungi ketika musim panen melon, mereka dapat langsung memetik buah melon dan menikmatinya sambil memancing ikan di kolam.

    8. Liku Sembilan

    Wisata Bengkulu Tengah
    Liku Sembilan (instagram/@izhal_laode)

    Taman Liku Sembilan terletak di Cagar Alam Hutan Lindung Taba Penanjung. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, terutama pemandangan pegunungan yang memukau dari ketinggian. Kawasan Liku Sembilan juga dikenal sebagai tempat yang ramai oleh pedagang makanan dan area bersantai.

    Taman Liku Sembilan terletak di jalan lintas Bengkulu-Kepahiang, di mana pengunjung dapat menyaksikan secara langsung bunga terbesar yang menjadi kebanggaan Provinsi Bengkulu, yaitu Raflesia Arnoldi, yang merupakan bunga khas dari daerah tersebut.

    9. Bukit Kandis

    Wisata Bengkulu Tengah
    Bukit Kandis (instagram/@immawasis)

    Destinasi wisata Bukit Kandis terletak di Jl. Bengkulu – Kepahiang, yaitu di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

    Wisata ini merupakan pilihan yang populer bagi para pecinta alam untuk berbagai kegiatan outdoor seperti hiking, mountaineering, jelajah alam, berkemah, dan hill climbing. Keindahan alamnya yang alami akan membuat pengunjung merasa betah untuk menjelajahi Bukit Kandis.

    BACA JUGA: Villa Thania Kabawetan, Penginapan dengan View Kebun Teh di Kepahiang

    BACA JUGA: Pesona Curug Embun, Air Terjun Paling Hits di Kepahiang

    10. Benteng Coa Sako

    Wisata Bengkulu Tengah
    Benteng Coa Sako (instagram/@dinaspariwisata.bengkulutengah)

    Pada masa penjajahan Jepang, Bunker Coa Sako di Bengkulu Tengah merupakan sebuah tempat perlindungan bawah tanah yang dibangun. Bunker ini terdiri dari 7 ruangan dan sebuah terowongan panjang. Ini adalah salah satu cagar budaya yang menarik untuk dikunjungi di Bengkulu Tengah.

    Bunker ini terletak di Desa Tanjung Heran, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, atau lebih tepatnya di kawasan Liku Sembilan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat bersejarah ini!

    11. Taman Hutan Raya Rajo Lelo

    Wisata Bengkulu Tengah
    Taman Hutan Rajo Lelo (instagram/@riyanto_efendi)

    Jika berada di Kota Bengkulu, pengunjung dapat mencapai Taman Hutan Raya Rajo Lelo dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan menggunakan sepeda motor. Di sini, terdapat beragam koleksi tumbuhan langka yang menarik.

    Lokasi ini sangat cocok untuk berbagai kegiatan rekreasi, outbound, dan menjelajahi hutan dengan panorama alam yang memukau, dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai.

    Taman Hutan Raya Rajo Lelo terletak di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Ini adalah destinasi yang patut dikunjungi bagi para penggemar alam dan petualangan.

    12. Gunung Bungkuk

    Wisata Bengkulu Tengah
    Gunung Bungkuk (instagram/@jonny.irawan)

    Bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan mendaki gunung, Gunung Bungkuk adalah pilihan rekomendasi yang bagus. Terdapat dua pilihan rute untuk mencapai gunung ini.

    Pertama, terdapat rute yang relatif mudah dengan banyak tumbuhan hijau yang tumbuh di sepanjang jalur tersebut. Alternatif lainnya adalah melalui jalur yang penuh batu dan terjal.

    Bagi para pecinta hiking yang mencari tantangan, mereka mungkin akan memilih jalur yang sulit dan menantang. Sementara itu, untuk yang lebih suka trekking yang santai, pilihan jalur yang lebih mudah mungkin lebih disukai agar tidak terlalu lelah.

    Gunung Bungkuk terletak di Desa Komering, Kecamatan Merigi Sakti, Kabupaten Bengkulu Tengah. Ini adalah destinasi yang menarik untuk para penggemar petualangan alam.

    BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Curup Bengkulu

    BACA JUGA: 8 Pantai Terindah di Kaur Bengkulu

    13. Air Terjun Datar Lebar

    Wisata Bengkulu Tengah
    Air Terjun Datar Lebar (instagram/@rizalisme_)

    Air Terjun Datar Lebar memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

    Meskipun akses menuju ke tempat ini cukup sulit, pengunjung akan terpesona oleh keindahan alamnya. Udara di sekitar air terjun sangat sejuk dan menyegarkan, yang dapat membuat pengunjung merasa rileks dan nyaman meskipun merasa lelah.

    Air Terjun Datar Lebar terletak di Desa Datar Lebar, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Ini adalah destinasi yang sempurna bagi para penggemar alam yang mencari pengalaman yang tak terlupakan.

    Itulah 13 Destinasi Wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang ingin berwisata di Kabupaten Bengkulu Tengah.(*)